Nikmat dan Praktis, Cek 3 Resep Mudah Hidangan Berbuka Puasa Untuk Keluarga!

Setelah seharian berpuasa, momen berbuka adalah momen yang paling ditunggu oleh seluruh keluarga. Saat menyiapkan menu berbuka, rasanya kurang jika tidak ada minuman atau kudapan manis untuk mengganjal perut sebelum makan malam. Namun, tahukah Bubu mengapa kita dianjurkan mengkonsumsi makanan manis saat berbuka puasa?

Setiap makanan berkarbohidrat dapat diukur seberapa cepat karbohidrat dalam makanan tersebut diubah menjadi gula oleh tubuh manusia. Sistem pengukuran tersebut dikenal sebagai indeks glikemik. Jika saat sahur kita dianjurkan mengkonsumsi karbohidrat kompleks dan makanan-makanan dengan kandungan rendah, saat berbuka kita dianjurkan untuk mengkonsumsi jenis makanan dengan kandungan indeks glikemik agak tinggi. Hal ini bertujuan agar kadar gula yang sudah turun dapat naik secara cepat dan singkat. Nah, berikut ini tiga ide hidangan berbuka puasa yang nikmat dan dapat mengganti energi yang hilang saat berpuasa. Yuk dicoba!

  • Puding Kurma Susu

Di bulan puasa, sepertinya ada yang kurang jika belum membuat hidangan berbuka dengan signature dish Ramadan yang satu ini: kurma. Selain dimakan langsung, kurma juga bisa diolah menjadi berbagai hidangan. Salah satunya puding kurma susu.

Membuatnya mudah, kok. Bahan yang dibutuhkan: agar-agar atau bubuk puding instan, susu kental manis putih, gula pasir, air, dan kurma.

Cara memasak:

  • Pisahkan daging buah kurma dari bijinya lalu blender kurma hingga halus.
  • Campurkan agar-agar atau bubuk puding, susu, dan gula. Aduk rata.
  • Masak di atas api sedang dengan menambahkan air sedikit demi sedikit. Aduk hingga mengental.
  • Setelah mengental, matikan api lalu tuang ke dalam cetakan
  • Tunggu adonan dingin dan agak mengeras, lalu tuang kurma yang telah diblender ke dalam cetakan.
  • Biarkan dingin pada suhu ruangan lalu masukkan ke dalam kulkas.

Es Buah Pelangi

Siapa yang tidak suka menu berbuka yang manis, dingin, dan segar? Es buah pelangi bisa menjadi salah satu variasi menu berbuka keluarga yang tidak hanya nikmat tapi juga sehat. Buah sangat penting dikonsumsi, baik saat sahur maupun berbuka, karena kandungan seratnya yang baik untuk tubuh. Untuk membuat es buah pelangi, bahan-bahan yang diperlukan adalah buah mangga, pepaya, stroberi, alpukat, anggur, dan kelapa muda serut. Bubu juga dapat mengganti pilihan buah atau menambahkan agar-agar sesuai selera.

Cara Membuat:

  • Potong dadu buah-buahan dan agar-agar.
  • Campurkan semua bahan, tambahkan es batu dan susu kental manis secukupnya.

Ingin variasi es buah yang lebih super unik? Cek resep Es Buah Telur Puyuh dari Willgoz di sini!

Sandwich Goreng Isi Kornet

Jika bosan dengan menu yang manis, tak ada salahnya mencoba menu berbuka yang asin seperti sandwich goreng isi kornet ini. Menu yang satu ini cocok jika ingin berbuka dengan kudapan yang mengenyangkan. Bahan-bahan yang diperlukan: roti tawar, mentega, kornet sapi, telur, garam, dan merica putih bubuk.

Cara Membuat:

  • Oles satu sisi roti tawar dengan mentega. Lalu tambahkan kornet, ratakan.
  • Tangkupkan dengan roti tawar lainnya yang juga telah diolesi mentega.
  • Kocok telur, tambahkan garam dan merica. Masukkan roti ke dalam telur, pastikan seluruh bagian roti terendam, lalu angkat.
  • Panaskan mentega di atas penggorengan, lalu goreng roti hingga matang dan berwarna kecoklatan.

Itulah beberapa ide hidangan berbuka puasa bersama keluarga. Bahan dan cara memasaknya pun sederhana. Semua bahan bisa Bubu dapatkan di Bliblimart, ya. Selamat mencoba!

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY