Pala Nusantara: Jam Kayu Unik yang Kaya Cerita

pala nusantara

Tren jam tangan memang nggak ada matinya, Friends! Aksesoris yang satu ini nggak hanya jadi pemanis di area tangan, namun juga fungsional karena fungsinya sebagai penunjuk waktu. Ngomongin soal jam tangan, jam unik yang terbuat dari kayu selalu sukses mencuri perhatian, nggak terkecuali Pala Nusantara.

Walaupun penggunaan kayu sebagai material jam udah nggak lagi asing, Pala Nusantara punya kisah yang beda dari yang lain. Jam ini bukan jam biasa, lho. Penasaran apa yang membedakannya? Yuk, simak dulu cerita lengkap finalis BBS Indonesia season 4 yang satu ini.

SEMUA KISAH LENGKAP YANG INSPIRATIF ADA DI SINI!!!

Dapat berbagai penghargaan sejak pertama didirikan

pala nusantara

Konsep Pala Nusantara sebenarnya sudah ada sejak 2016. Namun, Ilham Pinastiko baru mulai menggarapnya pada 2017. Di awal kehadiran Pala Nusantara, Ilham mengaku belum serius menjalaninya, sistem pembuatannya pun masih mengandalkan jiwa senimannya seorang diri.

Hadirnya Pala Nusantara memberikan warna tersendiri bagi pencinta jam tanah air. Nggak heran, di tahun yang sama dengan awal kemunculannya, jam tangan kayu yang satu ini telah mendapatkan tiga penghargaan sekaligus. Merasa telah paham selera pasar, pada 2018 Ilham mulai mengembangkan Pala Nusantara dengan serius. Konsep senimannya diubah menjadi semi industri yang mulai tertata dengan bantuan beberapa tenaga kerja.

CARI PRODUK YANG UNIK? PRODUK PARA FINALIS INI BISA JADI JAWABAN!!!

Pengalaman pahit di masa lalu yang membuatnya bangkit

pala nusantara

Ilham Pinastiko nggak mendirikan Pala Nusantara begitu saja. Selain karena kecintaannya terhadap kayu, ada pengalaman pahit yang membayangi kebangkitan usaha rintisannya ini. Rasa kecewa karena nggak ada apresiasi dari rekan kerjanya tempo lalu masih terbayang jelas meski sudah lewat beberapa tahun. Nggak ingin terpuruk dan merasa kalah, Ilham pun bangkit. Dirinya menganggap bahwa rasa kecewa itu bisa diubah menjadi penyemangat yang positif.

Segenap konsep dipikirkan Ilham dengan matang. Dirinya nggak ingin Pala Nusantara menduplikasi apa yang dibuatnya di tempat lain. Dari konsep itu, lahirnya bentuk jam kayu yang tebal dengan paduan strap kulit. Konsep yang demikian nggak asal-asalan dibuat, lho. Konsep tebalnya sengaja didesain demikian untuk memperlihatkan karakter kayu yang kuat.

Nggak hanya dari segi bentuk muka jam, keunikan Pala Nusantara pun nampak dari bagian strap-nya. Di salah sudutnya, ada simbol yang diembos langsung. Pada warna merah misalnya, ada simbol kearifan Toraja yang memberikan persona keberanian dan kecantikan yang kuat. “Saya ingin Pala Nusantara bisa jadi media cerita kekayaan nusantara oleh setiap pemakainya. Di manual book* ada cerita tentang tiap-tiap simbol yang di-emboss”, jelas Ilham.

Selain kuat dari segi budaya, Pala Nusantara juga perlu diapresiasi dari segi inovasi yang diusungnya setiap waktu. Pada 2019 ini misalnya, Pala Nusantara baru saja meluncurkan jam tangan vegan pertama di dunia. Penggunaan kulit pada bagian strap-nya diganti dengan jamur yang dikembangkan secara khusus dengan Mycotech. Jam keluaran terbaru ini mencuri perhatian dunia luas, Ilham mendapatkan banyak undangan dan penghargaan dari berbagai belahan dunia.

DAPATKAN PRODUK UNIK NAN MENARIK DARI 20 FINALIS BBS INDONESIA SEASON 4

BBS Indonesia Season 4 sebagai langkah pengembangan usaha

pala nusantara

Sebagai salah satu seller di Blibli.com, BBS Indonesia Season 4 tentu bukan hal yang baru. Ilham mengaku bawa Pala Nusantara sempat menjadi finalis 100 besar pada season 2. Akan tetapi, di waktu itu ia harus mengundurkan diri karena alasan pribadi. Sadar bahwa masih ada kesempatan yang nggak boleh dilepaskan lagi, di season 4 kali ini, Ilham memberanikan diri untuk daftar lagi.

Usaha itu pun membuahkan hasil, Pala Nusantara berhasil lolos ke babak 20 besar. Ilham tentu berharap brand ini berhasil lolos jadi salah satu pemenang. Jika harapannya terkabul, dirinya hendak menginvestasikan hadiah yang diperolehnya untuk mengembangkan usaha, terutama dalam hal pemasaran dan kreatif.

TEMUKAN INSPIRASI MENGEMBANGKAN USAHA DI SINI!!!


Apa reaksimu setelah menyimak kisah Ilham ini, Friends? Pastinya tambah termotivasi, kan? Yang jelas, jangan pernah berhenti berjuang dan berusaha, ya. Rasa kecewa harus bisa kamu manfaatkan sebagai motivasi yang positif.

Selain kisah inspiratif dari Ilham masih ada kisah inspiratif dari para finalis Blibli Big Start Season 4 lainnya, lho. Penasaran produk dan kisah apa saja di baliknya? Jangan lupa tunggu dan selalu baca di sini, ya!

JADI YANG PERTAMA TAHU PERJALANAN PESERTA BBS INDONESIA SEASON 4 DI SINI!!!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY