me

6 Tips Membeli AC Biar Kamu Nggak Salah Pilih

Mar 21, 2024.By Jarvis
Bagikan

freepik.com/author/user6832922
Tips membeli AC dengan tepat sesuai kebutuhan

Cicilan 0% KAM

Pendingin ruangan seperti AC (Air Conditioner) jadi salah satu elektronik yang banyak dipilih oleh perkantoran maupun masyarakat yang tinggal di perkotaan. Saat ini ada cukup banyak tipe, desain dan jenis AC yang beredar di pasaran.

Mungkin kamu bakal bingung memilih AC yang tepat, apa yang harus dipertimbangkan, mana yang lebih penting dibanding yang lainnya dan sebagainya. Nah, buat kamu yang lagi kebingungan nih, di bawah ini ada tips membeli AC biar kamu nggak salah beli. Simak yuk!

Baca juga :


Sesuaikan dengan Ruangan

Sesuaikan dengan Ruangan
freepik.com/author/3dinteriors

Salah satu faktor utama yang wajib kamu pertimbangkan saat ingin membeli AC adalah kondisi ruangan. Kamu harus tahu luas ruangan tempat AC bakal dipasang, karena ini menentukan kapasitas pendingin ruangan yang pas. Kapasitas ini ditandai dengan nama PK atau daya kesejukan.

Nah, AC yang beredar di pasaran dibedakan menjadi 5 tipe berdasarkan pada daya kesejukan atau PK-nya. Kalau kamu memiliki PK yang terlalu kecil, bisa jadi AC bakal bekerja sangat keras supaya ruangan jadi dingin. Berlaku juga sebaliknya. Inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa biaya listrik jadi naik. Kamu tentu nggak mau ini terjadi kan?

Berapa luas ruangan untuk AC ½ PK? Berikut ini beberapa AC berdasarkan ukuran PK dan luas ruangan yang direkomendasikan :

  • 2 PK cocok untuk ruangan dengan luas 36 meter persegi
  • 11/2 PK cocok untuk ruangan dengan luas 24 meter persegi
  • 1 PK cocok untuk ruangan dengan luas 18 meter persegi
  • ¾ PK cocok untuk ruangan dengan luas 14 meter persegi
  • ½ PK cocok untuk ruangan dengan luas 10 meter persegi

Cek Fitur AC

freepik.com/author/user4107146

Hal-hal apa saja yang akan kalian perhatikan saat akan membeli AC? Nah, salah satunya yang wajib kamu cek yaitu fitur yang ada pada AC. AC modern kebanyakan sudah dibekali dengan teknologi canggih nih, seperti pengaturan kelembaban, suhu otomatis, filter udara sampai pemantauan energi. 

Fitur-fitur ini bakal bikin kamu dan keluarga makin nyaman serta AC jadi lebih efisien. Maka dari itu, sebaiknya kamu pilih AC yang punya pengaturan suhu mudah, ada mode Energy Saver atau Eco Mode supaya mencegah pemakaian energi yang berlebih. 

Ada beberapa mode operasi yang biasanya ada pada AC yang bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan saat memakainya :

  • Dry, pendinginan minim untuk dehumidifies udara
  • Auto, mode dipilih otomatis sesuai kebutuhan
  • Hot, panas dipompa ke dalam dari luar ruangan
  • Cool, panas dipompa ke luar daru dalam ruangan
  • Only fan, AC hanya memakai kipas untuk memanaskan maupun mendinginkan ruangan

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Sesuaikan dengan Kebutuhan
freepik.com/author/toyakisfoto

Jenis dan tipe jadi hal yang berbeda kalau membicarakan soal AC. Ada beberapa jenis AC yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan, yaitu sentral, split dan portable. Nah, kalau tipe AC nih biasanya ada Non Inverter dan Inverter. Tipe AC ini didasarkan pada pemakaian energi serta kecepatan kompresornya. 

Tipe AC Non Inverter punya kompresor yang bekerja pada level maksimum, jadi suhu dingin bisa dicapai dengan lebih cepat. Kalau tipe AC Inverter nih, kecepatan kompresor nggak terlalu tinggi, jadi suhu dingin dicapai dengan cukup lama. 

AC Inverter cocok buat kamu yang memang cari AC dengan suhu yang konsisten dan efisien banget. Kalau AC Non Inverter cocok buat kamu yang bisa mencapai suhu dingin dengan cepat. Selain itu, AC Non Inverter juga cocok untuk ruangan yang jarang dipakai dan nggak butuh suhu konstan setiap saat.

Biasanya AC Inverter harganya lebih mahal dibandingkan Non Inverter, tapi kalau dilihat secara jangka panjangnya, lebih praktis dan hemat. Jadi, kamu mau pilih yang mana nih?

Cek Daya Listriknya

freepik.com/author/lenblr

Daya listrik juga jadi salah satu pertimbangan sebelum membeli AC. Ini juga wajib kamu cek disesuaikan dengan daya listrik yang kamu miliki. Ini penting supaya mengurangi efek negatif ke lingkungan dan bisa menahan biaya listrik supaya nggak membengkak.

Mungkin ada beberapa yang penasaran, berapa daya listrik untuk AC 1 PK? Rata-rata AC 1 PK membutuhkan daya sekitar 700 sampai 800 watt. Ukuran ½ PK perlu sekitar 350 sampai 400 watt. Nah kalau AC Inverter 1 PK biasanya perlu daya sekitar 900 watt.

Kamu mungkin kaget, wah AC Inverter butuh pakai daya cukup banyak ya? Tenang aja, walaupun dayanya cukup besar, ini bakal terus mengalami penyesuaian saat lagi digunakan. Saat AC bekerja mendinginkan ruangan, dayanya bakal naik. Nah, setelah kondisi suhu ruangan sudah stabil, pemakaian daya bakal otomatis turun. 

AC apa yang hemat listrik? Nah, di beberapa AC sudah diberi label energi lho, jadi kamu bisa langsung tahu mana yang hemat energi dan nggak. Kamu cek labelnya lalu pilih produk yang punya rating A, A+ atau A+++. Ketiga rating ini menunjukkan kalau AC tersebut punya efisiensi terbaik dan hemat energi. 

Beli dari Merk Terbaik

Beli dari Merk Terbaik
freepik.com/author/stockmaker

Hampir sebagian besar merk yang bergerak pada segmen peralatan elektronik dan kebutuhan rumah tangga punya produk AC. Nah, sebaiknya kamu pilih AC dari merk terbaik yang sudah banyak direkomendasikan nih. Walaupun mungkin harganya bakal sedikit lebih mahal, tapi kualitas, pelayanan after sales dan spare partnya bisa lebih menjanjikan. 

Lalu, AC yang bagus merk apa ya? Di pasaran ada beberapa merk AC yang dikenal punya kualitas baik, fitur yang oke dan lengkap, hemat listrik, tahan lama dan cepat dingin. Beberapa bahkan ada juga yang bisa membasmi bakteri dan virus di udara lho, Blibli Friends.

Beberapa merk besar yang punya produk AC terbaik yaitu Samsung, LG, Sharp, Polytron, Daikin, Electrolux, Midea, Panasonic, Aqua.

Pilih yang Mudah Dibersihkan

- Pilih yang Mudah Dibersihkan
freepik.com/author/geargodz

Berikutnya, kamu bisa pilih AC yang punya desain simple. Desain yang simple bakal memudahkan kamu untuk membersihkannya lho. Kamu nggak bakal kerepotan membersihkan karena komponen AC mudah dilepas. 

Bagian filter jadi yang paling penting untuk dibersihkan secara teratur, jadi harus bisa dibuka dengan mudah. Kamu wajib membersihkan AC dengan rutin supaya kualitas udara terjaga, lebih efisien dan usia pemakaian AC kamu bisa lebih panjang.


Baca juga :

Buat kamu yang pengen beli AC di Blibli, sekarang ada program khusus untuk yang punya budget terbatas nih. Ada program Blibli Elektronik Cicilan 0% yang bakal kasih kamu angsuran ringan dan bebas biaya cicilan tiap bulannya. Nggak percaya? Coba deh buka Blibli, pilih produknya lalu masukkan kartu kredit andalan kamu. 

Nah, itu dia beberapa tips membeli AC yang bisa kamu contek. Jangan sampai salah beli, karena bisa bikin pengeluaran yang sia-sia dan justru bisa bikin tagihan listrik kamu jebol. Kalau kamu lagi cari peralatan elektronik nih, coba deh buka Blibli. Di sana ada banyak pilihan elektronik yang bisa kamu checkout.

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya