Ketika si kecil menginjak periode balita, ia mulai aktif bergerak dan memiliki rasa ingin tahu yang besar untuk mencoba hal-hal yang baru. Masa balita juga merupakan golden moment ketika otak si kecil semakin responsif dalam menerima pengetahuan. Oleh karena itu, tentu moms harus memberikan edukasi dan perawatan yang terbaik untuknya!

Nah, untuk memberikan moms parenting tips terbaik, Blibli Friends ngobrol dengan Eka Situmorang, seorang mom blogger dan traveler yang aktif menulis di ekalagi.com. Sejak melahirkan anak semata wayangnya 4 tahun yang lalu, Eka belajar banyak hal dan membagikan pengalamannya lewat blog. Buat moms yang ingin tahu beberapa parenting tips dari Eka tentang membesarkan balita, coba deh simak di sini!

MAU BELANJA PERLENGKAPAN ANAK? SEMUA ADA DI BLIBLI.COM!

1. Biasakan prinsip bebas dan bertanggung jawab pada si kecil

parenting tips
Via – Ekalagi

Parenting tips pertama buat si kecil yang masih balita adalah ajari mereka untuk bertanggung jawab dan mandiri sejak dini. Eka sendiri mengaku bahwa ia selalu membebaskan anaknya, Sebastian, untuk mengeksplor dunia sekitar. Menurut Eka, tugas utama orangtua bukanlah untuk membatasi, melainkan untuk memfasilitasi anak-anak biar mereka bisa belajar dengan seoptimal mungkin.

“Saya tidak melarang si kecil, tapi saya selalu memberitahukan semua konsekuensi atau solusi ke anak. Misalnya saja, saat Sebastian mau naik turun-tangga sendiri di rumah, tentu saya perbolehkan. Tapi, saya memberikan bimbingan dulu, bahwa harus pelan-pelan, pegangan ke teralis, dan berhati-hati dalam melangkah. Saya juga beritahukan konsekuensinya, bahwa kalau ia tidak berhati-hati, ia bisa jatuh dan benjol,” ungkap Eka.

Hal ini secara nggak langsung membuat si kecil lebih paham tentang sebab-akibat untuk semua tindakannya. Jadi, jangan hanya sekedar melarang ini-itu, tapi komunikasikanlah dengan baik supaya si kecil memahami alasannya.

YUK CEK BERBAGAI MAINAN EDUKASI UNTUK MEMBANTU ANAK BELAJAR!

2. Edukasi si kecil dengan cara yang seru dan menyenangkan

parenting tips
Via – @ceritaeka

Di zaman sekarang, ada banyak banget medium pembelajaran yang menarik dan menyenangkan buat si kecil yang masih balita. Eka sendiri memilih cara yang kreatif untuk mengajarkan hal-hal baru pada anaknya. Misalnya saja, untuk mengajari tentang warna dan bentuk, ia sering memanfaatkan Lego. Sementara untuk perhitungan dasar, ia sering menggunakan obyek makanan dengan mengurangi atau menambah kue yang ada di hadapan Sebastian.

Menurut Eka, justru pembelajaran yang seru dalam kehidupan sehari-hari akan membuat si kecil lebih mudah menyerap pengetahuan. Nggak perlu mencari alat belajar yang muluk-muluk, kok! Kamu bisa mencontoh beberapa cara edukasi Eka sehari-hari dengan membaca artikel di Ekalagi.com ini.

YUK BELAJAR SERU DENGAN MAIN LEGO BERSAMA SI KECIL

3. Selalu luangkan waktu untuk bonding

parenting tips
Via – @ceritaeka

Ini dia salah satu parenting tips yang sering dianggap remeh. Padahal, bonding atau quality time bersama si kecil bisa membuatnya lebih bahagia dibandingkan dibelikan mainan terbaru, lho. Oleh karena itu, Eka dan suami bekerjasama untuk bergiliran meluangkan quality time bersama si kecil, misalnya Eka mendapat bagian weekdays dan suami mendapat bagian weekend agar Eka dapat beristirahat sejenak.

Biasanya, setiap pagi Eka mengajak si kecil untuk bermain bareng, entah itu bersepeda atau main Play-Doh dan Lego. Di malam hari, biasanya ia membaca buku bersama, ngobrol, atau sekadar mengerjakan buku aktivitas anak. Buku tipe ini biasanya penuh dengan kegiatan menarik dan edukatif, seperti menggunting-tempel, menggambar, atau mewarnai. Jadi, si kecil bisa bersenang-senang sambil sekalian belajar, deh!

BIKIN BONDING TIME LEBIH SERU DENGAN BUKU AKTIVITAS ANAK YANG EDUKATIF

4. Ajak traveling biar si kecil mendapat banyak wawasan baru!

parenting tips
Via – Ekalagi

Setiap pengalaman traveling, entah itu ke luar negeri atau dalam negeri pasti akan memberikan kesan dan banyak pengetahuan baru buat si kecil. Sebagai travel blogger, Eka juga beberapa kali mengajak anaknya untuk berlibur bersama. Jika nggak ada hari libur atau waktu yang nggak memungkinkan, sekedar staycation di hotel pun udah cukup untuk refreshing dan reconnect bareng keluarga.

Traveling itu punya berbagai manfaat buat si kecil yang masih balita. Dia bisa mempunyai pengalaman baru, belajar budaya yang berbeda, sampai mengadopsi kebiasaan yang baik. Seperti waktu itu, setelah mengunjungi Singapura yang sangat rapi dan teratur, Sebastian pun terbiasa untuk selalu ngantri dan berdiri di sebelah kiri saat berada di eskalator,” kata perempuan penulis novel “Labirin Rasa” ini.

YUK SIAPKAN PERJALANAN WISATA DENGAN SI KECIL DI BLIBLI.COM!


Nah, itu dia 4 parenting tips yang penting banget buat moms yang memiliki anak balita. Eka berpesan, sebagai orang tua, kita harus selalu memahami dan mengerti bahwa setiap anak berbeda-beda. Jangan sampai terlalu berambisi atau membanding-bandingkan anak dengan teman-temannya. Bisa-bisa, si kecil malah drop dan nggak percaya diri, moms!

Selagi ia masih balita, nikmatilah waktu-waktu bersama anak sebanyak-banyaknya. Ini adalah golden moment untuk memenuhi kenangan yang indah-indah bersama keluarga. Kalau moms masih pingin cari inspirasi parenting tips yang lain, atau review berbagai produk ibu dan anak dari Eka Situmorang, langsung aja baca artikel-artikel menariknya di Ekalagi.com atau cek Instagramnya di @ceritaeka yah!

Yuk belanja semua kebutuhan ibu dan anak dengan praktis di #BlibliSekarang!

BELANJA KEBUTUHAN IBU DAN ANAK PALING LENGKAP DI BLIBLI.COM

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY