me

Obat Biduran untuk Anak yang Bisa Kamu Stok di Rumah

May 17, 2022.By Ruth
Bagikan

image source: www.istockphoto.com

Obat Biduran untuk Anak- Sering dialami anak-anak, biduran adalah reaksi di kulit berupa munculnya kemerahan di kulit hingga tumbuh bentol-bentol. Biduran bisa terasa mengganggu bagi si kecil karena gatal-gatal. Pada umumnya anak-anak sulit menahan diri untuk nggak menggaruk. Akibat kulit sering digaruk, maka rasanya bisa beralih jadi perih hingga sakit yang menyengat.

Biduran pada anak bisa terjadi selama beberapa jam saja, tapi bisa juga bertahan hingga beberapa hari. Pastinya hal tersebut mengganggu aktivitas mereka. Karena itu, orang tua harus tahu obat biduran untuk anak yang terbaik untuk mengatasinya. Tapi sebelumnya, cari tahu ciri-ciri dan penyebab biduran pada anak dulu yuk. Jadi kita bisa mencoba menghindari dan mengobatinya dengan baik ke depannya.

BACA JUGA: Vitamin untuk Otot yang Bikin Kamu Tambah Kuat


Ciri-ciri Biduran

Urtikaria adalah istilah medis untuk biduran. Ciri-ciri biduran pada anak adalah:

  • Ruam berwarna merah di kulit, tapi bisa juga berwarna putih
  • Terasa sangat gatal di area kulit yang muncul ruam
  • Bentuk ruam oval atau memanjang seperti bentuk cacing
  • Timbul bekas luka karena terlalu sering digaruk
  • Kulit yang terkena ruam bisa hanya di satu area saja, tapi bisa juga menyebar.

Ini adalah ciri biduran yang bisa muncul sekali saja pada si kecil, ada juga yang bisa kambuh hingga beberapa kali. Ada anak-anak yang mengalami biduran selama beberapa bulan, bahkan hingga beberapa tahun. Munculnya nggak setiap saat, kadang sembuh lalu muncul lagi. Lalu apa sih sebenarnya yang menyebabkan biduran muncul di kulit anak?

Penyebab Biduran pada Anak

Biduran munculnya tiba-tiba saja. Dari kulit si kecil yang baik-baik saja tiba-tiba jadi gatal. Penyebab utama biduran adalah karena reaksi alergi terhadap sesuatu. Apa yang menyebabkan alergi pada anak? Tentu jawabannya berbeda-beda, karena tiap anak punya alergi terhadap hal yang berbeda. Tapi biasanya alergi disebabkan karena 2 hal yaitu makanan dan obat.

Munculnya biduran di kulit si kecil sebenarnya adalah respons dari sistem kekebalan tubuh dari hal yang dianggap beracun bagi tubuh mereka. Ada yang hanya kemerahan saja, ada juga yang sampai agak membengkak membentuk oval. Ini diakibatkan karena kadar senyawa kimia bernama histamin yang tinggi dan dilepaskan di lapisan bawah kulit, lalu membengkak.

Selain karena alergi makanan atau obat-obatan, biduran juga bisa disebabkan karena cuaca yang panas. Gigitan serangga juga bisa menyebabkan biduran. Ini memang bukan penyakit yang berbahaya, tapi jelas mengganggu dan bikin si kecil nggak nyaman. Kalau dibiarkan digaruk, bisa meninggalkan bekas luka yang perih dan mengganggu. Jadi yuk atasi dengan obat yang terbaik.

Obat Biduran untuk Anak

Orang tua pastinya ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anak, termasuk obat paling apuh di saat mereka mengalami gatal-gatal akibat biduran. Ini dia beberapa rekomendasi obat biduran yang bisa kamu coba:

  1. CTM 4 mg

CTM 4 Mg 12 Tablet - Obat Alergi Rhinitis Gatal Gatal dan Biduran

Seperti dijelaskan sebelumnya, biduran yang muncul bentol-bentol di kulit adalah karena pelepasan senyawa histamin di lapisan bawah kulit. Untuk mengatasinya, kamu bisa pilih CTM 4 mg isi 12 tablet yang harganya terjangkau banget, Rp 1.600 saja. CTM atau CETEME adalah obat antihistamin yang bisa digunakan untuk mengatasi alergi, rhinitis, hay fever, dan gatal akibat gigitan serangga.

CTM memiliki kandungan Chlorphenamine maleate yang bekerja secara antagonis terhadap histamin. CTM diberikan secara oral dan pada umumnya bekerja 2-3 jam setelah diminum. Obat ini bisa dikonsumsi oleh anak-anak mulai dari usia 2 tahun hingga dewasa.

Dosis untuk anak usia 2-6 tahun adalah ¼ kaplet 3-4 kali sehari. Sedangkan untuk anak usia 6-12 tahun disarankan mengonsumsinya ½ kaplet sebanyak 3-4 kali sehari. Sementara untuk orang dewasa disarankan meminum 1 kaplet sebanyak 3-4 kali sehari.

  1. Mandjur Dermaflam Snake Itch Removing Pills

Mandjur Dermaflam Snake Itch Removing Pills Obat Herbal

Lebih suka pakai obat herbal yang nggak mengandung bahan kimia? Kalau begitu salah satu pilihannya adalah Mandjur Dermaflam Snake Itch Removing Pills yang harganya Rp 34 ribuan. Terbuat dari bahan-bahan alami, obat dari Mandjur ini bisa mengatasi gatal yang diakibatkan biduran dan tinea atau infeksi jamur.

Selain itu, obat herbal ini juga bisa mengatasi rasa gatal akibat eksim dan rematik. Bisa juga untuk mengatasi penyakit pruritus, penyakit serum, membersihkan darah dan membuang racun dari dalam darah, dan mengatasi keputihan. Berbentuk kapsul, obat ini harus dikonsumsi setelah makan.

  1. Pro DT Herba

Obat Campak, Biduran, Gatal-Gatal Herbal - Pro DT Herba Original BPOM 300 gr

Pilihan obat herbal lainnya adalah Pro DT Herba ukuran 300 gram yang dipasarkan seharga Rp 175 ribuan. Obat ini mengandung bakteri asam laktat Lactobacillus dan Lactococcus, serta bakteri asam asetat berupa Komagataeibacter, Glucanobacter dan Acetobacter yang baik untuk mengatasi gatal pada kulit. Kandungan lainnya adalah temulawak dan daun pepaya.

Beberapa manfaat Pro DT Herbal selain mengatasi gatal akibat biduran adalah mengobati campak. Obat ini juga mampu membantu mengatasi panas dan demam, mengatasi maag, melancarkan BAB, mengurangi tekanan darah tinggi, hingga meningkatkan daya tahan tubuh. Bentuknya berupa obat cair yang lebih mudah dikonsumsi.

  1. Exclear De Nature

EXCLEAR DE NATURE (SALEP)

Butuh obat luar untuk dioleskan ke area yang gatal akibat biduran? Kamu bisa coba Exclear De Nature, salep obat gatal yang dibanderol seharga Rp 100 ribuan. Salep ini sudah mendapat sertifikasi halal dari MUI dan izin dari BPOM, jadi jelas aman untuk digunakan.

Salep Exclear De Nature sangat ampuh untuk mengatasi gatal akibat biduran. Selain itu, bisa juga untuk mengatasi gatal akibat eksim basah maupun kering, korengan, cacar air, kadas, kudis, kurap, kutu air, psoriasis, dan akibat alergi maupun penyebab lainnya. Salep ini terbuat dari berbagai bahan herbal yang aman digunakan, tanpa efek samping.

  1. Borobudur Herbal Bersida

Borobudur Herbal Bersida Obat Tradisional (100 Pil)

Selanjutnya ada obat tradisional, Borobudur Herbal Bersida kemasan 100 pil yang harganya Rp 22 ribuan. Obat ini berkhasiat membersihkan darah kotor sehingga mampu membersihkan kulit dari berbagai masalah. Di antaranya adalah biduran, jerawat, dan bercak merah. Nggak mengandung bahan kimia tapi tetap diproses dengan mesin ekstraksi berteknologi tinggi dari Jerman.

Borobudur Herbal Bersida mengandung temulawak, sambiloto, brotowali, pegagan, dan kayu secang. Bahan-bahan tradisional yang alami ini ampuh meredakan gatal. Selain itu juga berkhasiat untuk merangsang sistem imunitas tubuh, menambah nafsu makan, melancarkan peredaran darah, obat luka, membersihkan darah, hingga sebagai penawar racun.


BACA JUGA: Vitamin untuk Imun Tubuh yang Bagus

Jangan biarkan si kecil menderita rasa gatal dan nyeri yang berkepanjangan karena biduran. Apa pun penyebabnya, pastikan kamu siap dengan obat biduran terbaik yang bisa didapat di Blibli. Pilihannya beragam, mulai dari obat yang diminum dan yang dioleskan. Pilih yang paling cocok untuk anak di Blibli, kualitas dan keaslian obat jelas terjamin! Transaksinya aman dan ada promonya juga.

Tag: