15 Daftar Pahlawan Wanita Indonesia yang Keren Banget

pahlawan wanita indonesia
Image Source: tirto.id

Daftar Pahlawan Wanita Indonesia — Ketika ngobrol dengan topik “pahlawan”, yang terbersit di dalam benak pasti sosok laki-laki yang gagah perkasa dan berani. Padahal, di kehidupan nyata ada banyak banget pahlawan yang berjenis kelamin wanita. Di Indonesia misalnya, ada banyak banget nama-nama pahlawan wanita yang gagah berani dalam melawan penjajah. R.A. Kartini misalnya, adalah sosok pahlawan wanita Indonesia yang dikenang karena jasanya dalam memerangi kebodohan. Bahkan, sosok wanita ini terus dikenang lewat peringatan Hari Kartini yang jatuh tiap tanggal 21 April.

Padahal, selain Kartini ada banyak banget lho pahlawan wanita yang ikut berjuang untuk tanah air. Bahkan, beberapa dari mereka juga turut terjun ke lini terdepan medan peperangan. Yuk, simak sepak terjang para pahlawan wanita Indonesia yang bisa kamu jadikan inspirasi berikut ini.

BACA JUGA: Selain Urusan Fashion, Hal Ini Juga Harus Wanita Perhatikan

___________________

1. Cut Nyak Dien

sumber: Kompasiana.com

Nama pahlawan wanita Indonesia satu ini pasti terdengar familiar banget di telingamu. Cut Nyak Dien adalah pahlawan wanita asal Aceh yang dikenal dengan kiprahnya di medan perang melawan penjajah Belanda. Wanita bangsawan asal Aceh ini berasal dari keluarga yang terpandang. Selama masa mudanya, Cut Nyak Dien mendapatkan akses untuk menuntut ilmu di bidang agama hingga rumah tangga.

Cut Nyak Dien juga dikenal banget dengan kecantikannya, lho. Setelah menikah dengan Teuku Umar, beliau diijinkan untuk ikut terjun ke tengah-tengah medan perang melawan penjajah. Cut Nyak Dien tidak hanya menyumbangkan tenaga. Beliau juga dikenal sebagai seorang penyusun strategi yang handal. Kecerdasan sang pahlawan ini pastinya bisa banget kamu jadikan inspirasi, Blibli Friends.

2. Martha Christina Tiahahu

sumber: Idntimes.com

Cut Nyak Dien bukan satu-satunya pahlawan wanita Indonesia yang berani mengangkat senjata, lho. Martha Christina Tiahahu adalah seorang wanita asal Maluku yang dikenal dengan kecerdasan dan kepiawaiannya di medan perang. Pengalamannya dalam berperang diperolehnya sejak di usia muda, yaitu saat beliau ikut berperang bersama Kapitan Pattimura. Sosok pejuang wanita ini juga dikenal dengan kegigihannya. Christina Tiahahu sudah berkali-kali ditangkap dan dilepaskan tentara penjajah Belanda. Eh, tapi pengalaman jadi tawanan itu nggak bikin beliau jadi kapok.

Sosok wanita ini jadi salah satu pejuang yang dicintai oleh rakyat Maluku. Bahkan, mereka memperingati kematian Martha Christina Tiahahu dengan menebar bunga tiap tanggal 2 Januari. Salah satu prosesi untuk mengenang perjuangan Christina Tiahahu adalah dengan menaburkan bunga di Laut Banda. Nggak cuma itu, pemerintah Maluku juga mendirikan patung memorial untuk mengenang jasa pahlawan wanita ini. Keren banget, ya?

3. Dewi Sartika

sumber: Tirto.id.

R.A. Kartini bukanlah satu-satunya pahlawan wanita yang memperjuangkan hak bersekolah kaum wanita, lho. Jawa Barat punya sosok Kartini juga, yaitu Dewi Sartika. Dewi Sartika adalah sosok wanita ningrat yang dikenal karena mendirikan sekolah wanita pertama di provinsi Jawa Barat. Ini pastinya jadi prestasi yang keren banget. Apalagi, selama masa penjajahan Belanda, hanya sedikit perempuan Indonesia yang bisa mengecap pendidikan. Yang unik, Dewi Sartika nggak melakukan sesuatu yang radikal buat membawa perubahan.

Dengan cerdik, beliau mengajak teman-temannya untuk bermain peran. Saat itu, Dewi Sartika berpura-pura sebagai guru, sedangkan teman-temannya berperan sebagai murid. Sampai akhirnya, pada tanggal 16 Januari 1904, Dewi Sartika pun mendirikan sekolah wanita pertamanya di Kabupaten Bandung.

4. Kartini

Photo via kompas.com

Bicara soal pahlawan wanita Indonesia tentunya nggak akan lengkap tanpa membahas sosok menginspirasi dari Jawa, Raden Ajeng Kartini yang begitu berjasa terhadap kesetaraan hak antara cowok dan cewek di masa sekarang. Putri dari seorang Bupati Jawa, Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat dan ibu M.A Ngasirah, yang dilahirkan pada 21 April 1879, Kartini kecil tumbuh di tengah keluarga yang menjunjung tinggi pendidikan dan agama.

5. Laksamana Malayahati

Image Source: wikipedia

Kalau pahlawan wanita bernama asli Keumalahayati yang dikenal dengan julukan Laksamana Malahayati ini merupakan Laksamana laut pertama di dunia, lho. Dan ia termasuk salah satu dari sekian banyak wanita hebat dalam sejarah Indonesia. Bersama pasukan armada Inong Balee yang terdiri dari janda-janda prajurit Aceh dan gadis-gadis Aceh, putri Laksanama Mahmud Syah bin Laksamana Muhammad Said Syah memimpin pertempuran melawan pasukan kolonial Belanda.

6. Cut Nyak Meuthia

Image Source: kompasiana.com

Satu lagi pejuang wanita asal Serambi Mekah yang namanya sangat terkenal dalam sejarah bangsa Indonesia melawan penjajah. Meski wanita, namun Cut Nyak Dien tanpa gentar ikut turun perang langsung sebagai pemimpin pasukan Aceh. Karena sanggup membakar semangat seluruh rakyat Aceh untuk maju menumpas penjajahan, sosoknya menjadi pejuang yang ditakuti para musuh.

7. Maria Walanda Maramis

Pahlawan wanita indonesia
Image Source: wikipedia

Dan jangan salah, guys, Indonesia nggak cuma punya RA Kartini sebagai pejuang emansipasi wanita saja. Karena dari Indonesia bagian timur, tepatnya daerah Minahasa, ada maria Walanda Maramis yang nama aslinya adalah Maria Yosephine Catherina Maramis. Yatim piatu sejak usia 6 tahun dan tumbuh di bawah pengasuhan sang paman, sama seperti anak perempuan Minahasa lainnya yang hanya boleh sekolah hingga tingkat dasar, Maria juga harus tinggal di rumah usai pendidikan 3 tahun itu. Bedanya ia berkesempatan bergaul dengan orang-orang terpelajar, salah satunya pendeta Belanda di Maumbi, Ten Hove, yang mendorongnya memajukan kaum wanita Minahasa. 

8. Nyi Ageng Serang

Image Source: pinterest

Wanita perkasa bernama Raden Ajeng Kustiyah Wulaningsih Retno Edi atau Raden Ayu Serang yang lebih dikenal sebagai Nyi Ageng Serang ini juga punya catatan sejarah Indonesia. Putri bungsu Pangeran Natapraja yang ternyata merupakan ahlinya di bidang siasat dan strategi ini ikut angkat senjata membantu sang putra dalam Perang Jawa.

9. Rasuna Said

pahlawan wanita indonesia
Image Source: muslimobsession.com

Nama lengkapnya adalah Hajjah Rangkayo Rasuna Said, sosok wanita Minang kelahiran Agam, 14 September 1910 ini merupakan sosok pejuang wanita yang dikenal sebagai HR Rasuna Said mengangkat martabat kaum hawa yang sangat ditakuti penjajah Belanda karena kemampuannya berorator begitu hebat.

10. Andi Depu

Image Source: kumparan

Tahu nggak kamu, kalau ada pahlawan wanita Indonesia yang lebih memilih bercerai dari sang suami demi kemerdekaan Ibu Pertiwi tempat kelahirannya, lho, guys. Ia adalah Andi Depu yang ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional Indonesia pada 6 November 2018 melalui Surat Keputusan Presiden karena kepersistenannya dalam melawan dan mengusir penjajah Belanda di Tanah Mandar, Sulawesi Barat.

11. Rohana Kuddus

Image Source: goodnewsfromindonesia.id

Wanita kelahiran Kota Gadang, 20 Desember 1884, yang bernama Rohana Kuddus, sempat ramai diperbincangkan masyarakat karena dianugerahi gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden Joko Widodo. Sosok wartawati perempuan pertama di Indonesia yang juga merupakan pendiri sekolah Kerajinan Amai setia (KAS) di Kota Gadang ini sejak usia belia sudah aktif mengikuti berbagai kegiatan sosial.

12. Siti Manggopoh

Image Source: berdikarionline.com

Mungkin banyak dari kamu yang belum kenal dengan sosok Siti Manggopoh. Padahal, kalau kamu mau lebih dalam mengulik sejarah perjuangan bangsa Indonesia, khususnya di Tanah Minang, kita punya sosok Siti Manggopoh sang mujahidah hebat dalam Perang Belasting.

13. Fatmawati

Image Source: liputat6

Fatmatwati Soekarnoputri, siapa nggak kenal sosok ibu Negara pertama RI yang jasanya tak terlupakan di perjuangan awal kemerdekaan Indonesia tahun 1945 silam. Kini Sang Saka Merah Putih bisa bebas berkibar di seluruh penjuru negeri. Dan beliau adalah sosok di balik berkibarnya bendera pusaka bangsa Indonesia.

14. Opu Daeng Risadju

Image Source: detiknews.com

Dalam memperjuangkan kemerdekaan dan mengusir penjajah yang menduduki Nusantara, siapa pun bisa ikut andil dan melakukan perlawanan. Termasuk wanita. Satu tokoh yang nggak pernah gentar meski harus berhadapan langsung dengan Belanda adalah Opu Daeng Risadju.

15. Nyai Ahmad Dahlan

Image Source: Republika

Perjuangan dan kesetiaan Nyai Ahmad Dahlan patut banget diteladani generasi masa kini, nih, guys. Beliau sangat berjasa dalam upaya perlawanan terhadap kebodohan dan diskriminasi. Bersama suaminya, KH Ahmad Dahlan, beliau mendirikan organisasi yang secara khusus bergerak di bidang agama, pendidikan, layanan kesehatan dan kegiatan sosial, ‘Aisyiyah.

___________________

BACA JUGA: Model Jam Tangan Wanita Sesuai Kepribadian!

Ingin tahu lebih banyak tentang kisah hidup para pahlawan wanita Indonesia? Yuk, cari buku biografi mereka di Blibli. Selain bisa borong berbagai buku sejarah yang inspiratif, Blibli Friends juga bisa dapatkan diskon menggiurkan, lho. Blibli juga tawarkan layanan gratis ongkir yang bisa bikin aktivitas belanja bukumu jadi makin menyenangkan. Sebuah bangsa yang besar adalah yang tidak melupakan peranan para pahlawannya. Yuk, jadi generasi yang melek sejarah bareng Blibli.

DAPTAKAN BUKU SEJARAH BERKUALITAS DI SINI

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY