Daftar Pantangan Makanan Penyakit Jantung, Catat Ya!

Daftar Pantangan Makanan Penyakit Jantung ー Jantung adalah organ tubuh yang memegang peran sangat krusial bagi makhluk hidup. Apabila ada masalah atau gangguan pada jantung, maka kesehatan seseorang pun akan terganggu. Hal itu bahkan bisa berujung kematian kalau nggak segera ditangani dengan baik, lho. Nah, karena itu kita sama sekali nggak boleh mengabaikan pentingnya menjalani gaya hidup sehat demi kebaikan jantung. Bisa dengan rutin berolahraga hingga mengonsumsi makanan serta minuman yang bisa meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Untuk seseorang yang memiliki riwayat penyakit jantung, mereka akan diharuskan menjalani diet khusus yang bertujuan untuk meringankan kerja jantung dengan menjauhi pantangan makanan tertentu. Seperti makanan yang mengandung gula atau garam berlebihan.

Berikut adalah daftar makanan dan minuman yang pantang dikonsumsi seseorang dengan riwayat penyakit jantung:

BACA JUGA: 5 Kebiasaan untuk Jantung yang Lebih Sehat

__________________

1. Minuman Beralkohol dan Soda

Kedua jenis minuman ini sering disebut-sebut sebagai penyebab berbagai penyakit mematikan. Mulai dari tekanan darah tinggi, diabetes, obesitas, gagal fungsi jantung hingga stroke. Nggak cuma pantangan bagi penderita penyakit jantung, alkohol dan minuman bersoda juga sama sekali tidak dianjurkan untuk dikonsumsi orang sehat. Dan itu bukan sekedar omong kosong belaka, lho.

Pasalnya, alkohol dapat mempengaruhi otot jantung sehingga berisiko meningkatkan kardiomiopati atau kelainan otot jantung yang menyebabkan organ ini lebih keras bekerja. Sementara dalam minuman bersoda terkandung pemanis buatan dalam jumlah sangat tinggi yang bisa meningkatkan kadar gula darah.

2. Aneka Makanan Cepat Saji

Duh, siapa sih, yang nggak doyan fast food? Rasanya sulit menolak makanan cepat saji yang aroma dan tampilannya begitu menggoda selera, ya? Tapi ingat, kalau makanan cepat saji adalah musuh terbesar penderita penyakit jantung.

Burger, hot dog dan varian menu fast food lainnya memang sangat mudah ditemukan sehingga sering dijadikan pilihan ketika perut keroncongan. Apalagi harga makanan-makanan ini relatif murah dibanding menu-menu lengkap yang menyehatkan. Akan tetapi makanan ini tinggi kandungan lemak jenuh dari hewan sehingga nggak baik untuk kesehatan jantung.

Selain itu, makanan cepat saji juga tinggi kadar garam. Dan hal itu bisa meningkatkan kolesterol serta menurunkan lemak baik di dalam tubuh kita.

3. Pizza

Seolah pantangan makanan cepat saji belum cukup menyiksa bagi penderita penyakit jantung, pizza juga dilarang dikonsumsi karena berisiko meningkatkan serangan jantung. Hal itu disebabkan karena makanan khas Italia ini diolah dengan teknik yang kurang tepat. Seperti banyaknya daging dan keju pada topping yang menjadi penyebab utama peningkatan kadar sodium, lemak dan kalori dalam jumlah tinggi. Kalau mau menikmati pizza dan tetap sehat, kamu bisa memilih pizza dengan topping sayuran.

4. Daging Merah

Mulai dari daging kambing, babi, sapi, jenis daging merah memproduksi lemak jenuh dan kolesterol. Kalau kamu makan daging merah dalam jumlah banyak, risiko penyakit jantung dan stroke akan meningkat. Nggak cuma daging merah saja, pantangan makanan bagi penderita penyakit jantung dan orang-orang yang berisiko maupun yang sehat adalah berbagai olahan daging, seperti sosis, daging burger hingga bacon.

5. Mie Instan

Tidak! Satu lagi makanan favorit semua kalangan masuk dalam daftar pantangan makanan penyakit jantung. Karena kepraktisan dan kemudahan dalam proses penyajiannya, mie instan sering kali dijadikan menu harian. Padahal terlalu banyak mengonsumsi mie instan bisa menyebabkan perubahan metabolisme disebabkan karena asupan lemak jenuh dan natrium dalam jumlah yang terlalu tinggi. Boleh kok, makan mie instan, dengan catatan cara pengolahan dan topping tambahannya harus sehat.

__________________

BACA JUGA: Minuman Tradisional Indonesia yang Menyegarkan dan Menyehatkan

Untuk menghindari meningkatnya risiko penyakit jantung, kamu bisa mengolah berbagai makanan favorit dengan bahan-bahan yang menyehatkan, kok. Blibli memudahkanmu mendapatkan berbagai kebutuhan dapur, mulai dari daging, susu, keju, mie instan hingga bumbu dapur dan juga beraneka pilihan minuman kesehatan dengan harga yang lebih miring.

BELI MAKANAN SEHAT DI BLIBLIMART SEKARANG!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY