Keamanan dan privasi saat menggunakan Internet merupakan dua hal yang dibutuhkan banyak pengguna. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Opera meluncurkan aplikasi VPN untuk perangkat Android yang bisa diunduh secara gratis di Google Play Store.

Tidak ada batasan besaran data

Menurut Opera, aplikasi VPN ini memberikan privasi lebih baik bagi penggunanya ketika menelusuri dunia maya. Selain itu, Opera VPN juga dapat menghilangkan cookies pelacak iklan, memberi kemudahan bagi pengguna saat ingin mengakses lebih banyak konten di Internet, serta memperluas jangkauan geografis aplikasi.

β€œAplikasi Opera VPN untuk Android menawarkan layanan gratis tanpa batas penggunaan data, log-in, fitur perlindungan Wi-Fi canggih, dan tanpa perlu berlangganan,” ujar Chris Houston, President of SurfEasy, Divisi VPN Opera.

Lebih aman

Untuk keamanan, aplikasi Opera VPN bisa memberikan perlindungan diri secara virtual. Berbekal sistem keamanan yang disebut Olaf, pengguna tidak perlu takut untuk mengakses internet menggunakan jairngan WiFi publik.Opera-VPN-Android-3

Rupanya Opera VPN juga dapat menguji keamanan jaringan nirkabel (WiFi). Kamu akan bisa memindai apakah jaringan WiFi yang akan digunakan milik publik atau milik pribadi, apakah jaringan tersebut di-enkripsi, dan berapa banyak perangkat lain yang memakai sambungan yang sama.


BACA JUGAΒ 10 Tips Menjaga Keamanan Smartphone dan Tablet Android


Opera VPN ini juga dapat mengetahui apakah alamat IP dan lokasi pengguna akan terpampang, dan apakah orang lain dapat memantau atau mengendus rincian dari perangkat milik pengguna. Jika alat uji tersebut mendeteksi adanya kelemahan, maka ia akan menyarankan pengguna untuk mengaktifkan VPN.

Server terdapat di 5 lokasiOpera-VPN-Android-1

Opera VPN untuk Android akan tersedia secara global dalam bahasa Inggris, Arab, Perancis, Jerman, Indonesia, Jepang, Portugis, Rusia, Polandia dan Spanyol. Nantinya Opera akan menyediakan server yang berada di 5 lokasi, yakni Amerika Serikat, Kanada, Jerman, Singapura, dan Belanda.

Sekadar informasi tambahan, Opera VPN untuk iOS telah diluncurkan sejak Mei lalu dengan jumlah unduhan lebih dari 1 juta.

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY