4 Hal yang Perlu Diketahui Orang Tua Mengenai Esports

mengenal esports

Berkembangnya industri video game dan esports membuat banyak anak bercita-cita berprofesi di industri tersebut. Namun di sisi lain, banyak juga orang tua yang masih ragu tentang apa itu esports dan apakah industri ini layak untuk ditekuni secara serius oleh anak-anak mereka.

Kalau kebetulan kamu adalah seorang orang tua yang juga sedang bertanya-tanya mengenai hal tersebut, yuk baca artikel ini untuk mengenal esports lebih jauh! Kamu yang ingin berkarir di bidang esports juga bisa banget kasih artikel ini untuk meyakinkan orang tua kamu.

AYO JADI ATLET ESPORTS PROFESIONAL!

1. Esports adalah fenomena global

mengenal esports
Via – Multibriefs

Dengan terus berkembangnya internet, semakin banyak pula video game multiplayer yang dirilis oleh berbagai developer di dunia. Game-game multiplayer itulah yang akhirnya dilombakan, dan kini biasa disebut dengan esports..

Penggemar esports pun datang dari berbagai kalangan umur maupun gender. Itu sebabnya, bukan hal yang mengherankan apabila sering diadakan kompetisi esports dengan berbagai skala. Mulai dari skala regional, hingga ada juga kejuaraan dunia yang berskala internasional. Di Indonesia sendiri, kompetisi esports sudah sering diadakan di berbagai kota.

Melihat animo penggemar yang luar biasa, sekarang banyak brand ternama yang akhirnya tertarik untuk menjadi sponsor penyelenggaraan kompetisi-kompetisi esports. Jadi kamu jangan kaget kalau seorang atlet bisa meraih miliaran Rupiah saat ia menjuarai sebuah kompetisi, ya!

BUTUH HANDPHONE UNTUK MAIN MOBILE LEGEND?

2. Berkarir di industri esports nggak harus sebagai gamer

mengenal esports
Via – Guerrilla

Banyak orang berasumsi bahwa kamu perlu jago bermain game apabila ingin berkarir di industri esports ini. Faktanya, asumsi itu keliru. Industri esports nggak hanya sebatas gamer-nya saja. Ada berbagai profesi yang terlibat agar sebuah video game bisa laris di pasaran, ataupun dijadikan sebuah turnamen atau kompetisi.

Untuk membuat sebuah video game dibutuhkan berbagai macam profesi dan bidang keahlian. Mulai dari programmer, designer, hingga penulis cerita. Tanpa adanya orang dengan keahlian tersebut di balik layar, enggak akan ada game-game besar yang kini laris di pasaran. Selain itu, masih ada juga profesi lain seperti esports caster, pelatih, tim manager, analis pertandingan dan bahkan jurnalis khusus esports.

Dengan mengenal esports seperti ini, kamu selaku orang tua bisa mencerahkan anakmu bahwa ada banyak cara untuk berkarir di industri video game dan esports. Jangan sampai anakmu terjebak di asumsi bahwa untuk berkarir di bidang esports hanya bisa dicapai dengan cara menjadi gamer saja.

REKOMENDASI KONSOL TERBAIK TAHUN 2019!

3. Nggak harus menggunakan perangkat gaming mahal

mengenal esports
Via – Esports Marketing Blog

Jika kamu berkaca pada para atlet esports profesional, tentu saja perangkat gaming mereka super canggih dan mahal. Namun untuk tahap-tahap awal dan baru memulai, sebenarnya enggak harus memiliki peralatan secanggih dan semahal mereka.

Apalagi dengan semakin meledaknya animo masyarakat, sekarang banyak produsen yang merilis piranti game dengan harga yang terjangkau. Mulai dari smartphone, komputer, hingga konsol kini tersedia dengan berbagai ragam jenis dan harga.

Dengan ragam pilihan yang sedemikian banyak, kamu jadi bisa mencari peralatan yang memang sesuai dengan kebutuhanmu sekarang, tanpa perlu menguras dompetmu.

YUK, TONTON LIVE STREAMING PIALA PRESIDEN ESPORTS 2019!

4. Peran penting orang tua bagi atlet esports

mengenal esports

Tren positif yang terus tumbuh pada industri esports tentu membuat banyak anak tertarik untuk berkecimpung di ranah ini. Sebagai orang tua, tentunya kamu perlu mendukung cita-cita anakmu sambil tetap memberi pengawasan dan arahan dengan mengenal esports lebih dalam.

Contohnya, ingin menjadi atlet esports bukan berarti lantas anak jadi boleh bermain game tanpa kenal waktu. Bahkan, waktu bermain sebaiknya dibuat ketat dan disiplin seperti sesi latihan, sehingga anak akan menggunakan waktu tersebut untuk fokus mengembangkan skill dengan sungguh-sungguh.

Kebanyakan anak ingin menjadi atlet esports profesional tanpa mau melewati proses berlatih yang jenuh dan melelahkan. Nah, di sinilah peran orang tua juga penting untuk mengingatkan anak agar tetap menjaga komitmen secara konsisten. Ingatkan anak-anak bahwa mimpi dan cita-cita harus diimbangi dengan kemauan untuk bekerja keras secara tekun.

AKSESORIS GAMING UNTUK MEMBUATMU TAK TERKALAHKAN!


Melihat antusiasme yang kini ada, industri video game dan esports memiliki prospek yang sangat cerah. Tak hanya bagi atlet esports saja, profesi lain seperti programmer dan designer pun akan ikut terkena dampak positif dari berkembangnya industri video game ini.

Tentu saja, sama seperti profesi lainnya, berkarir di bidang ini memiliki tantangan yang nggak mudah. Jadi, kamu selaku orang tua wajib memberi arahan dan dukungan bagi anak-anakmu. Sehingga mereka bisa terus bersemangat mengejar cita-cita, sesuai minat dan bakat yang mereka punya.

Setelah mengenal esports lebih dalam, kamu nggak khawatir lagi kan mengenai pilihan karirnya? Yang penting, teruslah dukung mereka mengejar cita-cita. Di saat butuh peralatan gaming yang berkualitas, langsung aja #BlibliSekarang di sini. Tenang, ada cicilan 0% kok yang bisa membantumu.

SIAP MEWAKILI INDONESIA DI KOMPETISI ESPORTS?

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY