[Slideshow] Mau Dobel Sehatnya? Cobain 8 Olahraga Kombinasi Ini, Yuk!

olahraga kombinasi

Gaya hidup sehat udah jadi kebutuhan manusia modern di sela kesibukan yang membebani. Salah satu cara terampuh untuk mendapatkan hidup yang sehat adalah dengan berolahraga. Namun, lagi-lagi nggak semua orang punya waktu untuk berolahraga lama! Jangan takut, dengan melakukan olahraga kombinasi di bawah ini, kamu nggak perlu lagi takut olahragamu nggak maksimal, karena sehatnya dobel!

1. Zumba buat yang suka dansa

Via - sillhoutedonna

Olahraga kombinasi tari dan senam ini memang udah hitz banget dari awal dekade. Gerakan-gerakan zumba itu menyenangkan dan bervariasi. Selain di atas matras atau kursi, ada juga aqua zumba yang lagi populer banget karena serunya bergerak dalam air!

Kedua, tentu manfaat dari kombinasi 30% senam dan 70% dansa ini hebat banget. Dalam 1 jam, kamu bisa mengeluarkan sesedikitnya 450 kalori dan merontokkan lemak dalam tubuh. Stamina, massa otot, kepadatan tulang, bahkan peredaran darah pun akan membaik!

2. Piloxing, olahraga lembut-lembut kasar

Via - aufeminin

Mungkin kamu belum familiar dengan piloxing alias pilates dan boxing, tapi kamu harus cobain ini. Pada dasarnya, piloxing mirip dengan zumba yang memadukan tarian dan senam. Tapi, piloxing memliki intensitas gerakan yang lebih tinggi dan waktu yang lebih lama daripada zumba. Makanya, kalori yang dikeluarkan akan lebih banyak daripada zumba. Buat kamu yang ingin mengencangkan perut dan lengan, piloxing bisa jadi pilihan terbaikmu. Biar makin maksimal, gunakan sarung tangan tinjunya, yuk!

3. Adu otot dan otak dengan chess boxing

Via - Al Jazeera

Yup! Kamu nggak salah baca, kok. Pertandingan chess boxing ini dilakukan selama 11 ronde selang-seling antara 4 menit permainan catur dan 2 menit tinju. Para pemain juga bisa mengambil waktu istirahat selama 1 menit setelah juri menyudahi ronde. Di sini, kamu dituntut untuk berolahraga otak dan fisik.

Kalau otakmu udah nggak sanggup memikirkan jalan keluar, tinju jadi solusinya! Kalau hingga ronde selesai, tapi masih seri, pemain dengan biduk hitam yang akan dimenangkan. Kejuaraannya udah sampai tingkat internasional, lho! Minat?

4. Polo air, sambil berenang main bola

Via - NBC Olympics

Di sekolah, pasti pernah main bola tangan, kan? Nah, olahraga kombinasi yang satu ini, sih mainnya di dalam air. Tim mana pun yang berhasil lebih banyak memasukkan bola ke dalam gang lawan yang akan menang. Jangan lupa lengkapi dirimu dengan pelindung kepala khusus agar nggak cedera.

Di samping kerja sama tim, kamu juga harus menguasai teknik gaya renang, seperti gaya bebas, gaya samping, gaya dada, dan gaya punggung. Seger dan menyenangkan banget, tuh, main pas lagi panas-panasnya! Jangan lupa oleskan tabir surya sebelum bermain, ya!

5. Spinning with dumbbell

Via - PopSugar

Biarpun nggak bisa keluar rumah, kamu tetap bisa berlatih sepeda, kok. Ya, pakai sepeda statis! Tapi kalau kaki bergerak, kan tangan nggak ngapa-ngapain tuh, jadi kamu bisa pakai dumbbell atau barang lainnya yang punya beban ringan. Tentu selain mengencangkan otot kaki, perut, dan tangan, olahraga kombinasi ini juga akan melancarkan peredaran darah, melepaskan stres, dan memperbaiki postur tubuh.

6. Sepak takraw, favoritnya anak muda

Via - emaze

Tahu nggak, permainan sepak takraw udah dikenal sejak zaman Melayu Kuno, lho! Olahraga kombinasi ini merupakan gabungan dari permainan sepak bola dan bola voli. Akan tetapi, permainan sepak takraw dilakukan di lapangan ganda bulutangkis. Kurang kombinasi apa lagi tuh?

Bola yang digunakan terbuat dari rotan dan tidak boleh disentuh menggunakan tangan. Selain itu, peraturan yang digunakan adalah peraturan bola voli. Jadi, kamu bersama tim harus menendang bola rotan itu ke lapangan lawan dengan maksimal 3 kali sentuhan berturut-turut.

7. Barre, olahraga kombinasi elegan dengan beban

Via - Cool Mom Picks

Tampaknya dunia seni mulai memikat para pencinta olahraga. Sekarang giliran tarian balet yang dikombinasikan dengan yoga. Di samping itu, olahraga kombinasi yang dijuluki barre ini juga melibatkan angkat beban, lho, entah menggunakan dumbbell atau bola karet. Layaknya berlatih balet, kamu memerlukan tiang pegangan dan cermin untuk melatih keseimbangan dan berpikir fokus. Manfaatnya, kamu bisa melancarkan metabolisme, mengencangkan otot inti, dan tentunya menjaga kebugaran badan dan pikiran. Cobain deh gerakan fleksibel, tangguh, dan anggun dari barre!

8. TRX

Via - DKIT Sports

Mengandalkan beban tubuh sendiri, olahraga kombinasi ini akan memungkinkan kamu melakukan gerakan-gerakan yang nggak biasa sehingga otot-otot akan lebih kuat dan cepat tanggap. Kamu akan merasakan sensasi berlatih menggunakan seluruh badan dan ke seluruh arah.

Yang menjadi tumpuan latihan TRX adalah tangan dan kaki. Dijamin kamu akan semakin merasa tertantang dan puas terhadap hasil latihanmu sendiri!

Olahraga kombinasi mana sih yang paling menarik minatmu? Jadi nggak ada alasan lagi jenuh olahraga dan skip agenda! Apalagi kalau sekali olahraga bisa dapat dobel manfaat.

Tambah lagi, semua peralatan yang kamu butuhkan bisa kamu sediakan sendiri di rumah. Tinggal berkunjung ke laman Blibli.com dan belanja keperluanmu sekarang! Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Di samping tubuh yang sehat juga ada mall online yang menyediakan semua kebutuhan olahragamu!

9. - May 17, 2019