Niat Puasa Ramadhan dan Artinya, Cek Lagi Yuk!

niat puasa ramadhan

Bulan suci Ramadhan tinggal beberapa hari lagi nih, Blibli Friends. Bulan Ramadhan memang jadi bulan yang penting banget bagi umat Islam. Nggak cuma kamu diwajibkan buat berpuasa selama sebulan penuh, bulan Ramadhan juga penuh akan rahmat. Semua amalan ibadah yang baik akan dapat ganjaran pahala 2 kali lipat. Selain itu, pintu ampun pun terbuka lebar-lebar buat umat Islam yang benar-benar ingin bertaubat. Puas-puasin deh berbuat baik selama bulan Ramadhan. Tapi, jangan sampai kamu lupa mengucapkan niat buat berpuasa Ramadhan, ya. Tanpa niat, ibadah puasamu jadi sia-sia. Masih belum hafal? Masih ada kok kesempatan buat menghafal niat puasa Ramadhan dan artinya berikut ini.


Baca juga: Ramadhan Sebentar Lagi, Ini 4 Tips Memilih Mukena yang Wajib Diperhatikan

Niat Puasa Ramadhan dan Artinya

niat puasa ramadhanHayo, sudahkah kamu tahu bacaan niat puasa Ramadhan dan artinya? Ini penting banget lho, Blibli Friends. Di dalam ajaran agama Islam, semua amal ibadah dinilai dari niatnya. Kalau kamu berpuasa tanpa berniat terlebih dulu, puasamu jadi nggak sah. Rugi, kan? Makanya, simak yuk bacaan niat berpuasa di bulan Ramadhan beserta artinya berikut ini:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin’ an ada’i fardhi syahri ramadhaani haadzihis sanati lillahi ta’aala

Artinya: “Aku niat berpuasa besok pagi untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala”

Kapan Niat Puasa Dilakukan?

Nah, kamu sudah tahu kan niat puasa Ramadhan dan artinya? Nggak cuma harus tahu bacaannya saja nih, Blibli Friends. Kamu juga harus tahu saat yang tepat buat mengucapkan niat berpuasa ini. Ternyata, waktu buat mengucapkan niat puasa Ramadhan ini jadi bahan perdebatan di kalangan ulama. Golongan pertama meyakini kalau ucapan niat puasa harus diucapkan di malam hari sebelum masuk waktu azan Subuh. Pendapat ini didasarkan hadist Rasulullah yang berbunyi:

“Barangsiapa yang tidak berniat puasa pada malam hari sebelum terbit fajar, tidak ada puasa baginya.” (HR. An Nasai)

Nah, ada juga golongan ulama yang membolehkan niat berpuasa Ramadhan yang dilakukan hingga tengah hari. Pendapat itu didasarkan dari madzhab Hanafi yang mendasarkan pendapatnya lewat firman Allah SWT di dalam Surat Al-Baqarah ayat 187, yang berbunyi:

“Dan makanlah kalian minumlah kalian sampai jelas bagi kalian benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai malam.”

Soal waktu mengucapkan niat berpuasa Ramadhan, bisa jadi memang berbeda-beda. Tapi, semua ulama sepakat kalau pelafalan niat puasa nggak harus dilakukan lewat lisan atau disuarakan. Kamu juga sah-sah saja kok mengucapkan niat puasa itu di dalam hati. Kecuali, kalau kamu ingin semakin memantabkan hati. Baru deh, kamu boleh-boleh saja mengucapkan niat tersebut dengan keras. 

Hukum dan Adab Sahur

Sahur jadi salah satu amalan utama yang dilakukan selama kamu berpuasa nanti. Dengan makan sahur sebelum kamu berpuasa bisa bikin kamu nggak loyo. Tapi, nggak banyak lho yang tahu hukum sebenarnya dari makan sahur. Ternyata, sahur termasuk ke dalam amalan sunnah. Alias, kamu bakal dapat pahala buat melakukannya. Tapi, kalau nggak pun nggak akan diganjar dosa. Dengan nggak sahur pun sebenarnya puasamu tetap sah. Asalkan, kamu nggak lupa buat mengucapkan niat buat berpuasa sebelum tidur di malam hari. Buat kamu yang terbiasa sahur sebelum puasa, pahami dulu yuk adab sahur berikut ini:

  1. Makan Buah Kurma

Buah kurma bisa dibilang jadi salah satu makanan favorit Rasulullah. Selain disunnahkan buat makan buah kurma saat buka puasa, sahurmu juga jangan lupa menyantap buah gurun satu ini. Dilihat dari segi agama, Rasulullah bersabda:

“Sebaik-baik sahurnya orang mukmin adalah kurma” (HR Abu Daud dan HR Ibnu Hibban)

Artinya, kurma jadi makanan yang baik banget buat disantap sebagai menu sahur. Dari segi kesehatan, makan beberapa butir kurma saat sahur memang bisa bikin tubuhmu jadi lebih bertenaga selama puasa. Soalnya, kurma memang mengandung zat gula yang diolah tubuh jadi energi. Beda dengan makan nasi putih, energi yang dihasilkan buah kurma lebih awet. Daripada banyak-banyakin makan nasi putih yang bikin semakin lemas, perbanyak saja konsumsi buah kurma saat sahur, Blibli Friends.

