7 Obat Penurun Panas untuk Anak. Yuk Cek!

Sep 15, 2021.By
Bagikan
Foto: Sumber Image

Obat Penurun Panas untuk Anak – Panas atau demam bisa terjadi pada siapa saja, tapi tentunya anak-anak lebih rentan dan lebih sering terserang panas dan demam. Alasannya adalah anak-anak cenderung memiliki daya tahan yang lebih rendah dibandingkan orang dewasa.

Sebenarnya, demam pada anak bisa berarti baik. Ini artinya daya tahan tubuhnya sedang beraksi melawan infeksi. Tetapi bisa jadi panas disebabkan karena penyakit lainnya. Karena itu saat tubuh anak panas, sebaiknya tetap diperiksakan ke dokter.

Baca Juga : Rekomendasi Vitamin D untuk Jaga Imun Tubuh Saat Pandemi

____________________________

5 Penyebab Penyakit Panas

Apa saja penyebab terjadinya panas pada anak? Berikut adalah 5 di antaranya:

  1. Influenza

Influenza atau flu sering terjadi pada anak-anak. Disebabkan oleh virus pernafasan yang bisa dengan cepat menyebar dari satu orang ke orang lainnya. Anak-anak bisa tertular dari teman mainnya, di sekolah, atau orang lain yang ditemuinya. Di saat flu, biasanya suhu tubuh anak-anak akan meningkat.

  1. ISPA

Infeksi Saluran Pernapasan Atas menyerang rongga hidung dan tenggorokan. Biasanya ISPA banyak dialami anak-anak di saat musim hujan tiba. Selain itu, ISPA juga biasa terjadi pada lingkungan yang tidak bersih. Virus akan masuk melalui saluran pernapasan lewat hidung atau mulut. ISPA biasanya akan sembuh dalam 3 hingga 14 hari.

ISPA bukanlah penyakit yang membahayakan, tapi akan sangat mengganggu bagi anak-anak. Salah satu gejalanya adalah suhu tubuh meningkat dan anak-anak mengalami demam.

  1. Infeksi Saat Cedera

Image Source: shefalitayal.com

Anak-anak cenderung sangat aktif saat bermain bersama teman-temannya atau bahkan bermain sendiri di rumah. Meski sudah berhati-hati, kadang mereka tak sengaja mengalami cedera seperti jatuh. Saat jatuh, mereka bisa terluka atau mengalami pegal.

Di saat seperti ini, mereka bisa terserang panas dan demam. Untuk cedera yang nggak terlalu parah, suhu tubuh akan menurun dengan sendirinya.

  1. Infeksi Telinga

Bayi usia di bawah 3 tahun kadang mengalami infeksi telinga. Infeksi ini disebabkan oleh kuman. Bayi mengalami infeksi ini karena mereka belum punya sistem imun yang kuat untuk melawan kuman. ISPA juga bisa berpengaruh ke infeksi telinga. Selain itu, bentuk tuba eustachius yang horizontal juga bisa menjadi penyebabnya.

  1. Amandel

Anak-anak sering mengalami radang pada amandel. Hal ini sering kali disebabkan oleh konsumsi makanan dan minuman yang kurang bersih akibat jajan sembarangan. Saat amandel meradang, suhu tubuh anak akan meningkat dan menimbulkan rasa yang sedikit nggak nyaman.

7 Rekomendasi Obat Penurun Panas untuk Anak

Nggak perlu kuatir lagi. Saat suhu tubuh si kecil meningkat, ada beberapa obat yang ampuh bekerja menurunkannya. Berikut ini adalah 7 rekomendasi obat penurun panas untuk anak:

  1. Proris

Proris Ibuprofen Obat Kesehatan Anak 60 mL

Proris memiliki kandungan ibuprofen yang merupakan antiradang. Proris mengandung 100 mg ibuprofen yang akan bekerja aktif menurunkan suhu tubuh si kecil. Proris tersedia dalam kemasan botol yang berisi sirup. Obat ini cocok untuk anak-anak usia 1 hingga 12 tahun. Tentu dengan dosis yang berbeda-beda.

  1. Tempra Paracetamol

Tempra Drop Paracetamol Rasa Anggur 15 ml

Kelebihan Tempra Paracetamol adalah obat bertekstur sirup ini terbagi menurut kategori usia. Ada Tempra untuk anak usia 0 – 2 tahun dan untuk anak usia 2 – 6 tahun. Rasa Tempra Paracetamol juga nggak pahit, kok, Blibli Friends! Jadi, sebagai orang tua kamu nggak akan kesusahan buat membujuk si kecil minum obat.

Obat ini bisa digunakan saat suhu tubuh si kecil meningkat yang disebabkan oleh berbagai hal. Misalnya setelah imunisasi. Tentu saja harus sesuai dengan dosis yang berlaku. Bila setelah 2 hari suhu tubuh si kecil belum menurun, sangat dianjurkan untuk menghubungi dokter.

  1. Termorex Paracetamol

TERMOREX Paracetamol Botol 60 mL

Buat anak-anak usia 1 hingga 2 tahun yang mengalami panas, Termorex Paracetamol sering dianjurkan. Obat satu ini ampuh banget buat nurunin panas si kecil, selain itu Termorex juga dibanderol dengan harga yang murah banget, Blibli Friends.

Termorex memiliki kandungan paracetamol yang berfungsi untuk menurunkan panas dan demam. Dosis yang digunakan pada Termorex sangat tepat untuk anak usia 1 – 2 tahun. Sehingga bisa langsung bekerja menurunkan panas pada si kecil. Tapi ada baiknya, buat kamu ajak si kecil istirahat supaya obat bisa bekerja lebih maksimal.

  1. Farsifen Ibuprofen

FARSIFEN SUSPENSI IFARS 60 ML IBUPROFEN PEREDA NYERI SAKIT GIGI DEMAM PADA ANAK

Obat ini cocok dikonsumsi untuk anak usia 1 hingga 12 tahun. Kandungan ibuprofen di dalam Farsifen sangat ampuh untuk menurunkan panas tubuh, meredakan sakit gigi dan nyeri. Farsifen baik dikonsumsi setelah makan. Untuk anak-anak dengan berat badan di bawah normal, sebaiknya konsultasi dengan dokter terlebih dulu sebelum mengkonsumsinya.

Farsifen disarankan dikonsumsi selama 2 hingga 5 hari saja. Kalau kamu menemui panas si kecil yang nggak kunjung menurun, ada baiknya, Blibli Friends, cepat membawa si kecil ke dokter. Selain itu, langsung hentikan konsumsi obat, jika kamu menemui adanya alergi di tubuh si kecil.

  1. Hufagripp TMP

Bagikan Hufagripp Sirup TMP Obat Turun Panas Anak Merah 60 mL

Hufagripp TMP cocok dikonsumsi oleh anak usia 1 hingga 12 tahun. Obat bertekstur sirup ini memiliki kandungan ibuprofen. Obat ini baik untuk menurunkan panas serta meredakan rasa nyeri ringan yang diakibatkan oleh sakit gigi atau sakit kepala.

Penggunaan Hufagripp sudah disesuaikan dosisnya menurut tingkatan usia si kecil. Kita juga bisa menyesuaikan dosisnya dengan suhu tubuh si kecil. Hufagripp mudah didapatkan di berbagai apotek terdekat dengan harga yang terjangkau.

  1. Bufect

Bufect Forte Sirup Suplemen Kesehatan 50 mL

Obat yang tersedia dalam kemasan botol ukuran 60 ml ini cocok digunakan untuk anak berusia 3 hingga 12 tahun. Kandungannya diformulasikan untuk menurunkan suhu tubuh yang nggak normal, serta untuk meredakan nyeri ringan yang diakibatkan oleh sakit kepala dan sakit gigi.

Dalam 5 ml Bufect mengandung ibuprofen. Selain untuk anak-anak, obat ini juga bisa dikonsumsi oleh orang dewasa, tentu dengan dosis yang berbeda. Untuk anak usia 3 – 7 tahun, dosisnya adalah 2.5 ml. Sementara untuk anak usia 8 – 12 tahun dan untuk dewasa, dosisnya adalah 5 ml.

  1. Panadol Anak

Panadol Anak Anak Paracetamol 1 6 Tahun 30 ml

Untuk anak usia 1 hingga 6 tahun yang mengalami panas dan demam, Anda bisa memberikannya Panadol Anak. Obat ini mengandung paracetamol yang berfungsi untuk menurunkan suhu tubuh. Obat ini juga bisa meredakan nyeri ringan.

Obat ini tersedia dalam rasa rasberi yang disukai anak-anak, jadi bakal gampang banget membujuk si kecil buat minum obat. Selain itu, sirup ini juga nggak mengandung alkohol, jadi sangat aman dikonsumsi untuk anak.

Untuk cara mengkonsumsinya bisa langsung dengan sendok. Bisa juga dilarutkan dulu ke dalam air, khusus buat anak-anak yang belum terbiasa dengan rasa obat yang terlalu strong.

Pemberian obat ini tentu saja harus sesuai dengan dosis yang ditentukan untuk menghindari over dosis dan alergi bagi si kecil. Jika setelah 5 hari suhu tubuh nggak mengalami penurunan, maka sebaiknya langsung berkonsultasi dengan dokter ya, Blibli Friends.

____________________________

Baca Juga : Pilih Masker yang Aman dan Nyaman Biar Anak Gak Pengap

Selain dengan obat penurun panas, kamu bisa menggunakan kompres untuk membantu menurunkan suhu tubuhnya. Kamu bisa banget  mendapatkan obat penurun panas anak berkualitas di Blibli. Di sini, kamu akan mendapatkan pilihan produk yang variatif dengan harga sesuai kantong. Yuk, cek koleksi kompres anak di Blibli sekarang juga.

TEMUKAN BERBAGAI OBAT PENURUN PANAS DI SINI

Tag:
Apa Yang Kamu Fikirkan?
0
0
0
0
0
0
0
0
0 Komentar

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel