Panduan Membuat Visa ke Luar Negeri

Blibli Friends, mungkin ada beberapa di antara kamu yang belum pernah liburan ke luar negeri dan udah punya rencana untuk pertama kali mencoba liburan ke negara yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya. Nah, selain packing barang bawaan, ada satu hal yang gak boleh ketinggalan diurus dari jauh-jauh hari, yaitu Visa.

Visa adalah dokumen yang jadi alat bukti bahwa kamu sudah mendapat ijin masuk ke suatu negara yang dikeluarkan oleh negara yang akan kamu datangi. Ada beberapa bentuk visa yang bisa kamu kenali, pertama adalah stempel, ada juga stiker yang ditempel di paspor, ada juga soft file.

Sekarang udah ada beberapa negara yang tidak mengharuskan pengunjungnya memiliki visa sebelum memasuki wilayah mereka alias bebas visa. Tapi, bukan berarti kamu bisa bebas tinggal di negara-negara ini ya, tetap ada aturan batas waktu tinggal dari masing-masing negara.

eVisa merupakan visa yang prosesnya diajukan secara online hingga melakukan proses pembayaran saat itu juga menggunakan kartu kredit. Namun jangan lupa saat sampai di pintu imigrasi negara tujuan, pemilik eVisa tetap harus menunjukkan dokumen yang diminta kepada petugas imigrasi setempat.

Jenis yang berikutnya adalah Visa on Arrival. Jadi kamu bisa mengurus izin masuk negara setelah sampai di negara tujuan. Masa berlakuk dan maksimal waktu perpanjangnya juga beda antar negara. Cap atau stiker akan diberikan di pintu imigrasi negara tujuan, di situlah pula kamu harus bayar biaya visa.

Yang terakhir adalah visa sebelum kedatangan. Jadi kamu harus selesai mengurus visa sebelum memasuki negara tujuan. Cara untuk mendapatkan visa jenis ini adalah mendatangi kedutaan besar negara tujuan, melalui agen travel, atau badan yang ditunjuk oleh negara yang bersangkutan.

TAKUT VISA DITOLAK, BELI ASURANSI PEMBUATAN VISA DI BLIBLI.COM YUK SENILAI 70 RIBU DARI FUTUREADY

Sebelum membuat visa, ini ada beberapa langkah yang bisa kamu jadikan sebagai panduan.

1. Isi data

Via mzv.cv

Data yang diperlukan untuk pengajuan visa adalah: negara tujuan, biodata, single atau multiple entry dan masa berlakunya, dan jenis visa sesuai tujuan kunjungan. Beberapa jenis kunjungan yang umum menjadi alasan pengajuan visa adalah: kunjungan keluarga sementara, kunjungan teman, kunjungan wisata (dengan biaya sendiri/sponsor), kunjungan bisnis, kunjungan berkali-kali, khusus (biasanya untuk keperluan belajar), transit, dan diplomatik.

2. Langkah pembuatan visa

Via phinemo.com

Ikuti langkah di bawah ini untuk membuat visa masuk negara liburan impianmu!

  • Pendaftaran dan reservasi jadwal wawancara/verifikasi dokumen

Hampir semua informasi yang diperlukan untuk membuat visa masuk ke suatu negara udah ada di website kedutaan besar negara tujuan. Dari situlah kamu akan diarahkan menuju website organisasi yang ditunjuk untuk mengisi data diri dan reservasi jadwal verifikasi. Setelah membayar, kamu bisa meneruskan proses pendaftaran di akun kamu. Walau tidak semua negara mewajibkan wawancara, proses verifikasi dokumen pasti ada.

  • Menyiapkan dokumen

Paspor dan fotokopinya adalah syarat mutlak untuk mengajukan aplikasi visa karena dokumen ini akan ditempel di paspor. Selain itu, dalam dokumen visa akan disebutkan nomor paspor juga. Jadi pastikan paspor kamu dalam kondisi aktif dan bisa digunakan. Selain itu, kelengkapan dokumen lain yang diperlukan adalah KTP dan fotokopinya, formulir permohonan, foto (pastikan aturannya sesuai dengan negara tujuan).

  • Menyerahkan dokumen dan wawancara

Semua dokumen sudah siap? Bawa semua persyaratan ke tempat yang diminta baik ke kedutaan besar negara tujuan maupun kantor yang ditunjuk. Kalau sudah lengkap, kamu akan diminta membayar. Nah, kalau misal sudah membayar di awal, tidak perlu lagi membayar di tahap penyerahan ini.

  • Proses pengambilan
Via movingshoe.com

Pengambilan dokumen biasanya bisa dilakukan paling cepat 4 hari. Kalau sudah siap, kamu akan dihubungi lewat sms atau email perihal perkembangan proses pengajuan aplikasimu.

Itu dia rangkaian langkah yang harus kamu jalani sampai akhirnya mendapatkan visa masuk ke negara impian. Kalau kamu merasa kerepotan harus mengurus sendiri atau tinggal di tempat yang jauh dari kantor kedutaan, kamu bisa mengurus visa lewat travel agent yang diperbolehkan mengurus dokumen ini.

Oh iya, sudah tahu belum kalau sekarang kamu bisa mengasuransikan biaya pembuatan visa dari Futuready, alias kalau visa ditolak, uang yang sudah kamu keluarkan untuk membuat bisa kembali 90% maksimal 8 juta rupiah. Masa berlaku asuransi visa seharga 70 ribu rupiah ini adalah 90 hari, mulai dari membeli visa sampai dengan visa terbit. Batas akhir polis maksimal 3 bulan setelah pembelian di Blibli.com.

KLIK DI SINI UNTUK BELI ASURANSI PENGAJUAN VISA DI BLIBLI.COM

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY