Simak Obat Kutu Kucing untuk Kebersihan Kucingmu

obat kutu kucing

Bulu kucing yang lebat terkadang mengalami beberapa masalah karena cuaca di Indonesia maupun lingkungan. Salah satu penyebab masalah kulit pada kucing adalah kutu atau tungau. Kutu atau tungau ini bisa diatasi dengan obat kutu kucing yang tepat. Sebelum itu, simak yuk ulasan lengkap tentang penyakit kutu pada kucing berikut. 


Baca juga: 10 List Harga Makanan Kucing Terbaik

Apa Itu Penyakit Kutu pada Kucing?

obat kutu jamurKutu pada kucing adalah salah satu masalah yang paling umum dialami oleh pemilik hewan berbulu lucu, yakni kucing. Kucing yang dihinggapi kutu biasanya sering garuk-garuk badan karena merasa nggak nyaman. Bila dibiarkan, kutu yang ada di kucing itu bahkan menggigit kulit manusia dan bisa menyebabkan gatal-gatal yang cukup parah. 

Biasanya, kucing yang tinggal di rumah memiliki resiko lebih rendah mendapatkan kutu dibandingkan dengan kucing yang bebas berkeliaran di luar rumah. Tapi, itu nggak berarti nggak mungkin, ya. Ketika seekor kutu kucing saja masuk ke rumah, maka kutu itu bisa hinggap dan berkembang biak di tubuh kucing dengan bebas. Beberapa jenis kutu menghisap darah, minyak alami kucing, dan beberapa jenis lainnya menggigiti kulit. Tanda kucing terkena kutu adalah adanya benjolan kecil, kudis, atau koreng di sepanjang leher atau punggung. 

Bahaya Penyakit Kutu pada Kucing

Image Source: 99.co

Efek penyakit kutu pada kucing bisa sangat beragam. Akan tetapi, efek yang pasti adalah kucing bisa gatal-gatal dan nggak nyaman. Lalu, kalau dibiarkan, kutu bisa sampai menginfeksi kulit dan menyebabkan bulu kucing menjadi rontok. Beberapa jenis kutu atau tungau pada kucing juga mengakibatkan tumbuhnya jamur yang tentunya bisa menyebabkan penyakit menular pada kucing lain maupun manusia.

Jenis kutu kucing yang paling umum pada kucing juga bisa menggigiti kulit manusia. Efeknya tentunya nggak baik ya Blibli Friends. Ada beberapa efek gigitan kutu kucing pada manusia mulai dari gatal-gatal hingga infeksi yang serius. Gatal yang ditimbulkan oleh kutu kucing ini berbeda dengan gigitan nyamuk, lho. Kamu akan bisa merasakan betapa gatal itu sangat nyelekit dan nggak bisa hilang. Untuk mengatasinya, bahkan perlu salep gatal khusus. 

Efek infeksi yang parah bisa membuat seseorang demam, kelenjar getah bening bengkak selama beberapa minggu, hingga timbul bekas luka tempat di tempat gigitan kutu.

Sebab Kutu Menyerang Kucing

Image Source: meongers.com

Ada beberapa penyebab kutu menyerang kucing. Penyebab yang paling jarang terjadi adalah karena perantara manusia. Kalau seseorang memiliki kutu pada rambut, maka kutu rambut tersebut juga bisa berkembang biak pada bulu kucing. Nggak hanya itu, manusia juga memungkinkan membawa kutu kucing lain dari luar tetapi kasus ini sangat jarang terjadi. 

Kasus yang cukup umum adalah karena perantara hewan pengerat atau tikus. Tikus adalah salah satu buruan favorit kucing. Kalau kucingmu gemar berburu tikus, kamu perlu waspada dengan hadirnya kutu.

Selain dari manusia dan hewan pengerat, kucing juga lebih rentan terkena kutu ketika dibawa ke luar rumah terutama ke dokter hewan. Ketika berkunjung ke dokter hewan, anabulmu tentu akan bertemu dengan banyak kucing dan hewan lain, baik yang sehat, sakit, bersih, hingga yang berkutu. Hal itu nggak mungkin bisa dihindari. Untuk itu, pastikan kamu memahami cara menghilangkan kutu kucing sendiri dan nggak mengandalkan perawatan dari dokter hewan saja. 

Jenis-jenis kutu pada kucing

Sebelum mencari penawar atau obat untuk kutu kucing, kamu perlu tahu ada beberapa jenis kutu yang menyerang peliharaan kesayanganmu di bawah ini.  

  1. Ctenophalides Felis

kutu kucing
Image Source: petmd.com

Jenis kutu yang pertama ini adalah jenis kutu atau pinjal kucing yang paling umum. Nggak hanya nyerang kucing, jenis kutu ini bisa juga nyerang hewan peliharaan atau malah hewan ternak lainnya. Pinjal kucing betina bisa bertelur hingga 25 telur per hari dalam kondisi normal. Siklus hidupnya bisa bertahan hingga satu tahun. Jenis ini bisa dilihat dengan mata telanjang karena berukuran sebesar semut. 

2. Ear mites

Image Source: moxiclear.com.au

Jenis yang kedua ini sering juga disebut dengan Otodectes Cynotis atau ear mites. Dari namanya itu rasanya sudah bisa diketahui di mana kutu ini tinggal. Ya, ear mites adalah kutu yang tinggal di saluran telinga kucing dan penyebab masalah pada telinganya. Biasanya, kucing akan menggaruknya tanpa henti dan menggelengkan kepala seolah ingin “melepaskan” sesuatu dari telinganya. Kutu ini bisa menyerap minyak alami pada telinga yang tentunya bisa menimbulkan masalah. 

3. Lice

Image Source: halodoc.com

Jenis kutu lainnya adalah lice yang ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan jenis pertama. Lice bisa menempel dengan kuat di bulu kucing dan mirip dengan debu. Kalau kamu merasa anabul terlihat kusam dan ada kotoran yang bergerak, berarti kucingmu lagi terkena kutu jenis lice ini. 

4. Tungau Sarcoptes Scabiei

Image Source: klikdokter.com

Berbeda dengan jenis sebelumnya, jenis kutu atau tungau yang satu ini nggak bisa dilihat dengan mata telanjang. Kalau dilihat dengan mikroskop sarcoptes scabiei memiliki warna terang. Meskipun memiliki ukuran sangat mini, tungau ini cukup berbahaya karena bisa menyebabkan penyakit kulit cukup parah yang bisa kamu sebut dengan scabies. Jenis penyakit kulit ini bahkan bisa dengan mudah menulari kucing dan manusia. 

5. Tungau Demodex

Image Source: intisari.grid.id

Dibandingkan dengan jenis lainnya, tungau demodex merupakan jenis tungau yang paling jarang ditemui. Kutu jenis ini nggak mudah menular dan nggak terlalu umum menyerang kucing. Bentuk tungau ini seperti cerutu dan tinggal pada folikel bulu kucing yang sehat. Biasanya, kutu ini datang ketika populasi kutu terlalu banyak dan kekebalan kucing menurun. 

6. Felicola Subrotratus Molophaga

Image Source: okdogi.com

Kutu jenis ini adalah kutu yang hanya mengunyah kulit dan seringkali hinggap di tubuh kucing. Bentuk kutu ini kecil, pilihan dan tanpa sayap. Felicola Subrotratus Molophaga merupakan jenis kutu yang memiliki inang spesifik dan nggak akan meninggalkan tubuh inangnya dalam satu siklus hidup. 

7. Felicola Subrotratus Anoplura

obat kutu kucing
Image Source: Facebook/@Cat Exzellenz

Masih satu keluarga dengan jenis sebelumnya, kutu yang satu ini hidup dengan menghisap darah kucing. Bentuk kutu ini mirip dengan jenis sebelumnya dan juga memiliki siklus hidup yang nggak berbeda jauh.

8. Trombicula Autumnalis

Image Source: pinterest

Jenis kutu kucing yang satu ini lebih umum ditemukan pada kucing yang hidup di negara empat musim. Biasanya, kutu mulai menyerang pada musim panen, yakni musim panas dan awal musim gugur. Nggak heran jika kutu ini juga disebut dengan kutu panen. 

9. Tungau Cheyletiella

Image Source: antitickspray.blogspot.com

Kutu yang satu ini adalah salah satu penyebab rasa gatal yang juga sering disebut dengan walking dandruff atau ketombe berjalan. Karena sifatnya yang zoonosis, kutu ini bisa dengan mudah menular pada anjing maupun manusia. 

Rekomendasi Obat kutu kucing 

Obat untuk kutu kucing cukup beragam. Intip beberapa jenis obat yang direkomendasikan untuk anabul kesayanganmu ini, ya. 

  1. Bayer Advocate Cat

Advocate Obat Kutu Kucing Small up to 4 kg 3 Tube
Advocate Obat Kutu Kucing Small up to 4 kg 3 Tube

Produk yang sangat direkomendasikan berikut nggak cuma bisa membasmi kutu, tetapi bisa juga mencegahnya untuk datang kembali. Semua jenis parasit mulai dari tungau, kudis, dan cacing pun bisa musnah. Obat ini cocok untuk kucing dengan bobot 4 hingga 10 kiloan. Nah, kalau berminat, kamu bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari 170 hingga 300 ribuan.

2. Revolution 

Revolution For Cats 2 7 kg Selamectin Obat Kutu Kucing
Revolution For Cats 2 7 kg Selamectin Obat Kutu Kucing

Di antara banyak jenis obat, jenis ini adalah jenis yang paling direkomendasikan. Kamu bisa meneteskan di tengkuk kucing yang berumur 8 minggu ke atas atau yang sudah mencapai berat 2.5 kg. Obat ini banyak direkomendasikan karena efeknya yang cukup ampuh tetapi memiliki harga cukup terjangkau, yakni mulai dari 120 ribuan. 

3. Frontline Cat

Frontline Plus Obat Kutu Kucing 3 Tube
Frontline Plus Obat Kutu Kucing 3 Tube

Nah, obat kutu yang satu ini nggak hanya bisa membunuh kutu tetapi juga telurnya bisa dibasmi secara tuntas. Jenis frontline cukup beragam ada yang berupa spray dan juga kapsul. Kamu bisa mendapatkan obat yang satu ini mulai dari harga 110 ribu hingga 350 ribu. 

4. Virbac Effipro Cat

Obat Kucing Virbac Effipro for Cats 1 Dus
Obat Kucing Virbac Effipro for Cats 1 Dus

Produk yang satu ini bisa membasmi caplak sekitar 2 hingga 8 mingguan. Selain itu, obat ini juga mampu untuk membasmi tungau telinga atau ear mites dan scabies pada hewan peliharaanmu. Harga dari satu dus obat ini mencapai 400 ribuan tetapi memiliki efek yang sangat baik.

5. Detick

Obat Kutu Detick Anjing Kucing Dog Cat 1 Pcs
Obat Kutu Detick Anjing Kucing Dog Cat 1 Pcs

Di antara jenis obat kutu lainnya, Detick merupakan jenis obat yang cukup terjangkau. Obat kutu tetes ini dibanderol dengan harga 20 ribuan untuk satu botol ukuran 1 mili. Cukup meneteskan di daerah tengkuk supaya nggak terjilat, ya. 

6. UltraGuard Rid Flea & Tick Shampoo

Shampoo Kutu Anjing Hartz Ultra Guard Rid Flea Oatmeal Shampoo
Shampoo Kutu Anjing Hartz Ultra Guard Rid Flea Oatmeal Shampoo

Obat kutu yang satu ini berbentuk sampo. Umumnya, jenis yang satu ini tersedia di pet shop. Keunggulan sampo ini adalah wangi padang rumput yang segar. Kamu bisa mengaplikasikan sampo pada kucing yang sudah berusia 12 minggu ke atas. Harga sampo ini berkisar sekitar 140 ribuan untuk ukuran 237 ml.

7. Ultraguard Kalung Kutu

HARTZ Kalung Kutu Kucing Ultraguard Cat Collar PURPLE
HARTZ Kalung Kutu Kucing Ultraguard Cat Collar PURPLE

Jenis yang satu ini cukup unik karena berbentuk layaknya kalung. Kamu nggak usah repot-repot untuk mengoleskannya atau nggak perlu takut terjilat karena cukup memasangkannya pada anabul kesayangan. Dapatkan pembasmi kutu jenis kalung ini mulai dari harga 120 ribuan. 

8. Doris

Doris Bedak Pembasmi Kutu Anjing 100 g
Doris Bedak Pembasmi Kutu Anjing 100 g

Obat kutu berikutnya berbentuk bedak. Kamu bisa membasmi kutu kucing apabila rutin menaburkan bedak pada kucing. Agar hasil maksimal, kombinasikan dengan sambi antikutu. Harga bedak kutu ini cukup murah, yakni sekitar 20 ribuan kamu sudah bisa membawa pulang lho Blibli Friends.

9. Dor 

Dor Anti Kutu Kucing Obat Kutu Sachet Kucing
Dor Anti Kutu Kucing Obat Kutu Sachet Kucing

Obat berikutnya adalah obat lokal yang berupa spray racikan. Harganya yang super murah cocok untuk kamu yang mencari obat murah tetapi berkualitas. Untuk memakainya, campurkan satu bungkus dor dengan 1 liter air dan sampo. Lalu, semprotkan pada seluruh badan kucing dengan merata. Dapatkan obat ini mulai dari harga 3ribuan.

10. Fresh Smooth Flea and Tic

Parfum Hewan Lembut Anti Kutu
Parfum Hewan Lembut Anti Kutu

Yang terakhir juga termasuk obat kutu spray. Dengan parfum rumput segar, kamu bisa mendapatkan obat ini mulai dari harga 6 ribuan. Murah sekali, kan?


Baca juga: 10 Rekomendasi Kandang Kucing Nyaman dan Aman

Nah, itulah beberapa ulasan lengkap mengenai masalah kutu pada kucing hingga obatnya. Kalau anabul kesayanganmu mengalami masalah yang sama, cobalah untuk mendapatkan obat terbaik di toko online terlengkap, yakni Blibli! Ketika sedang ada promo, kamu bisa dapat beragam obat kutu kucing dengan harga diskon, lho. 

Dapatkan Berbagai Obat Kutu Kucing Terbaik Hanya di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY