me

7 Outfit Kerja Santai untuk Pria, Kamu Wajib Tahu!

Jun 25, 2024.By Nadine
Bagikan

freepik.com/author/freepik
Yuk cek inspirasi outfit kerja santai untuk pria di sini!

Outfit kerja sekarang ini sudah semakin berkembang, nggak hanya formal saja tapi banyak perusahaan yang mulai membebaskan pegawainya untuk memakai setelan yang lebih santai tapi tetap rapi dan profesional. Item fashion yang bisa dipakai untuk pergi kerja pun juga ada banyak macamnya, mulai dari sweatshirt, kemeja, cardigan, celana pria dan lain-lain.

Buat kamu yang mungkin baru saja pindah atau pertama kali bekerja di perusahaan dengan aturan pakaian santai tapi rapi, bisa tiru inspirasi di bawah ini. Yuk simak ide outfit kerja santai untuk pria ini!

Baca juga:


Sweatshirt dan Blue Jeans

Sweatshirt dan Blue Jeans
blibli.com

Kamu mungkin sudah sering melihat foto Steve Jobs saat merilis berbagai produk baru dari Apple. Outfit kali ini terinspirasi dari mantan CEO brand ternama tersebut, yaitu sweatshirt hitam dengan celana jeans. Outfit ini simple, nggak terlalu banyak detail tapi punya kesan eksklusif dan rapi. 

Style yang satu ini memang semakin populer sejak Steve Jobs mencuri perhatian dunia, dan kamu bisa menirunya untuk dipakai selama bekerja. Supaya terlihat semakin lengkap dan profesional, bisa tambahkan dengan jam tangan. 

Buat alas kakinya, kamu bisa pilih sneakers atau loafers dengan warna putih untuk memberi kesan sedikit terang pada penampilan kamu secara keseluruhan. Kalau mau terlihat lebih keren lagi, bisa sedikit gulung lengan sweatshirt hingga berada di bawah siku untuk kesan sedikit berantakan dengan stylish.

Cardigan dan Kaos Polos

blibli.com

Siapa bilang pria nggak bisa pakai cardigan? Sudah banyak kok pria yang pakai item fashion ini, termasuk untuk bekerja. Kalau kamu ingin coba pakai cardigan, item ini oke banget kalau dipadukan dengan t-shirt polos maupun kemeja. 

Kamu bisa pilih cardigan dengan warna yang cenderung lebih gelap dibanding kaos sebagai innernya. Setelah itu pilih bawahan dengan warna gelap seperti hitam. Ini akan memberi ilusi tubuh yang terlihat lebih ramping dan rapi. 

Kalau untuk alas kaki, kamu bisa pilih sneakers atau loafers yang punya tone senada dengan inner atau cardigan kamu. Jangan lupa lengkapi juga dengan jam tangan supaya penampilan kamu makin keren dan steal the attention!

Cardigan dan Kemeja

Cardigan dan Kemeja
blibli.com

Kalau kamu suka style oxford look atau ala british man yang maskulin tapi manis, wajib coba outfit yang satu ini. Kamu bisa kombinasikan oversize cardigan dengan model V Neck, lalu padukan dengan kemeja polos atau motif garis tanpa gambar.  Sebaiknya pilih cardigan dengan warna gelap, lalu kemeja yang lebih cerah. 

Buat cardigannya, kamu bisa pilih yang polos atau dengan detail beberapa warna kalau suka bereksperimen. Nah, untuk bawahannya kamu bisa pilih celana dengan bahan non jeans seperti chino atau celana kain pada umumnya. Sebaiknya pilih celana dengan warna yang cerah dan netral seperti putih atau krem supaya terlihat seimbang.

Alas kakinya bisa pilih desert boots, chelsea boots atau loafers dengan warna yang senada seperti oversize cardigan kamu. Kalau ingin terasa lebih hangat, bisa juga gunakan kaos kaki dengan warna yang gelap. 

Bomber Jacket dan Celana Chino

Bomber Jacket dan Celana Chino
blibli.com

Salah satu item fashion yang populer banget adalah bomber jacket. Jaket yang satu ini punya desain simple dan umumnya tanpa motif. Potongannya membuat tubuh terlihat lebih berisi di bagian yang tepat, tanpa membuat penggunanya terlihat gemuk. 

Kalau kamu punya bomber jacket di lemari, coba pakai item fashion ini dan padukan dengan kaos polos dan celana chino favorit kamu. Supaya kamu dapat kesan penampilan santai tapi tetap profesional, pilih warna kaos dan celana chino yang lebih terang dibanding jaket bombernya.

Kombinasi yang bagus banget contohnya jaket hitam, celana chino warna krem dan kaos putih polos. Penampilan kamu bakal semakin oke lagi kalau ditambah dengan jam tangan dan sepatu model loafers maupun boots dengan bahan suede. You’re ready to work!

Jaket Parka dan Kaos Polos

Jaket Parka dan Kaos Polos
blibli.com

Selain bomber jacket, outer lain yang populer di kalangan pria adalah jaket dengan bahan parka. Jaket parka punya ciri khas potongan yang sedikit kaku, kainnya yang nggak terlalu tebal dan ada dua saku di bagian depannya. Jaket parka yang satu ini juga punya model yang sama dengan kemeja pada umumnya.

Item fashion ini lebih cocok sebagai outer dibanding menggantikan fungsi kemeja. Jaket ini cocok banget kalau kamu mix and match dengan kaos polos, celana jeans, celana chino dan juga sneakers atau boots. 

Buat kamu yang lebih suka style fashion dengan warna gelap, bisa pilih jaket parka dengan tone cerah lalu pilih kaos sebagai innernya dan celana dengan warna hitam, navy atau dark grey. Kalau kamu suka tampilan yang cerah, bisa coba pilih jaket parka warna coklat susu dan padukan dengan kaos  putih serta celana berwarna krem atau soft blue.

Kemeja Denim dan Celana Chino

Kemeja Denim dan Celana Chino
blibli.com

Kemeja denim termasuk item fashion yang sudah eksis sejak lama, dengan ciri khas warna yang cenderung cerah dengan potongan fit. Kemeja yang satu ini cocok banget untuk di mix and match dengan celana chino untuk kesan santai sekaligus profesional. Kamu bisa pilih celana chino dengan warna cerah atau gelap, tergantung selera fashion kamu.

Sebaiknya jangan padukan kemeja ini dengan celana jeans karena akan terlihat terlalu santai dan kurang profesional. Tambahkan juga dengan tas pria khusus yang biasa kamu pakai untuk pergi kerja setiap hari.

Supaya penampilan kamu makin lengkap lagi, jangan lupa gunakan juga jam tangan dan sepatu boots berbahan suede supaya tetap terlihat santai tapi tetap rapi dan eye catching. 

Kemeja Flanel dan Celana Chino

blibli.com

Selanjutnya ada kemeja flanel motif kotak-kotak yang legendaris. Sama seperti kaos hitam, rasanya item fashion ini pasti ada di nyaris semua lemari para kaum adam. Kemeja flanel ini juga bisa kamu pakai untuk pergi ke kantor dengan nuansa outfit yang santai dan profesional. 

Kamu bisa padukan kemeja flanel seperti milik Blythe ini dengan celana jeans maupun chino dengan warna yang netral seperti hitam, krem atau abu untuk menyeimbangkan penampilan kamu. Selain itu, pilih alas kaki seperti loafers, sneakers maupun suede boots.

Kalau kamu bosan dengan style kemeja flanel yang terlalu flat, bisa jadikan item fashion ini sebagai outer. Gunakan kaos sebagai inner dengan warna gelap lalu buka seluruh kancing kemeja flanel kamu untuk merubah fungsinya jadi outer. Kamu bisa juga gulung lengan kemeja hingga setengah lengan. 


Baca juga

Itu dia beberapa ide outfit kerja yang santai tapi tetap punya kesan profesional dan rapi. Ide outfit yang mana favorit kamu? Kalau kamu ingin menambah koleksi outfit buat kerja, langsung aja buka Blythe Men Official Store yang ada di Blibli. Di sana ada banyak koleksi item fashion pria kekinian seperti tas, kaos, celana, hingga jaket.