Chelsea F.C. atau yang dijuluki dengan “The Blues” adalah sebuah klub sepakbola unggulan yang berkompetisi di Liga Utama Inggris atau Premiere League.

Bermarkas di Fulham Road, London, Chelsea F.C didirikan pada tahun 1905. Popularitas dari klub ini kian nge-booming sejak 15 tahun terakhir, khususnya ketika Roman Abramovich, miliarder asal Rusia mengambil alih klub pada tahun 2003.

Hingga kini, Chelsea F.C. telah memenangi 5 gelar juara Liga Utama Inggris, 7 Piala FA, 4 Piala Liga, 1 trofi Liga Champions UEFA, 2 Piala Winners UEFA, 1 Liga Eropa UEFA, dan 1 Piala Super UEFA.

Pencapaian-pencapaian luar biasa tersebutlah yang akhirnya membuat Chelsea menjadi salah satu klub yang paling dominan di London, Inggris, dan bahkan dunia!

Yang unik dari para supporter adalah komitmen mereka untuk mendukung dan menghadiri pertandingan-pertandingan The Blues setiap minggu, khususnya di stadion markas, Stamford Bridge.

Mereka bukan hanya sekedar datang, nonton, terus pulang. Setidaknya, ada 5 fase yang dialami para Chelsea Fans lokal sebelum dan setelah Eden Hazard dan kawan-kawan selesai bertanding. Apa saja? Ayo simak!

1. Match day! Hari yang ditunggu-tunggu para Chelsea Fans

match-day

Via r8lst

Nggak ada yang bisa memungkiri kalau match day atau hari dimana klub favorit akan bermain, merupakan hari yang selalu dinanti-nantikan oleh para supporter.

Sejak bangun tidur, Chelsea Fans akan memancarkan aura supporter sejati. Mereka akan memilih salah satu dari sederetan baju official, dan aksesoris Chelsea F.C. yang akan dipakai di hari itu. Oh ya, mereka juga nggak lupa membawa bendera Chelsea dan mencoret cat biru di wajah.

Sambil menyantap sarapan khas Inggris (English Breakfast) yang berisi telur, sosis, kacang-kacangan, dan roti, mereka akan menonton siaran TV/YouTube yang membahas tentang kondisi The Blues, keadaan lawannya, statistik pertandingan sebelumnya, serta sejumlah prediksi hasil pertandingan. Contohnya build up show seperti ini:

Via ChelseaFansChannel

2.Setelah selesai “belajar”, saatnya pergi ke Stamford Bridge!

pergi-ke-stanford-bridge

Via Mirror

Selesai mengisi perut dan menganalisa kondisi lawan, Chelsea Fans langsung bergerak ke Stamford Bridge, biasanya 4-5 jam sebelum kick-off untuk menghindari macet. Ada beberapa alternatif kendaraan menuju ke stadion, yakni mobil, sepeda, kereta, bis, dan kapal. Situs resmi Chelsea F.C. juga menyediakan penjelasan detil mengenai rute-rute jalan tersebut.

Selama di perjalanan, supporter akan memutar radio atau podcast dan membuka media sosial untuk mencari informasi terbaru pertandingan hari itu, misalnya siapa pemain-pemain yang akan diturunkan Chelsea. Jika pergi bareng keluarga atau teman-teman, maka forum perdebatan Chelsea F.C nggak bisa dihindari.

Setelah tiba di Fulham Road, para supporter harus berjalan kaki menuju stadion karena jalan ini pasti sudah dipenuhi massa, baik pendukung Chelsea atau tim lawan. Mereka juga bisa nongkrong di pub atau cafe, dan “jajan” aksesoris klub kesayangan. Para supporter akan bernyanyi-nyanyi dan meneriak yel-yel dengan semangat, “Chelsea! Chelsea! Chelsea!”

3. Tiba di Stamford Bridge, cari bangku, dan nikmati suasananya

cari-bangku-dan-nikmati-suasana

Via Evening Standard

Setelah seru-seruan dengan sesama Chelsea Fans (bahkan beradu mulut dengan supporter lawan), mereka memasuki stadion dan cari tempat duduknya. Mereka mulai memegang spanduk dan mengibarkan bendera-bendera Chelsea, serta menyanyikan “Blue Is The Colour”.

Selagi menanti kick-off, supporter bisa melihat kesebelasan kedua tim melakukan pemanasan di lapangan. Para pemain melakukan sejumlah rutinitas, seperti stretching dan sprint.

Mendekati kick-off, para pemain kembali masuk ke ruang ganti, memakai kostum, mendapat briefing taktik oleh coach, dan satu per satu keluar ke lapangan.

Penyiar di dalam stadion akan menyebut satu per satu nama pemain, “Number 19, Diego Costa!, Number 26, John Terry!, Number 30, David Luiz!”. Di akhir setiap nama, para supporter pun akan menyaut, “Yeah!”. Setelah itu, tibalah saat yang sudah ditunggu-tunggu, kick-off dimulai!

4. This is it! Dukung The Blues dan jatuhkan mental lawan!

jatuhkan-mental-lawan

Via Thick Accent

Peluit kick-off sudah ditiupkan, kedua tim mulai bermain dan mengincar gol. Di momen-momen inilah para supporter menunjukkan passion mereka! Apabila bola di kaki lawan, keluarlah segala sorakan, dari “Boo!” hingga kalimat-kalimat cacian. Jika bola digiring pemain Chelsea, supporter akan bergemuruh bersorak memberikan semangat ke pemain agar bisa mencetak gol.

Dari gocekan  Willian, shooting Costa, save dari Courtois, hingga arahan-arahan ekspresif dari sang manager, Antonio Conte, semuanya akan direspon dengan tepuk tangan meriah. Apalagi kalau sudah mencetak gol, para supporter serentak berteriak “GOALLLLL!!!” sambil berlompat girang. Perhatikan reaksi penonton ketika Chelsea mencetak gol, di sini:

 

Selama 90 menit, para Chelsea Fans akan merasakan campur aduk emosi. Agresivitas ekspresi para penonton juga akan berlipat ganda apabila pada saat itu lawannya adalah rival-rival sekota, seperti Arsenal, Tottenham, dan West Ham. “Keep The Blue Flag Flying  High” pun terus dinyanyikan menjelang akhir pertandingan.

5. Hasil pertandingan akan mempengaruhi mood 1 minggu ke depan

mempengaruhi-mood

Via Metro

Setelah final whistle ditiupkan, apakah luapan emosi para supporter berakhir di sana? Tentu saja nggak! Reaksi supporter masih terus berlanjut hingga keluar stadion dan bahkan sampai rumah!

Jika keesokan harinya kamu melihat Chelsea Fans lebih ceria atau bermuka masam, percayalah itu ada hubungannya sama hasil pertandingan kemarin.

Keluar dari Stamford Bridge, para supporter setia Chelsea masih akan bergemuruh di sepanjang Fulham Road. Mereka akan bernyanyi ria jika Chelsea menang. Namun berdiri dengan wajah kesal nggak bisa dihindari jika kalah. Coba saja lihat cuplikan video di sini, itulah reaksi asli Chelsea Fans sejati!

Ketika Chelsea menang:

Ketika Chelsea kalah:

Sesampainya di rumah, Chelsea Fans akan mencari cuplikan-cuplikan pertandingan yang baru saja mereka tonton di internet. Menang atau kalah, mereka ingin melihat ulang permainan tim kesayangan dan mencoba mencari sisi positif dan negatif yang bisa dikembangkan untuk pertandingan selanjutnya. Terakhir, mereka akan melihat posisi Chelsea serta rival-rival di tangga klasemen dan menanti match day selanjutnya.

Kira-kira itulah aktivitas para Chelsea Fans lokal ketika ada match day di Stamford Bridge. Dari bangun hingga tidur kembali, seharian aktivitas mereka akan berputar pada Chelsea F.C. Penasaran ingin merasakan nonton langsung di Stamford Bridge seperti penduduk lokal? BISA LHO!

Nah Friends, Blibli.com bekerjasama dengan CISC (Chelsea Indonesia Supporters Club) menyediakan Paket Tour Stamford Bridge! Di paket ini, kamu bisa menonton langsung Chelsea vs Crystal Palace pada bulan Maret 2017 di Stamford Bridge.

Artinya, kamu bisa jalan dan heboh bareng Chelsea Fans di luar stadion, kemudian bersorak dan bernyanyi-nyanyi selama pertandingan.

Oh ya, ini juga menjadi kesempatan terakhir ke Stamford Bridge karena musim depan, markas Chelsea F.C. ini akan direnovasi, loh!

Selain itu kamu juga bakal tur mengelilingi berbagai tempat wisata di London dengan naik kendaraan umum bareng penduduk setempat. Feel lokalnya kena banget, deh! Ayo segera serbu tiketnya dan buktikan kalau kamu Chelsea Fans sejati!

Kamu bisa menonton cuplikan video CISC Tour Stamford Bridge 2016 di sini:

Kalau kamu penasaran dengan kesan anggota CISC yang pernah tur Stamford Bridge, kamu bisa nonton di sini:

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY