Walaupun berwisata ke Singapura lebih mahal dibanding berbagai negara di Asia Tenggara, keindahan negara yang dilambangkan dengan patung Merlion ini tetap menjadi pilihan berlibur idaman. Menurut Singapore Tourism Board, terdapat total 15.2 juta wisatawan yang datang ke Singapura pada tahun 2015 lalu, dan sekitar lebih dari 2.7 juta di antaranya adalah wisatawan Indonesia!

Mungkin karena kotanya yang bersih, tatanan bangunan serta jalan raya yang rapi, pilihan transportasi yang mudah dan nyaman digunakan, serta jaraknya yang dekat-lah yang membuat negara ini begitu digemari orang Indonesia.

Namun, bagi kamu yang cuma punya budget kecil, jangan berkecil hati. Dengan budget Rp3 juta saja (±SGD 300 dan di luar biaya tiket pesawat), sebenarnya sudah cukup untuk bisa keliling Singapura selama 3 hari 2 malam, lho. Yuk langsung saja baca panduannya!

DAY 1

1. Changi Chapel and Museumchangi-chapel

Via  Your Singapore

Setibanya kamu di bandara, kamu langsung bisa mengunjungi tempat wisata yang dibandung di dalam bandara, yakni Changi Chapel dan Museum. Museum ini berisi peninggalan-peninggalan seperti foto, gambar, dan tulisan para tahanan yang dipenjara ketika masa penjajahan Jepang.

Biaya: SGD 0

2. Botanic Gardensbotanic-garden

Via Your Singapore

Jika biasanya turis ramai datang ke USS (Universal Studio Singapore), kamu bisa pilih ke Botanic Gardens saja. Keindahan taman ini menjadikannya salah satu situs warisan UNESCO. Selain pemandangan alam nan cantik, di sini juga terdapat The National Orchid, yang berisikan lebih dari 60,000 tanaman, termasuk anggrek. Banyak warga yang sering datang ke sini hanya untuk jogging, piknik, atau nonton konser gratis.

Biaya:

SGD 2.6 (Naik MRT ke Botanic Gardens MRT Station)

SGD 5 (Biaya masuk)

3. Food Canopy Food Courtfood-canopy

Via Alainlicious

Agar lebih hemat, kamu juga perlu mencari tempat-tempat makan ekonomis dan mencukupi seperti food court. Food Canopy adalah food court yang terletak di Botanic Gardens dan harga makanan yang dijual pun cukup terjangkau. Dan perlu diingat, kamu tidak perlu membeli air minum selama di Singapura, karena bisa minum dari air keran yang sudah terjamin kebersihannya.

Biaya: SGD 5

4. Bugis Streetbugis-street

Via Travvel Sized

Saatnya kamu shopping! Surga untuk belanja barang-barang kece, dari pakaian hingga souvenir, namun dengan harga yang sangat terjangkau adalah Bugis Street. Dengan SGD 10 saja kamu sudah bisa membeli sebuah baju dan dengan SGD 5 kamu juga sudah bisa membeli aksesoris ataupun souvenir.

Biaya:

SGD 1.8 (Naik MRT ke Bugis MRT Station)

SGD 50 (Belanja)

5. Haji Lanehaji-lane

Via Angieisagirl

Tidak jauh dari Bugis Street, kamu bisa berjalan kaki sekitar 6 menit ke Haji Lane, sebuah gang kecil dimana tembok-temboknya dihiasi street art yang sangat kreatif. Buat kamu pecinta seni atau anak-anak Instagram, tempat ini wajib kamu datangi. Foto artistik dan anti-mainstream ini bakal bikin Instagram kamu hits!

Biaya: SGD 0


BACA JUGA Singapura Mahal? Tidak, Asal Tahu Triknya


6. New Bugis Food Villagenew-bugis

Via ER and Jenny

Saatnya kembali ke Bugis untuk menyantap makan malam! New Bugis Food Village adalah kumpulan tempat makan yang beragam, mulai dari jenis makanan untuk sarapan, cemilan, hingga ke makanan berat dengan harga terjangkau.

Biaya: SGD 5

7. Backpacker Hostel atau Guest Housebackpaker

Sumber: Liburan Singapore

Untuk akomodasi, pilihlah backpacker hostel ataupun guest house. Backpacker hostel biasanya memberikan kamar berukuran kecil dengan kasur tingkat ataupun kasur sofa. Sedangkan guest house berarti kamu menumpang tinggal di rumah salah satu warga Singapura.

Biaya: SGD 30

Wah, cukup meletihkan juga ya di hari pertama! Dengan begitu banyak tempat yang dikunjungi, kamu telah menghabiskan SGD 99.4 atau sekitar Rp950ribu. Let’s go hari ke-2!

DAY 2

Breakfast

Kamu bisa memulai harimu dengan menyantap sarapan di New Bugis Food Village lagi, karena di sana tersedia berbagai macam menu sarapan favorit seperti bubur, bakmi, ataupun nasi lauk.

Biaya: SGD 5

1. Singapore Art Museum & National Museumsingapore-art-museum

Via Tripadvisor

Berjarak tidak jauh dari Bugis, kamu bisa berjalan kaki sekitar 10 menit ke museum seni Singapura yang sudah siap menerima pengunjung sejak pukul 10 pagi. Kemudian berjalan kaki sedikit lagi, kira-kira 500m, kamu bisa sekaligus mengunjungi Museum Nasional Singapura.

Biaya:

SDG 10 (Biaya masuk Singapore Art Museum)

SDG 10 (Biaya masuk National Museum)

2. Buddha Tooth Relic Templebudha-tooth-relic

Via Ruebarue

Kuil besar 5 lantai dengan desain tradisional khas China ini adalah kuil terkenal di Singapura yang terletak dekat Chinatown. Kuil ini diisi dengan berbagai barang menarik di setiap lantainya, seperti ribuan lampion, atap taman anggrek, serta patung-patung Buddha dari Thailand, Myanmar, Cambodia, Vietnam, China, Jepang, Sri Langka, dan India. Di sini juga tersedia makanan vegetarian gratis lho, jadi kamu bisa sekaligus berhemat dengan makan siang di sini.

Biaya: SGD 1.7 (Naik MRT ke Chinatown MRT Station)

3. Chinatownchina-town

Via Tripovo

Setiap negara pasti punya “Chinatown”-nya masing-masing, begitu juga dengan Singapura. Seperti tipikal Chinatown pada umumnya, kamu bisa menemukan berbagai toko barang yang murah di sini. Kamu juga bisa menemukan banyak jajanan untuk nyemil serta makan malam. Jadi, kamu bisa menghabiskan waktu shopping dan lanjut makan malam di sini.

Biaya: SGD 50 (belanja)

SGD 5 (Makan malam)

4. Clarke Quaysingapore-lrt

Via Singapore City MRT Tourism Map

Ini adalah tempat destinasi wisata malam di Singapura. Terkenal dengan bar-bar dan lampu warna warni yang menghiasi gelap malam, kamu bisa berjalan-jalan santai sambil menikmati pemandangan sungai Singapura, serta melihat laser show yang ditampilkan oleh kapal Quay.

Biaya: SGD 1.5 (Naik MRT ke Clarke Quay MRT Station)

Penginapan

Di malam terakhir ini, kamu boleh deh memanjakan diri untuk menginap di hostel dekat Clarke Quay. Mungkin harganya sedikit lebih mahal, tapi hanya untuk satu malam sebelum pulang harusnya tidak apa-apa dong?

Biaya: SGD 50

Telah tiba di malam hari ke-2 dan kamu menghabiskan SGD 133.2 atau sekitar Rp1.3 juta hari ini. Day-3, here we go!

DAY 3

Breakfast

Memulai harimu lagi dengan mencari sarapan pagi di food court sekitar Clarke Quay.

Biaya: SGD 5

1. Pulau Ubinpulau-ubin

Via Tripadvisor

Pulau Ubin merupakan sebuah pulau lepas di bagian Timur Singapura dan disebut sebagai kampung terakhir yang masih ada di Singapura. Untuk pergi ke sana, kamu perlu transit dulu ke bandara Changi, dan menunggu kapal bumboat. Di Pulau Ubin kamu bisa bersepeda ria untuk mengelilingi perkampungan yang masih asri. Kunjungi pula Tanjong Chek Jawa, sebuah tanjung yang berisi kekayaan laut seperti terumbu karang, kelinci laut, gurita, dan bintang laut.

Biaya:

SGD 2.5 (Naik MRT ke Changi MRT Station) SGD 3 (Kapal ke Pulau Ubin, one-way pergi)

SGD 2 atau SGD 8 (Sewa sepeda per jam atau per hari)

SGD 3 (Kapal ke Changi, one-way pulang)

2. Bandara Changi

cg2_changi_airport_terminal_2_entrance

Via wisatasingapura

Kini sudah saatnya kamu kembali ke Indonesia! Setelah tiba di Changi Airport, kamu hanya menghabiskan SGD 21.5 atau sekitar Rp200ribu. Untuk total perjalanan 3 hari 2 malam, kamu telah menghabiskan SGD 254.1 atau Rp2.5 juta saja! WOW!

Kamu masih memiliki sisa uang sekitar SGD 45 atau sekitar Rp400ribu di tangan dan bisa digunakan untuk mencari makan siang sambil menunggu jam penerbanganmu atau membeli cenderamata di bandara.

Ternyata terbukti kan kalau dengan budget Rp3 juta saja cukup untuk berjalan-jalan di Singapura selama 3 hari 2 malam! Kalau kamu ingin berwisata ria lagi, coba deh membeli tiket wisata internasional di sini biar lebih hemat. Sudah ada paket-paket wisatanya juga, lho!

 

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY