me

Panduan Wisata Berlin, Cek Sebelum Berangkat Liburan

May 06, 2024.By Nadine
Bagikan

Baca dan pahami panduan wisata Berlin di bawah ini supaya liburanmu semakin nyaman! / cntraveler.com

Promo Dream On Mei 2024

Panduan Wisata Berlin — Berlin adalah ibu kota dan kota terbesar di Jerman, terletak di bagian timur laut negara tersebut. Kota ini memiliki populasi lebih dari 3,7 juta orang, menjadikannya kota terpadat kedua di Uni Eropa setelah London. Berlin dikenal sebagai kota kosmopolitan yang multikultural. Ini tercermin dari keberadaan berbagai kelompok etnis, berbagai festival budaya, dan acara seni yang diadakan setiap tahun. 

Berkunjung ke Berlin merupakan impian hampir semua orang karena kota ini juga memiliki daya tari wisata yang tinggi. Banyak objek wisata yang bisa kamu kunjungi di Berlin, mulai dari yang bertema kebudayaan, sejarah, hiburan, dan masih banyak lagi. Sebelum kamu ke Berlin, baiknya kamu mengetahui beberapa informasi dan panduan berwisata di Berlin. Baca sampai akhir ya!

Baca Juga: Tempat Wisata di Berlin yang Harus Kamu Kunjungi


Panduan Wisata Berlin

Panduan wisata sangat diperlukan sebelum berkunjung ke Berlin karenaakan memberikan informasi yang akurat dan terbaru tentang destinasi wisata, tempat makan, transportasi, dan layanan lainnya di Berlin. Informasi ini dapat membantu wisatawan menghindari masalah seperti perjalanan yang sulit, makanan yang buruk, atau situasi keamanan.

Berlin memiliki banyak destinasi wisata yang menarik, dan seorang panduan wisata dapat membantu wisatawan menemukan tempat yang paling sesuai dengan minat dan preferensi mereka. Panduan wisata dapat memberikan informasi tentang situasi keamanan di Berlin, dan memberikan saran dan tips untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan wisatawan selama berada di kota tersebut.

Sekilas Tentang Berlin

Berlin memiliki banyak tempat wisata yang menarik, seperti Pintu Brandenburg, Museum Island, dan East Side Gallery. Kota ini juga terkenal sebagai pusat seni, arsitektur, musik, dan film, dan menawarkan banyak teater, konser, festival, dan acara budaya lainnya.

Selain itu, Berlin juga dikenal sebagai kota yang ramah lingkungan, dengan banyak taman dan ruang terbuka hijau serta kebijakan transportasi yang pro-environment. Dalam hal makanan, Berlin menawarkan masakan Jerman yang autentik dan beragam, serta banyak restoran internasional dan kafe yang menarik.

Secara keseluruhan, Berlin adalah kota yang menarik dan dinamis, dengan sejarah yang kaya dan budaya yang beragam, dan menjadi tujuan wisata populer bagi pengunjung dari seluruh dunia.

Tempat Wisata di Berlin

Saat berwisata di Berlin, kamu wajib mengunjungi beberapa tempat wisata khas yang sangat menarik. Berikut ini beberapa tempat wisata yang harus kamu datangi selama di Berlin:

1. Brandenburg Gate

Brandenburg Gate
Sumber: Unsplash

Pintu Brandenburg adalah sebuah monumen bersejarah yang terletak di Berlin, Jerman. Pintu ini dibangun pada tahun 1788 dan awalnya berfungsi sebagai pintu masuk ke kota. Seiring berjalannya waktu, Pintu Brandenburg menjadi salah satu landmark terkenal di Berlin dan menjadi simbol persatuan Jerman setelah penyatuan kembali pada tahun 1990.

Pintu Brandenburg memiliki arsitektur bergaya neo klasik yang menggabungkan unsur-unsur Yunani dan Romawi kuno. Pintu ini terdiri dari lima bagian, dengan gerbang besar di tengah yang dilalui oleh kendaraan dan pejalan kaki, serta dua bangunan samping yang berfungsi sebagai museum dan ruang pameran.

Pintu Brandenburg menjadi lokasi penting dalam sejarah Jerman, terutama selama Perang Dunia II dan Perang Dingin. Setelah perang, Pintu Brandenburg menjadi simbol persatuan dan kebebasan Jerman dan menjadi tempat berkumpulnya banyak warga Berlin untuk merayakan acara-acara penting.

Brandenburg Gate dikelilingi oleh banyak atraksi turis lainnya, termasuk Reichstag (gedung parlemen Jerman), Museum Sejarah Jerman, dan taman Tiergarten. Kini Brandenburg Gate menjadi tujuan wisata yang sangat populer di Berlin, dan dianggap sebagai salah satu gerbang terindah di dunia.

2. Potsdamer Platz

Postdamer Platz
Sumber: Unsplash

Potsdamer Platz adalah sebuah wilayah perkotaan yang terletak di tengah kota Berlin. Wilayah ini merupakan pusat kehidupan kota dan salah satu tempat wisata terpopuler di Berlin. Potsdamer Platz dulunya adalah persimpangan penting di Berlin sebelum Perang Dunia II. Namun, setelah perang dan pembangunan Tembok Berlin, wilayah ini menjadi daerah yang terabaikan.

Namun, pada tahun 1990-an, wilayah ini direvitalisasi menjadi pusat kehidupan kota yang modern dan dinamis. Sekarang, Potsdamer Platz memiliki banyak gedung pencakar langit, bioskop, restoran, dan pusat perbelanjaan. Wilayah ini juga menjadi pusat kegiatan seni dan budaya, dengan adanya Berlin Philharmonic Orchestra, Berlinale Film Festival, dan Museum Film Jerman.

Potsdamer Platz mudah diakses dengan menggunakan transportasi umum seperti kereta bawah tanah, bus, dan kereta api. Wilayah ini juga dekat dengan banyak tempat wisata lainnya di Berlin, seperti Museum Seni Kontemporer dan Checkpoint Charlie. Potsdamer Platz juga merupakan tempat yang populer untuk menyaksikan kembang api saat malam pergantian tahun.

3. Charlottenburg Palace

Charlottenburg Palace panduan wisata berlin
Sumber: Unsplash

Charlottenburg Palace adalah sebuah istana yang terletak di barat kota Berlin, Jerman. Istana ini dibangun pada abad ke-17 sebagai tempat tinggal bagi Sophie Charlotte, istri Elektor Friedrich III dari Brandenburg-Prusia.

Charlottenburg Palace memiliki arsitektur barok yang indah dengan taman-taman yang luas dan menyimpan banyak koleksi seni dan artefak bersejarah. Di dalam istana terdapat beberapa ruangan yang menarik seperti Great Hall, Mirror Room, dan Porcelain Cabinet yang menampilkan koleksi keramik dari Tiongkok dan Jepang.

Selain itu, di dalam kompleks istana terdapat juga Neuer Pavillon, sebuah bangunan yang dibangun pada tahun 1788 sebagai tempat tinggal untuk Raja Friedrich II dari Prusia, dan juga Belvedere, sebuah bangunan kecil yang berfungsi sebagai observatorium dan menawarkan pemandangan indah dari atas bukit.

Selain menikmati pemandangan indah dan bangunan bersejarah, pengunjung juga dapat menikmati berbagai acara dan konser yang diadakan di dalam istana. Selain itu, taman-taman di sekitar istana juga sangat indah dan menawarkan tempat yang ideal untuk piknik atau berjalan-jalan.

Charlottenburg Palace dapat dicapai dengan mudah menggunakan transportasi umum seperti kereta bawah tanah atau bus. Istana ini buka setiap hari kecuali pada hari Senin, dan tiket masuk dapat dibeli di tempat atau secara online.

4. East Side Gallery

East Side Gallery panduan wisata berlin
Sumber: Unsplash

East Side Gallery adalah sebuah galeri seni di Berlin, Jerman, yang terletak di sepanjang sisa-sisa Tembok Berlin. Galeri ini adalah bagian dari jalur sejarah Berlin Wall dan merupakan galeri terpanjang di dunia yang terdiri dari sekitar 1,3 kilometer.

East Side Gallery dibuat pada tahun 1990 sebagai bagian dari proyek seni internasional yang melibatkan lebih dari 100 seniman dari seluruh dunia. Seniman-seniman ini diundang untuk membuat mural besar di sisi timur Tembok Berlin yang sekarang telah dirobohkan. Mural-mural ini dianggap sebagai simbol kebebasan dan persatuan.

Beberapa mural yang paling terkenal di East Side Gallery adalah “The Kiss” karya Dimitri Vrubel, yang menampilkan pemimpin Uni Soviet Leonid Brezhnev dan pemimpin Jerman Timur Erich Honecker berciuman, serta mural “Trabant breaking through the Wall” karya Birgit Kinder, yang menggambarkan mobil Trabant yang melewati Tembok Berlin.

Sayangnya, seiring berjalannya waktu, mural-mural di East Side Gallery mengalami kerusakan akibat graffiti dan vandalisme. Oleh karena itu, pada tahun 2009, galeri ini dilakukan renovasi besar-besaran untuk memperbaiki dan melestarikan karya seni asli. Saat ini, East Side Gallery menjadi tempat wisata yang populer di Berlin dan dijaga dengan ketat oleh pihak berwenang.

Transportasi di Berlin

Ada beberapa pilihan transportasi yang bisa digunakan saat berwisata di Berlin, antara lain S-Bahn dan U-Bahn. Sistem transportasi umum di Berlin terdiri dari S-Bahn (kereta bawah tanah jarak jauh) dan U-Bahn (kereta bawah tanah jarak dekat). Keduanya sangat efisien dan luas jangkauannya, sehingga cocok untuk perjalanan dalam kota. Kamu bisa membeli tiket harian atau mingguan untuk menghemat biaya.

Selain S-Bahn dan U-Bahn, Berlin juga memiliki jaringan bus dan tram yang luas. Bus lebih fleksibel dalam mencapai tempat-tempat yang sulit dijangkau dengan kereta bawah tanah, sementara tram memiliki rute yang mengelilingi pusat kota. 

Ada juga sepeda bisa kamu gunakan untuk menjelajahi Berlin. Kota ini memiliki jalur sepeda yang baik dan ramah pengendara sepeda. Kamu bisa menyewa sepeda di toko-toko sewa sepeda atau menggunakan layanan sepeda publik seperti Nextbike atau Lime.

Jika kamu ingin bepergian dengan mobil, ada banyak rental mobil di Berlin. Namun, perlu diingat bahwa lalu lintas di Berlin bisa sangat sibuk dan parkir bisa mahal di pusat kota. Terakhir, ada taksi yang bisa jadi pilihan transportasi yang nyaman dan mudah di Berlin. Namun, biayanya bisa cukup mahal, terutama jika kamu menggunakan taksi di pusat kota saat jam sibuk.

Oleh-Oleh Khas Berlin

Berliner Pfannkuchen
Sumber: familienkost.de

Kalau kamu berkunjung ke Berlin, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas sana untuk orang terdekat di Indonesia. Ada banyak oleh-oleh khas Berlin yang sangat iconic, namun ini dia yang paling populer:

  1. Currywurst atau sosis daging babi/sapi dengan saus tomat dan bubuk curry yang populer di Berlin. kamu bisa membelinya di banyak tempat, termasuk di gerai-gerai kecil di pinggir jalan.
  2. Buletten atau kue daging babi atau sapi yang dibumbui dengan rempah-rempah dan biasanya disajikan dengan saus kacang atau saus tomat.
  3. Berliner Pfannkuchen atau donat tradisional Jerman yang terkenal di seluruh dunia. Mereka biasanya diisi dengan selai atau krim dan dilumuri gula halus.
  4. Apfelwein atau minuman tradisional Jerman yang dibuat dari apel fermentasi. Kamu dapat menemukannya di banyak bar dan restoran di Berlin.

Baca Juga: Makanan Tradisional Jerman yang Wajib Dicoba

Demikian panduan wisata yang perlu kamu pahami sebelum berangkat liburan ke Berlin biar kamu bisa menikmati wisata dengan aman dan nyaman. Pelajari kultur, moda transportasinya, objek wisata, dan oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang sehingga kamu sudah mengestimasikan berapa biaya yang akan dikeluarkan selama di sana.

Persiapkan juga tiket pesawat dan keperluan liburan dari jauh-jauh hari. Contohnya seperti paket tour yang murah dan terpercaya. Cari paket tour Eropa yang menyediakan perjalanan wisata menarik, aman, dan nyaman. Kamu bisa cari dan beli paket tersebut di Blibli saja karena di sana tersedia banyak pilihan dengan jaminan keaslian. So, tunggu apa lagi? Yuk pesan Paket Tour Eropa di Blibli saja yaa!