2. Segera Mengakhirkan Sahur

Makan sahur memang nggak boleh tergesa-gesa. Jangan sampai deh kamu muntah atau sesak gara-gara terlalu cepat makan. Tapi, makan sahur juga nggak disarankan terlalu santai. Utamanya, waktu buat melakukan sahur adalah sepertiga malam hingga datangnya Imsak. Saat imsak datang, sebaiknya kamu nggak lanjut makan dan lebih memperbanyak minum. Supaya, kamu bisa melaksanakan ibadah sholat Subuh dengan khusyuk tanpa tersiksa dengan perut yang terasa berat dan sesak.

Hal ini juga disampaikan oleh Zaid bin Tsabit, yaitu salah satu sahabat Rasulullah, yang diriwayatkan oleh Anas, yaitu:

“Kami pernah makan sahur bersama Rasulullah saw, setelah itu beliau langsung berangkat salat.” Saat ditanya, ‘Berapa lama jarak antara azan dan sahur?’ Dia menjawab, ‘Kira-kira sama seperti bacaan 50 ayat.”” (HR. Bukhari, Muslim, Tirmidzi)

3. Jangan Makan Sahur Berlebihan

Poin ini masih berkaitan dengan poin kedua, nih. Kamu memang sebaiknya makan makanan yang cukup supaya tubuhmu nggak lemas selama beraktivitas. Tapi, kebanyakan orang sering banget kebablasan saat makan sahur. Mereka sering banget makan nasi dalam porsi yang besar. Anggapannya sih, supaya jadi bekal buat puasa selama seharian penuh nanti. Padahal, segala hal yang berlebihan dilarang oleh agama. Kalau kamu kebanyakan makan, bisa-bisa sakit perut. Akibatnya, bukannya jadi bertenaga. Kamu malah jadi nggak fit.Selain itu, kamu juga jadi nggak bisa beribadah khusyuk dengan perut yang kekenyangan.

4. Memperbanyak Ibadah dan Doa

Selagi menunggu dan selepas azan subuh, jangan langsung tidur ya. Tidur di bulan Ramadhan memang berpahala. Tapi, akan lebih berpahala lagi kalau kamu memanfaatkan waktu dengan berdoa. Salah satu doa yang sering dibaca oleh Rasulullah setelah makan sahur adalah:

يَرْحَمُ اللهُ المُتَسَحِّرِيْنَ

“Yarhamullaahul mutasahhiriin.”

Artinya: Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur.

Kamu juga bisa memperbanyak amalan puasamu setelah sahur dengan tadarus Alqur’an atau i’tiraf. Lumayan banget, kan?

Rekomendasi Menu Sahur

Sahur memang bukan soal makan makanan yang terlalu banyak. Tapi, yang paling benar adalah memilih menu makanan sahur yang tepat. Menu sahur yang kaya akan nutrisi bakal bantu kamu supaya awet kenyang dan tetap berenergi sampai tiba waktu berbuka nanti. Yuk, simak rekomendasi menu sahur lezat berikut ini.

  1. Ayam Goreng Crispy

niat puasa ramadhanSiapa sih yang nggak suka ayam goreng crispy? Citarasa daging ayam yang gurih dengan kriuknya kulit di bagian luar pastinya bikin nagih. Anak-anak terutama, pasti langsung girang dan semangat puasa asalkan ditemani dengan menu sahur seperti ini. Tanpa harus beli, kamu bisa kok bikin ayam goreng crispy sendiri. Sekarang ada banyak banget berbagai bumbu ayam crispy instan buat kamu yang ogah ribet. Kalau kamu sibuk, bisa beli lho bahan makanan buat bikin ayam crispy ini di Blibli. Selain murah, kamu juga nggak perlu repot-repot pergi ke luar rumah. 

2. Mie Goreng 

Sepiring mie goreng juga bisa lho jadi menu sahur yang perfect. Supaya lebih irit, Blibli Friends bisa banget bikin kreasi mie goreng sesukamu. Kamu bisa pakai mie keriting alias mie telor buat menu mie gorengmu. Buat bumbu-bumbunya pun bisa Blibli Friends sesuaikan sesuka hati. Jadi, aman banget deh buat kamu yang menghindari MSG. Supaya makin nikmat, kamu bisa tambahkan mie goreng kreasimu dengan berbagai bahan makanan tambahan. Misalnya, sosis, bakso, telur orak-arik, dan lain sebagainya. Supaya lebih sehat dan lebih awet kenyang, Blibli Friends juga bisa kok tambahkan sayur-mayur sesuka selera. 

3. Nasi Goreng

Nasi goreng buat menu sahur? Oke banget! Masakan satu ini tergolong menu yang basic banget. Kamu pastinya bikin sendiri kreasi nasi gorengmu di rumah. Kamu bisa tentukan sendiri jenis nasi goreng yang sesuai selera, mau nasi goreng Hongkong, nasi goreng Jawa, nasi goreng seafood, dan lain-lain. Pokoknya, bebas banget deh. Kamu juga bisa bikin nasi goreng spesial dengan bahan ekstra, seperti sosis, bakso, dan telur goreng. Yang jelas, biaya bikin nasi goreng jauh lebih hemat dibandingkan beli di luar. Ditambah lagi, pastinya juga jauh lebih sehat. So, why not?

4. Telur Gulung

niat puasa ramadhan
Image Source:

Bingung menentukan lauk sahur yang simple, nggak pakai ribet, dan sudah pasti enak? Yuk, coba bikin telur gulung. Basically, telur gulung kurang lebih mirip dengan telur dadar biasa. Hanya saja, telur goreng ini punya tekstur yang lebih tebal dan pastinya lebih moist. Kamu juga bisa tambahkan irisan wortel dan sayuran hijau di dalamnya. Supaya telur gulungmu jadi kelihatan sempurna, bisa minta tips dari orangtua atau liat tutorial memasak telur gulung dari YouTube. Telur gulung juga pas banget kamu sajikan dengan berbagai jenis lauk-pauk dan nasi putih hangat.

5. Sayur Bening Bayam

Image Source: cookandrecipe.com

Nah, menu satu ini cocok banget deh dipadukan dengan telur gulung. Sayur bening memang punya step by step yang gampang banget ditiru. Bahan-bahan dasarnya juga sederhana dan bisa kamu beli dengan harga terjangkau. Sayur ini juga berkuah segar banget. Jadi, bisa bantu menghidrasimu selama berpuasa nanti. Kandungan vitamin dan mineral di dalam sayur bening ini bakal bantu menjaga daya tahan tubuhmu supaya nggak gampang sakit saat puasa. 

6. Soto Ayam

Harus bangun pagi-pagi buta pastinya terasa berat buat beberapa orang. Buat bantu bikin kamu melek, wajib nih jadikan soto ayam sebagai menu sahurmu. Citarasa kuah kaya rempah dengan topping bermacam-macam dan kerupuk dijamin bikin sahurmu terasa makin nikmat. Jenis-jenis soto di Indonesia ternyata bermacam-macam, lho. Soto yang paling populer ada 2, yaitu soto dengan topping daging ayam dan topping irisan daging sapi. Ada juga soto yang pakai daging jerohan yang super gurih. Kamu juga bisa berkreasi soto dengan atau tanpa kuah santan. Kalau kamu suka rasa yang gurih, soto dengan kuah santan memang paling cocok. Sedangkan, soto dengan kuah bening bikin sensasi segar dan lebih friendly buat Blibli Friends yang punya pencernaan sensitif.

7. Tumis Kangkung

niat puasa ramadhanNah, ini nih masakan rumahan yang ngangenin banget. Buat Blibli Friends yang harus merantau ke luar Jawa, pastilah kangen banget dengan hidangan lauk satu ini. Tapi, kamu nggak perlu khawatir. Soalnya, cara bikin tumis kangkung ini gampang banget. Kalau kamu lagi mager atau sibuk dengan tugas perkuliahan, bisa banget kok beli bahan-bahan memasak tumis kangkung ini di Blibli. Dijamin, produk yang kamu dapatkan berkualitas bagus dan segar semua. Tumis kangkung cocok banget buat menyanding lauk-pauk sederhana, seperti tahu, tempe, telur, hingga ayam goreng. Kandungan serat di dalam sayur tumis ini juga bikin kamu kenyang lebih lama dan kuat menjalani aktivitas.

8. Tumis Tahu Tempe

niat puasa ramadhan
Image Source: masakapahariini.com

Buat kamu yang lagi bosan dengan tumis sayur, boleh nih coba kreasi tumis tahu tempe ini. Tahu dan tempe adalah sumber protein nabati yang bagus banget buat tubuhmu. Kandungan protein itu diolah jadi energi yang bantu kamu supaya tetap bersemangat dalam beraktivitas selama puasa. Supaya makin mantap, Blibli Friends juga bisa tambahkan kecambah yang sudah direbus dan irisan cabai. 

9. Smoothies Bowl

Makan nasi putih memang sih bikin gampang kenyang. Tapi, nasi putih memang nggak menjamin rasa kenyangmu awet. Apalagi, buat kamu yang sedang diet. Nasi putih sudah jelas BIG NO. Sebagai menu alternatif, kamu bisa nih jadikan menu smoothies bowl sebagai menu sahur. Sekilas, smoothies memang nggak kelihatan bakal bikin kamu kenyang dalam waktu lama. Tapi, percaya deh Blibli Friends! Kamu bakal dibikin kaget dengan betapa awetnya rasa kenyang dari smoothies ini. Wajar, sih. Smoothies kaya banget akan serat dan zat gula alami. Dibandingkan nasi putih, energi yang dihasilkan smoothies memang lebih stabil. Nggak ada deh ceritanya kamu jadi mendadak lemah dan loyo di siang hari. Supaya makin sip, Blibli Friends bisa tambahkan kacang almond atau granola.

10. Sandwich Alpukat

Ini lagi nih alternatif hidangan sahur buat kamu yang lagi pantang makan nasi putih. For your information, alpukat adalah jenis buah yang jadi sumber lemak baik. Lemak dari alpukat ini bisa bantu sumbangkan energi supaya kamu nggak lemas bin loyo saat beraktivitas selama puasa. Selain itu, kandungan vitamin dan omega kompleks bagus banget buat kemampuan konsentrasimu. Kamu jadi bisa lebih produktif dan nggak lemot selama puasa. Kamu bisa kombinasikan alpukat dengan roti gandum sebagai sumber karbohidrat dan serat. Blibli Friends juga bisa tambahkan isian sandwich lainnya supaya hidangan sahur ini jadi terasa makin nikmat.  

Jadwal Buka Puasa & Imsak

Makan sahur dan berhenti makan tepat waktu selama bulan puasa memang penting banget. Nah, berikut adalah jadwal buka puasa & Imsak buat area DKI Jakarta dan sekitarnya. 

Jadwal Imsakiyah Bulan Ramadhan 1442 H

Untuk Wilayah Jakarta dan Sekitarnya

Hari Imsak Subuh Dzuhur Ashar Maghrib Isya
1. 04:27 04:37 11:54 15:14 17:52 19:02
2. 04:27 04:37 11:54 15:14 17:51 19:01
3. 04:26 04:36 11:54 15:14 17:51 19:01
4. 04:26 04:36 11:54 15:14 17:51 19:01
5. 04:26 04:36 11:54 15:14 17:50 19:01
6. 04:26 04:36 11:54 15:14 17:50 19:01
7. 04:26 04:36 11:53 15:14 17:50 19:00
8. 04:26 04:36 11:53 15:14 17:52 19:00
9. 04:26 04:36 11:53 15:14 17:49 19:00
10. 04:26 04:36 11:53 15:14 17:49 19:00
11. 04:26 04:36 11:53 15:14 17:49 19:00
12. 04:26 04:36 11:53 15:13 17:49 19:00
13. 04:26 04:36 11:53 15:13 17:49 19:00
14. 04:25 04:35 11:53 15:13 17:48 19:00
15. 04:25 04:35 11:53 15:13 17:48 19:00
16. 04:25 04:35 11:53 15:13 17:48 18:59
17. 04:25 04:35 11:53 15:13 17:48 18:59
18. 04:25 04:35 11:53 15:13 17:48 18:59
19. 04:25 04:35 11:54 15:13 17:48 18:59
20. 04:25 04:35 11:54 15:13 17:47 18:59
21. 04:25 04:35 11:54 15:14 17:47 18:59
22. 04:25 04:35 11:54 15:14 17:47 18:59
23. 04:25 04:35 11:54 15:14 17:47 18:59
24. 04:25 04:35 11:54 15:14 17:47 18:59
25. 04:25 04:35 11:54 15:14 17:47 18:59
26. 04:25 04:35 11:54 15:14 17:47 18:59
27. 04:25 04:35 11:54 15:14 17:47 19:00
28. 04:25 04:35 11:54 15:14 17:47 19:00
29. 04:26 04:36 11:54 15:14 17:47 19:00
30. 04:26 04:36 11:54 15:14 17:47 19:00

 


Baca juga: 3 Rekomendasi Koleksi Hijab Lokal untuk Bukber di Bulan Ramadhan

Semoga ulasan niat puasa Ramadhan dan artinya serta info menarik lainnya di atas bermanfaat buat kamu, ya. Jangan lupa, nikmati praktisnya belanja bahan-bahan makanan secara online lewat Blibli. Dapatkan deh semua diskon menariknya karena sekarang di Blibli lagi ada Promo Hikmah Ramadhan! Jangan ketinggalan ya!

Temukan Berbagai Kelengkapan Bahan Makanan Segar Hanya di Sini!

Hikmah Ramadhan

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY