Biar Tetap Bugar Saat Puasa, Ini 5 Rekomendasi Olahraga yang Bisa Kamu Lakukan!

olahraga saat puasa

Banyak orang yang berpikiran, bagaimana ya caranya melakukan olahraga saat puasa? Walaupun biasanya badan itu terasa lemas, ngantuk, dan malas-malasan, olahraga saat puasa itu bukan nggak mungkin, lho!

Kali ini, Blibli Friends menanyakan saran pada Gita VBPR dan Alvin Hartanto. Keduanya adalah influencer yang aktif bergelut dalam bidang olahraga, lho. Yuk belajar dari mereka!

SAMBIL MIKIR OLAHRAGA SAAT PUASA NANTI, LIHAT JUGA KOLEKSI PERLENGKAPAN OLAHRAGA DI BLIBLI.COM!

1. Jogging atau lari sore

olahraga saat puasa
Via – Jean Beaufort

Bagi kamu yang biasanya nggak berolahraga rutin, namun ingin sekali berolahraga saat puasa, baik Gita maupun Alvin menyarankan agar kamu memulainya dengan olahraga ringan seperti jogging atau treadmill. Tapi ingat ya, kamu pun harus mampu mengukur daya tahanmu. Jangan sampai kelelahan dan mengganggu ibadah puasa nantinya.

Untuk menyiasati dehidrasi yang berlebihan, Gita memiliki trik tersendiri nih. Supaya nggak terasa, Gita menyarankan untuk melakukan lari pada sore hari menjelang buka puasa sekaligus ngabuburit. Jadi selesai lari dan lelah, kamu bisa langsung minum pas Maghrib deh!

BIAR NGGAK CEDERA, JANGAN LUPA PAKAI SEPATU LARI YANG NYAMAN, YA!

2. Senam zumba atau aerobik

olahraga saat puasa
Via – Seo

Senam adalah salah satu alternatif olahraga saat puasa yang disarankan. Menurut Gita, senam aerobik ataupun zumba sudah sangat cukup untuk menjaga kebugaran kamu saat puasa. Kalau kamu suka olahraga yang menghasilkan banyak keringat, senam zumba atau aerobik itu sangat disarankan oleh Gita!

Agar gerakan dan durasi terukur baik, Alvin menyarankan untuk mengikuti video senam yang sudah ada di YouTube. Dan jangan meremehkan, meskipun terlihat biasa, senam zumba ataupun aerobik itu sangat efektif untuk program diet dan melatih pernapasan. Bahkan, karena gerakannya yang membuat seluruh tubuh bekerja, olahraga satu ini diyakini mampu mengencangkan otot tubuh secara sempurna.

BIAR OLAHRAGANYA NYAMAN, PAKAI OUTFIT YANG NYAMAN DARI ADIDAS DULU, YUK!

3. Olahraga HIIT atau high intensity interval training

olahraga saat puasa
Via – Story Block

HIIT adalah salah satu jenis olahraga yang mengmbinasikan beberapa gerakan dalam durasi singkat, sekitar 5-20 menit. Saat ini, HIIT tengah digandrungi karena dapat membakar kalori dan lemak dalam waktu singkat, namun nggak memerlukan alat-alat khusus.

Contoh gerakan HIIT yang Gita sarankan untuk rutinitas olahraga saat puasa adalah jumping jack. Selain itu, ada pula gerakan plank yaitu posisi menahan berat badan dengan posisi seperti push up namun lengan ditekuk membentuk sudut 90 derajat. Bagi kamu yang penasaran, kamu bisa menyimak video lengkapnya di video HOME WORKOUT a la Gita VBPR.

KEBAIKAN RAMADHAN BERSAMA NIKE, DISKON HINGGA 50% LHO!

4. Berenang

olahraga saat puasa
Via – Ajay Bhargav

Sedikit berbeda dengan Gita, Alvin justru menyarankan agar kamu berolahraga setelah berbuka puasa, yakni pada malam hari. Salah satu contoh olahraganya adalah dengan berenang. Namun jika waktu malam hari terbatas, kamu bisa menyiasatinya di saat pagi hari setelah sahur, namun belum imsak (untuk mencegah air masuk dan membatalkan puasa).

Tetap harus diperhatikan, bahwa kamu sebaiknya mengurangi frekuensi olahraga saat puasa. Jika biasanya 2 jam atau lebih, saat puasa kurangi durasi olahraga menjadi 20-30 menit. Atau maksimal satu jam sehingga tubuh nggak terlalu lelah.

DI SINI NIH KAMU BISA MENDAPATKAN PERLENGKAPAN OLAHRAGA AIR YANG SUPER LENGKAP!

5. Boxing atau workout seperti biasa

olahraga saat puasa
Via – Train with Chips

Menurut Gita, bagaimana kita berolahraga saat puasa itu tergantung juga pada sejauh apa seorang kamu menekuni dunia olahraga. Jika kamu fitness addict dan bentuk badan sudah jadi, olahraga seperti boxing atau rutinitas workout seperti biasa pun nggak akan jadi masalah.

Hanya saja, pada saat puasa sebaiknya disesuaikan dengan hanya melakukannya 2-3 kali seminggu. Dan itu sudah cukup sekali, kok! Untuk mengimbangi olahraga, jangan lupa juga dengan istirahat yang cukup. Kata Alvin, “jangan sampai sibuk memikirkan olahraga, namun istirahat kurang. Justru malah nanti nggak sehat, Bro!”

RAMADHAN FAIR SPORT! DISKON MENGGILA UNTUK SEMUA MEREK!


Itulah beberapa contoh bentuk olahraga saat puasa agar badanmu tetap fit dan bugar meskipun sedang menjalankan ibadah. Nggak sesusah yang dipikirkan, bukan?

Oh iya, biar semangat, sesuaikan dan lengkapi outfit serta perlengkapan olahragamu. Apalagi kalau ada sport clearance hingga 70% OFF di Blibli.com. Mau? Buruan cek #BlibliSekarang!

INI NIH DAFTAR ITEM YANG BISA KAMU BORONG DI SESI SPORT CLEARANCE BLIBLI.COM!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY