Pahlawan Wanita Indonesia yang Perjuangin Emansipasi Wanita

Photo via kompas.com

Siapa yang hapal pahlawan wanita Indonesia? Absen dulu yukkk, yang hapal semua nanti saya kasi… tepuk tangan aja hahaha. Tandanya keren kalo bisa hapal nama pahlawan yang uda berjasa buat negara kita. Saya pertama kali tau pahlawan jaman SD, pas guru saya ceritain perjuangan para pahlawan wanita ini demi emansipasi wanita bikin takjub. Apalagi pas tau kalo jaman dulu wanita perjuangannya mati-matian biar bisa sekolah. Wahhh berasa ketampar banget soalnya dulu saya masih suka males sekolah. 

Dari situ, saya coba jadi lebih rajin buat belajar. Nah, kalo ada yang belom tau jangan insekyur dulu, nih saya kasi tau siapa aja pahlawannya di bawah ini. Cus, langsung disimak~

  • Raden Ajeng Kartini
Photo via i.pinimg.com

Siapa yang gak kenal sama Ibu Kartini? Kalo gak kenal mending langsung nonton filmnya sama denger lagu “Ibu Kita Kartini”. Beliau ini berani ngapus stigma kalo bukan cowok doang yang boleh sekolah, tapi cewek juga. Gegara perjuangannya, tanggal 21 April diperingatin jadi Hari Kartini. RA Kartini juga buat buku yang judulnya ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’ ngebahas tentang emansipasi wanita. Sabi banget buat dibaca.

  • Raden Dewi Sartika
Photo via i.pinimg.com

Jaman dulu, cewek gak boleh sekolah. Cewek cuma boleh di rumah buat ngurusin dapur. Nah, Raden Dewi Sartika punya jasa yang sama kayak RA Kartini biar cewek Indonesia bisa dapet pendidikan. Dewi Sartika ngajarin baca dan tulis ke cewek supaya bisa ngedapetin pendidikan yang sama kayak anak cowok.

  • Maria Walanda Maramis
Photo via i.pinimg.com

Mungkin namanya kedengeran asing, tapi tokoh pahlawan ini berjasa banget perjuangin hak perempuan buat bersuara dan kasi pendapat ke pemerintah. Makanya, sekarang perempuan boleh ikut kasi suara pas pemilu.

  • Hajjah Rangkayo Rasuna Said

Pahlawan asal Sumatera Barat ini perjuangin keras biar hak cewek sama kayak hak pria. Gak cuma pengen wanita maju dalem pendidikan, tapi Rasuna Said juga perjuangin hak wanita biar bisa ikut politik. Gak heran kalo sekarang banyak cewek yang jadi pemimpin.

Nah, itu dia beberapa pahlawan wanita Indonesia yang kudu kita kenang jasanya. Soalnya gegara perjuangan mereka, jaman sekarang kaum cewek bisa sekolah sampe setinggi langit. Jadi, jangan ngeluh sekolah lagi, ya! Inget, perjuangan pahlawan dulu gede banget. Malu kan rasanya kalo masih males-malesan ngejar ilmu hehe…

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY