Daftar Pahlawan Wanita Indonesia yang Keren Banget

pahlawan wanita indonesia
Image Source: tirto.id

Daftar Pahlawan Wanita Indonesia — Ketika ngobrol dengan topik “pahlawan”, yang terbersit di dalam benak pasti sosok laki-laki yang gagah perkasa dan berani. Padahal, di kehidupan nyata ada banyak banget pahlawan yang berjenis kelamin wanita. Di Indonesia misalnya, ada banyak banget nama-nama pahlawan wanita yang gagah berani dalam melawan penjajah. R.A. Kartini misalnya, adalah sosok pahlawan wanita Indonesia yang dikenang karena jasanya dalam memerangi kebodohan. Bahkan, sosok wanita ini terus dikenang lewat peringatan Hari Kartini yang jatuh tiap tanggal 21 April.

Padahal, selain Kartini ada banyak banget lho pahlawan wanita yang ikut berjuang untuk tanah air. Bahkan, beberapa dari mereka juga turut terjun ke lini terdepan medan peperangan. Yuk, simak sepak terjang para pahlawan wanita Indonesia yang bisa kamu jadikan inspirasi berikut ini.

BACA JUGA: Selain Urusan Fashion, Hal Ini Juga Harus Wanita Perhatikan

___________________

1. Cut Nyak Dien

sumber: Kompasiana.com

Nama pahlawan wanita Indonesia satu ini pasti terdengar familiar banget di telingamu. Cut Nyak Dien adalah pahlawan wanita asal Aceh yang dikenal dengan kiprahnya di medan perang melawan penjajah Belanda. Wanita bangsawan asal Aceh ini berasal dari keluarga yang terpandang. Selama masa mudanya, Cut Nyak Dien mendapatkan akses untuk menuntut ilmu di bidang agama hingga rumah tangga.

Cut Nyak Dien juga dikenal banget dengan kecantikannya, lho. Setelah menikah dengan Teuku Umar, beliau diijinkan untuk ikut terjun ke tengah-tengah medan perang melawan penjajah. Cut Nyak Dien tidak hanya menyumbangkan tenaga. Beliau juga dikenal sebagai seorang penyusun strategi yang handal. Kecerdasan sang pahlawan ini pastinya bisa banget kamu jadikan inspirasi, Blibli Friends.

2. Martha Christina Tiahahu

sumber: Idntimes.com

Cut Nyak Dien bukan satu-satunya pahlawan wanita Indonesia yang berani mengangkat senjata, lho. Martha Christina Tiahahu adalah seorang wanita asal Maluku yang dikenal dengan kecerdasan dan kepiawaiannya di medan perang. Pengalamannya dalam berperang diperolehnya sejak di usia muda, yaitu saat beliau ikut berperang bersama Kapitan Pattimura. Sosok pejuang wanita ini juga dikenal dengan kegigihannya. Christina Tiahahu sudah berkali-kali ditangkap dan dilepaskan tentara penjajah Belanda. Eh, tapi pengalaman jadi tawanan itu nggak bikin beliau jadi kapok.

Sosok wanita ini jadi salah satu pejuang yang dicintai oleh rakyat Maluku. Bahkan, mereka memperingati kematian Martha Christina Tiahahu dengan menebar bunga tiap tanggal 2 Januari. Salah satu prosesi untuk mengenang perjuangan Christina Tiahahu adalah dengan menaburkan bunga di Laut Banda. Nggak cuma itu, pemerintah Maluku juga mendirikan patung memorial untuk mengenang jasa pahlawan wanita ini. Keren banget, ya?

3. Dewi Sartika

sumber: Tirto.id.

R.A. Kartini bukanlah satu-satunya pahlawan wanita yang memperjuangkan hak bersekolah kaum wanita, lho. Jawa Barat punya sosok Kartini juga, yaitu Dewi Sartika. Dewi Sartika adalah sosok wanita ningrat yang dikenal karena mendirikan sekolah wanita pertama di provinsi Jawa Barat. Ini pastinya jadi prestasi yang keren banget. Apalagi, selama masa penjajahan Belanda, hanya sedikit perempuan Indonesia yang bisa mengecap pendidikan. Yang unik, Dewi Sartika nggak melakukan sesuatu yang radikal buat membawa perubahan.

Dengan cerdik, beliau mengajak teman-temannya untuk bermain peran. Saat itu, Dewi Sartika berpura-pura sebagai guru, sedangkan teman-temannya berperan sebagai murid. Sampai akhirnya, pada tanggal 16 Januari 1904, Dewi Sartika pun mendirikan sekolah wanita pertamanya di Kabupaten Bandung.

___________________

BACA JUGA: Model Jam Tangan Wanita Sesuai Kepribadian!

Ingin tahu lebih banyak tentang kisah hidup para pahlawan wanita Indonesia? Yuk, cari buku biografi mereka di Blibli. Selain bisa borong berbagai buku sejarah yang inspiratif, Blibli Friends juga bisa dapatkan diskon menggiurkan, lho. Blibli juga tawarkan layanan gratis ongkir yang bisa bikin aktivitas belanja bukumu jadi makin menyenangkan. Sebuah bangsa yang besar adalah yang tidak melupakan peranan para pahlawannya. Yuk, jadi generasi yang melek sejarah bareng Blibli.

DAPTAKAN BUKU SEJARAH BERKUALITAS DI SINI

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY