Panduan Pengajuan Visa Schengen Bagi WNI

Friends, kamu lagi kepikiran untuk coba traveling ke Eropa? Perlu kamu tahu, untuk masuk negara-negara di benua Eropa, ada satu visa spesial yaitu visa Schengen. Kalau kamu punya visa Schengen, kamu gak perlu mengurus visa berulang-ulang dalam masa berlaku kunjungan 90 hari untuk kunjungan wisata, keluarga, atau jenis kunjungan lain, kecuali bekerja.

Visa Schengen adalah hasil dari Perjanjian Schengen yang dilakukan negara-negara Uni Eropa di Schengen, Luxemburg pada 14 Juni 1985. Salah satu isinya adalah menghapus pengawasan pembatasan di antara negara-negara Uni Eropa dan mengatur berbagai aturan kebijakan bersama untuk izin masuk jangka pendek.

Ada 26 negara yang masuk dalam kawasan Schengen, dengan empat negara yang bukan anggota Uni Eropa (UE). Dua anggota non-UE, seperti Islandia dan Norwegia merupakan bagian dari Uni Paspor Nordik yang secara resmi diklasifikasikan sebagai ‘negara-negara yan gterkait dengan kegiatan Schengen di Uni Eropa’.

Lalu, apa aja sih negara yang masuk dalam list Schengen? Ini dia listnya!

  1. Negara Schengen di Eropa Utara: Denmark, Estonia, Finlandia, Irlandia, Latvia, Lithuania, Norwegia, Swedia.
  2. Negara Schengen di Eropa Selatan: Malta, Portugal, Spanyol, Italia, Yunani, Slovenia.
  3. Negara Schengen di Eropa Timur: Polandia, Hungaria, Republik Ceko, Slovakia.
  4. Negara Schengen di Eropa Barat: Perancis, Belgia, Belanda, Luksemburg, Jerman, Swiss, Austria, Liechtenstein.

Rencana perjalanan adalah hal yang sangat penting untuk menentukan ke kedutaan mana visa Schengen kamu akan diajukan. Soalnya, kamu hanya perlu menentukan satu negara yang menerbitkan visamu dengan pertimbangan berikut:

  1. Negara tersebut adalah negara dengan tujuan terpenting dalam perjalananmu
  2. Atau, negara tersebut adalah tempat pendaratan pertamamu
  3. Atau negara tersebut adalah negara yang paling lama dikunjungi

Hal itulah yang membuat rencana perjalanan alias itinerary jadi sangat penting karena menentukan ke mana kamu akan mengajukan visa.

UDAH MAKIN YAKIN? AYO BELI JASA PEMBUATAN VISA SEKARANG DI BLIBLI.COM

Syarat Mengajukan Visa Schengen

Agar proses kamu lebih lancar untuk membuat visa Schengen, yuk perhatikan syarat apa aja yang harus kamu penuhi:

  1. Paspor: siapkan dokumen paspor asli & fotokopi. Masa berlaku paspor minimal 6 bulan. Paspor juga diharuskan memiliki minimal 2 halaman kosong untuk visa.
  2. Foto diri: siapkan 2 lembar pas foto ukuran 3,5×4,5 cm dengan latar belakang putih atau abu-abu muda. Pada umumnya, ada fasilitas untuk membuat pasfoto di kedutaan. Namun, untuk menyingkat waktu pengurusan visa, lebih baik foto disiapkan dari rumah. Kamu juga bisa menggunakan jasa studio foto yang sudah biasa membuat foto untuk visa Schengen.
  3. Formulir Visa Schengen: download formulir permohonan dari website kedutaan negara yang akan menerbitkan visamu. Setelah mengisi formulir, jangan lupa untuk mencetak formulir dan barcode-nya.
  4. Lembar pernyataan & jadwal perjalanan: permohonan pengajuan visa Schengen harus dilengkap dengan lembar pernyataan bahwa keterangan permohonan visamu sudah sesuai dengan aturan hukum. Kamu juga perlu mengisi lembar jadwal perjalanan tentang negara mana saja yang bakal kamu kunjungi, plus berapa hari kunjunganmu. Sama dengan formulir permohonan visa di poin sebelumnya, lembar pernyataan & jadwal perjalanan ini bisa kamu download di website resmi kedutaan negara yang akan kamu kunjungi.
  1. Bukti pemesanan tiket pesawat: ini adalah hal yang penting karena bukti bahwa kamu telah memesan tiket ke negara tujuan juga jadi syarat pembuatan visa Schengen. Gak perlu dibayar dulu, yang penting udah ada bukti kalau kamu pesan tiket pesawat.
  2. Bukti pemesanan akmodasi hotel
  3. Biaya visa Schengen: siapkan uang cash rupiah senilai 60 Euro untuk pemohon visa dewasa di atas 12 tahun dan 35 Euro untuk anak-anak (6-11 tahun). Anak di bawah usia 6 tahun belum dikenakan biaya.
  4. Polis asuransi: beberapa perusahaan asuransi di Indonesia menyediakan paket asuransi sebagai syarat pembuatan visa Schengen. Jangan lupa, dokumen polis asuransi kamu harus di-print dan dibawa selama jalan-jalan
  5. Dokumen pembiayaan perjalanan
  6. Bukti penghasilan
  7. Bukti aset

Hal berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah interview dan menunggu visa Schengen kamu jadi! Selambat-lambatnya, keputusan penerimaan atau penolakan visa sudah kamu terima!

Kalau kamu cemas visa kamu ditolak, kamu bisa beli asuransi visa terbaru yang ada di Blibli.com! Cukup beli asuransi visa dari Futuready Visa Refund Insurance seharga Rp70.000, kamu bisa mendapatkan besaran ganti rugi penolakan visa sebesar biaya visa yang dibebankan.

KLIK DI SINI UNTUK BELI ASURANSI VISA DI BLIBLI.COM

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY