Salah satu kebiasaan buruk sebagian besar masyarakat Indonesia adalah jarang atau malas mencuci tangan.

Seringkali banyak yang merasa bahwa, mencuci tangan bukan sebuah hal yang penting. Karena kemalasan mencuci tangan jarang mendatangkan penyakit.

Banyak juga yang menyentuh berbagai benda yang banyak disentuh oleh orang lain (gagang pintu kloset, pulpen, dan kartu kredit), kemudian lupa untuk mencuci tangan. Sekali, dua kali, sehingga menjadi kebiasaan.

Sebenarnya, penting nggak sih cuci tangan itu? Kamu bisa menentukan sendiri setelah membaca artikel ini.

1. Banyaknya bakteri yang bersarang di tangankuman

Via Inilahpedia.com

Tahu nggak, ada berapa bakteri di telapak tanganmu? Seribu? Seratus ribu? Jawabannya adalah lebih dari 330.000 bakteri!

Walau nggak semuanya mengancam kesehatan, tapi populasi sebanyak itu (hanya di sebelah telapak tangan loh) bisa memfasilitasi perkembangan bakteri lainnya.

Jika kamu nggak mencuci tangan dengan benar, kamu bisa menanti influenza, diare, hepatitis, dan berbagai penyakit menular lainnya kapan saja.

2. Kapan dong, harus cuci tangan?6301424915_e02edea7d7_b

Via juanofwords.com

Terkadang bagi yang sedang kuliah atau kerja di kantor, lapar di siang hari suka membuat orang nggak berpikir panjang. Yang penting cari makan dulu. Urusan kebersihan terkadang dikesampingkan. Jadi, ketika nemu warteg atau makan di pinggir jalan, nasi dan uang silih berganti melewati tangan.

Mungkin, ada juga yang pergi ke toilet setelah memuaskan rasa laparnya. Apapun tujuannya, terkadang wastafel di toilet masih cenderung dibiarkan pergi. Tanganpun semakin nyaman untuk ditinggal kuman.

3. Mencuci tangan bukan cuma ‘biar bersih’cuci tangan

Manfaat mencuci tangan itu nggak sesederhana ‘biar bersih’ dan ‘anti-kuman’ saja. Banyak yang nggak sadar kalau mencuci tangan itu merupakan penangkal utama banyak penyakit mematikan.

Cuci tangan yang rutin paling ampuh untuk menjauhkan kita dari diare dan masalah pencernaan. Karena, selain berinteraksi dengan tangan lain, tangan kita juga sering menyinggahi mulut.

Selain itu, dengan mencuci tangan yang bersih kamu bisa mencegah infeksi atau peradagan pada mata. Banyak orang yang ngantuk atau matanya kemasukan debu sering secara nggak sadar mengusap mata. Mata yang lembab mudah menjadi sarang kuman loh!

Terakhir, jika kamu punya anak kecil di rumah, dengan mencuci tangan yang sering, kamu memberikan contoh kebiasaan kebersihan baginya. Nggak ada kata terlalu dini untuk kebiasaan cuci tangan.


BACA JUGA Musim Pancaroba Bikin Kamu Lesu? Kamu Pasti Belum Melakukan 9 Hal ini dengan Benar!


4. Guide sederhana buat mencuci tangan yang benarwah-ada-39-ribu-bakteri-di-tangan-setiap-hari

Via vemale.com

Setiap orang memiliki cara cuci tangan yang berbeda-beda. Namun untuk memastikan kalau tanganmu benar-benar bersih setelah dicuci, ada beberapa hal yang perlu kamu ingat.

Pertama, selalu cuci tangan di air yang mengalir. Kobokan jelas bukan tempat mencuci yang nggak higenis. Lebih disarankan untuk mencuci menggunakan air hangat.

Kedua, pastikan kamu mencuci tangan dengan sabun cuci tangan. Sabun cuci muka, badan, atau shampoo nggak terlalu cocok dengan kulit tangan, loh!

Ketika mencuci, pastikan setiap sela-sela jari dan kuku serta pergelangan tangan digosok beberapa kali. Idealnya, waktu kamu mencuci tangan nggak kurang dari 20 detik.

Bilas tanganmu, dan keringkan menggunakan handuk atau tisu yang kering. Sebisa mungkin, jangan menggunakan pengering tangan, karena udara lembab dan kurang bisa memicu perkembangan bakteri.

Nggak cuma bersih, tapi mencuci tangan dengan benar juga membuat tangan kamu harum! Namun, untuk perpaduan antara bersih dan harum yang optimal, kamu juga butuh sabun anti-bakterial yang tepat.

Nggak perlu bingung kemana mencarinya. Karena, di Blibli.com ada sabun Dettol yang menganjurkan masyarakat Indonesia agar lebih peduli dengan kebersihan tangannga! Yuk, mulai rajin cuci tangan mulai dari sekarang!

Nadine

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.
Nadine

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY