Nostalgia 5 Jajanan SD yang Bikin Kangen

Photo via indonesiakaya.com

Pak, pernah gak sih tiba-tiba ngebayangin masa pas masih muda? Itu tuh… pas bapak lagi ngerasa ganteng banget trus deketin istri pas jaman sekolah dulu. Salah satu yang paling diinget dulu tuh pas momen pulang bareng sambil beli es goyang yang coklatnya meleber.

Behhh… emang bener dah jajanan jaman SD tuh gak ada yang ngalahin. Saking enaknya, sampe bapak udah gede aja masih sering iseng beli jajanan pas lagi nunggu anak pulang sekolah. Bener kagak? Nah, buat ngelengkapin momen nostalgia, nih saya kasih tau jajanan SD jadul yang sampe sekarang gak bakal bisa dilupain.

  1. Rambut Nenek

Jajanan manis ini punya nama yang beda, ada yang nyebut rambut nenek, gulali, atau arumanis. Makanan yang dibuat dari bahan dasar gula ini disajiin sama kerupuk yang bentuknya bulet. Biasanya, rambut nenek diiderin sambil digendong keliling pake wadah bentuk balok bahan kaleng.

  1. Permen Gulali

Permen jadul yang bahan dasarnya gula ini biasa dikasih kental manis coklat di sekelilingnya. Yang jual permen gulali kudu terampil buat ngebentuk permen yang menarik dan bikin anak-anak tertarik, kayak bunga, binatang, dan lain-lain.

  1. Es Goyang

Es goyang termasuk es tradisional yang unik banget cara buatnya. Gerobak es digoyang sampe bahan esnya dingin, trus siap buat dicelup ke dalem cokelat cair biar nambahin manisnya.

  1. Es Potong

Gak cuma es goyang, es potong juga jadi jajanan favorit pas jaman sekolah dulu. Udah harganya murah banget cuma Rp500, trus bisa pilih rasa apa aja. Buat nambah rasanya bisa nyelupin es potong ke lumeran coklat. Segerrrrr…

  1. Kue Sarang Laba-Laba

Kue manis yang punya tekstur kering ini juga banyak yang demen. Bahan dasarnya tepung terigu, trus ada manis-manisnya juga. Makanya bikin kue ini cocok buat dicemilin. Sampe sekarang, kue ini masih sering banget ditemuin di abang-abang yang mangkal depan SD.

Nah, itu jajanan SD jadul tadi bisa buat nostalgia bareng istri. Wah kalo inget jaman sekolah dulu emang seru banget ya. Nyamperin istri ke kelas pas kelar sekolah, trus ngajak pulang bareng. Abis itu mampir bentar jajan-jajan lucuk. So sweet… jadi senyum-senyum sendiri nih kalo inget hehe.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY