Tentu kamu sudah nggak asing lagi dong sama yoghurt? Makanan asem nan lembut ini menjadi snack favorit di kala senja bagi kamu yang pengen ngemil sehat.

Menengok sejarahnya, Yoghurt ternyata ditemukan secara nggak sengaja lho. Jadi, sekitar ratusan tahun yang lalu, peternak domba di Turki biasa menyimpan sisa susu perahnya dalam kantung tradisional dari kulit domba. Anehnya, rasa susu tersebut menjadi asam dengan tekstur yang mengeras, tapi nggak basi saat dikonsumsi.

Sejak saat itu yoghurt mulai dikenal dan digunakan orang Turki untuk berbagai keperluan, seperti minuman kesehatan maupun untuk bahan kosmetik.

Nggak hanya itu saja, yoghurt juga dapat digunakan sebagai campuran makanan dan bisa diolah menjadi beragam jenis makanan yang menggugah selera.

Nggak percaya? Berikut ini 7 resep mudah yang bisa kamu eksperimen dengan si asem nan sehat ini!

1. Kue kopi

kue-kopi

Menu pertama yang bisa kamu buat dengan menggunakan yoghurt adalah kue kopi. Makanan yang satu ini cocok banget buat kamu penyuka kue atau makanan manis, tapi suka guilty , karena ada yoghurt sehat yang bisa mengimbangi dosa makanan manis. Cara membuatnya juga gampang banget.

Kamu memerlukan:

Adonan kue:

  • 100 gram mentega
  • 125 ml madu, dihangatkan (tergantung selera sebenarnya)
  • 2 butir telur
  • 200 gr tepung gandum putih
  • 1 sdt baking soda
  • 1/2 sdt garam
  • 1 cangkir yoghurt biasa (bisa berlemak atau nggak)
  • 1 sdt ekstrak vanila

Topping:

  • 100 gram kacang yang sudah ditumbuk hancur
  • 2 sdm tepung kue
  • 2 sdm madu yang dihangatkan
  • 2 sdt kayu manis

Cara membuatnya:

  • Sebelum memulai, panaskan oven pada suhu 180° C. Siapkan loyang berukuran sedang yang sudah diolesi mentega dan ditaburi tepung sedikit.

2)   Untuk membuat topping, kamu tinggal masukkan kacang, tepung, madu, dan kayu manis dalam mangkuk kecil. Tumbuk sedikit agar kayu manisnya hancur, dan aduk rata.

3)   Untuk membuat adonan kue, kamu perlu menghaluskan mentega hingga menjadi krim. Boleh pakai whisk, boleh pakai mixer. Semakin halus, semakin bagus. Kemudian masukkan madu dan telur. Aduk rata.

4)   Siapkan mangkuk kecil, campurkan baking soda, tepung, kemudian garam. Masukkan campuran tersebut ke dalam campuran mentega halus. Setelah itu, masukkan yoghurt perlahan-lahan sembari di aduk. Tambahkan ekstrak vanila untuk sentuhan kesempurnaan.

5)   Buatlah lapisan kue dengan menuangkan setengah dari adonan kue ke dalam loyang. Kemudian tutup dengan setengah adonan topping diatasnya. Tutup dengan sisa adonan kue tadi dan tuangkan topping yang tersisa untuk kenikmatan berlapis. Masukkan ke dalam oven, dan panggang selama 45 menit.

6)   Setelah matang, angkat dan biarkan sedikit dingin. Lalu potong kotak-kotak. Tinggal sajikan bersama kopi favoritmu!

2. Es krim batang rasa buah-buahan

es-krim-batang

Memasuki akhir tahun, musim memang boleh disebut musim penghujan. Tapi hawa udara tetap panas (namanya juga Indonesia), apalagi saat tengah hari. Rasanya makan yang dingin dan segar bisa membuat hari kamu menjadi adem.

Bagaimana jika kamu membuat es loli sendiri dengan menggunakan yoghurt? Salah satu resep yang bisa kamu coba adalah dengan membuat es krim batang yang satu ini.

Kamu memerlukan:

  • 200 gram yoghurt rendah lemak
  • 180 gram jus buah tanpa gula rasa buah favoritmu
  • 1 sdt ekstrak vanila atau madu (atau keduanya)

Cara membuatnya:

  • Siapkan satu mangkuk besar dan campurkan semua bahan. Aduk hingga rata.
  • Tuangkan adoan ke dalam cetakan es loli dan masukkan kedalam freezer selama 1 jam atau hingga membeku sebagian.
  • Masukkan gagang es loli yang terbuat dari kayu ke dalam setiap cetakan dan bekukan kembali selama 4 jam. Jadi deh!
  • Tuangkan madu tambahan atau taburkan serbuk glukosa sebelum di konsumsi.

3. Saus bayam yoghurt

saus-bayam-yogurt

Siapa bilang yoghurt cuma bisa dibikin untuk campuran kue atau dessert? Cobain menu yang satu ini yuk! Seperti namanya, menu yang satu ini dijamin rendah lemak dan nggak bakalan bisa membuat kamu gemuk.

Menu yang satu ini cocok banget untuk menemani sore kamu sambil menonton TV. Ambil keripik atau snack kesukaan kamu, lalu celupkan ke dalam saus bayam ini sebelum dimakan.

Kamu memerlukan:

  • 1 cangkir yoghurt rasa plain rendah lemak
  • 100 gram bayam yang sudah direbus dan diperas. Cincang kasar.
  • 100 gram chestnut kalengan yang sudah dikeringkan. Cincang kasar.
  • 2 siung bawang putih. Cincang kasar.
  • 1 sdt bubuk bawang putih
  • Garam dan lada hitam secukupnya

Cara membuatnya:

  • Siapkan piring, masukkan yoghurt, bayam, chestnut cincang, bawang putih, dan bubuk bawang putih. Tumbuk dan aduk hingga tercampur merata
  • Bumbui dengan garam, dan merica. Aduk lagi. Coba rasanya. Tambahkan garam jika masih kurang.
  • Tutup dan tiriskan selama minimal 30 menit. Sajikan!

4. Salad creamy ala Italia

salad-creamy

Lapar? Tapi nggak mau makan yang terlalu berat? Kenapa nggak coba bikin salad ala Italia dari yoghurt aja? Nggak bakalan nyesal! Cara bikinnya juga nggak sulit.

Kamu memerlukan:

  • Untuk saus salad:
  • 1/2 cangkir yoghurt rasa plain rendah lemak
  • 1/2 cangkir mayones rendah lemak
  • 1/2 cangkir susu skim
  • 1 sdt bumbu Italia, bisa kamu dapatkan yang sudah jadi di supermarket
  • Garam, lada, dan bubuk bawang putih secukupnya
  • Untuk salad:
  • Daun selada merah dan hijau segar yang sudah dicuci
  • Irisan tomat
  • Irisan mentimun
  • Paprika merah

Cara membuatnya:

  • Siapkan mangkuk kecil. Masukkan yoghurt, mayones, susu, bumbu Italia, bubuk bawang putih, garam dan merica. Aduk hingga rata.
  • Setelah saus salad selesai. Siapkan piring dan masukkan sayuran segar beserta irisan tomat, mentimun dan paprika. Taburkan saus salad diatasnya.

Saus salad dapat awet disimpan selama 1 minggu di dalam kulkas. Jadi kamu bisa mengonsumsinya berulang kali sampai habis. Siapa sa
ngka sehat itu semudah ini?


BACA JUGA Mau Kulit Cantik? Coba 11 Masker Wajah Alami Ini!


5. Krim sup yoghurt-asparagus

asparagusDi musim penghujan seperti sekarang ini, enaknya makan yang hangat-hangat dan berkuah. Sudah cobain sup Asparagus dengan campuran yoghurt, belum? Ayo dicoba!

Kamu memerlukan:

  • 1 sdm minyak zaitun extra-virgin
  • 1 ikat besar asparagus, potong bagian bawahnya
  • 3 daun bawang besar, cincang halus
  • 4 cangkir kaldu ayam
  • 100 gram daun bayam beku
  • 1 sdt kulit lemon
  • 1/4 sdt lada hitam
  • 1/4 sdt kapulaga
  • 1/8 sdt cengkeh tanah
  • 1/4 cangkir yoghurt rasa plain rendah lemak
  • Garam dan lada secukupnya

Cara membuatnya:

  • Panaskan minyak dalam panci besar di atas api sedang. Ketika minyak hangat, masukkan asparagus. Masak 7 sampai 10 menit hingga asparagus berwarna kecoklatan.
  • Tambahkan daun bawang, thyme, kulit lemon, garam, merica, kapulaga, dan cengkeh. Masak 10 sampai 15 menit, sampai daun bawang layu dan rempah-rempah menjadi harum.
  • Tambahkan kaldu dan didihkan. Kurangi panas ke rendah kemudian didihkan 10 sampai 15 menit lagi. Masukkan bayam, dan masak 2 menit lebih, hingga bayam layu. Masukkan yoghurt. Aduk rata
  • Untuk hasil yang maksimal, haluskan semua masakan dengan menggunakan blender. Sajikan segera.

6. Dada ayam panggang dengan saus yoghurt

dada-ayam-panngan

Siapa bilang menu diet nggak boleh makan daging? Menu yang satu ini sah-sah saja kok kamu masukkan dalam menu diet sehatmu.

Penasaran kenapa? Karena menu yang satu ini menggunakan yoghurt bebas lemak sebagai salah satu bahannya, Jadi dijamin nggak bakalan bisa bikin kamu gemuk.

Apalag yang dipakai dada ayam! nggak perlu khawatir lemak berlebihan. Adanya, malah kamu kebanjiran protein!

Kamu memerlukan:

  • 1 cangkir yoghurt rasa plain bebas lemak
  • 3 siung besar bawang putih, cincang halus
  • 1 sdt jintan
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 buah jeruk nipis, parut
  • 350 gram dada ayam tanpa tulang dan kulit
  • 2 sdm susu bubuk tanpa lemak
  • 1 sdm tanah biji rami
  • 1 mentimun kecil, iris tipis
  • 2 daun bawang, iris tipis
  • 2 sdm daun mint yang dicincang halus
  • Garam, lada hitam, dan bubuk paprika secukupnya

Cara memasaknya:

  • Campurkan 1/4 c yoghurt, bawang putih, jinten, ketumbar, parutan jeruk nipis, paprika merah, dan garam dalam mangkuk besar. Campurkan bumbu tersebut dengan potongan ayam hingga meresap. Tiriskan dalam kulkas selama minimal 2 jam.
  • Masukkan 3/4 c yoghurt yang tersisa, susu kering, biji rami tanah, dan garam di wadah lain. Aduk sampai halus. Tambahkan mentimun, daun bawang, dan daun mint. Aduk. Tutup adonan dan dinginkan hingga 8 jam.
  • Panaskan panggangan. Angkat ayam dari kulkas 30 menit sebelum memanggang.
  • Olesi panggangan dengan sedikit minyak. Tempatkan ayam di atas panggangan dan masak selama sekitar 4 menit di setiap sisi, atau sampai bagian-bagian ayam berwarna kuning kecoklatan.
  • Angkat ayam dan diamkan hingga nggak terlalu panas sebelum dipotong-potong menjadi irisan tipis. Sajikan dengan saus mentimun-yoghurt yang telah dibuat tadi.

7. Kepiting dan lentil saus yoghurt

kepiting

Menu makanan apalagi ya, yang bisa dibuat dengan menggunakan yoghurt? Pengen nyoba bikin menu ala restoran gitu, tapi dengan modal yang terjangkau? Kenapa nggak coba menu makanan yang satu ini saja!

Selain mudah dibuat dan sehat, tampilannya juga unik banget! Rasa kepiting dan tomat yang manis diberi sentuhan yoghurt yang asem nan lembut sungguh bisa mewarnai makan malam kamu.

Kamu memerlukan:

  • 350 gram daging kepiting kaleng
  • 1 sdt lentil
  • 2 batang seledri, iris
  • 2 iris daun bawang
  • 4 sdm kacang pinus
  • 2 sdm daun kemangi yang dicincang
  • 1/2 cangkir yoghurt Yunani
  • 1 sdt bubuk kari
  • 6 tomat besar
  • Garam dan lada hitam secukupnya
  • Air perasan lemon secukupnya

Cara membuatnya:

  • Campurkan daging kepiting, kacang kalengan, seledri, daun bawang, kacang pinus, kemangi, dan jus lemon dalam mangkuk. Bumbui dengan garam dan merica. Aduk hingga rata.
  • Dalam mangkuk terpisah, kocok yoghurt Yunani dan bubuk kari.
  • Siapkan tomat besar lalu iris bagian atasnya. Keluarkan isi tomat hingga berbentuk mangkuk. Isi bagian dalam tomat dengan campuran kepiting dan tambahkan saus yoghurt setelahnya! Voila! Memasak itu nggak susah ya?

Itulah tujuh resep makanan yang menunjukkan ajaibnya yoghurt sebagai bahan makanan. Mudah dibuat dalam waktu yang hanya sekejap.

Buat kamu pecinta yoghurt minum atau hanya sekedar nggak pengen masak, kamu tinggal berpaling ke Heavenly Blush Yogurt Drink yang manis, lezat, dan dengan sangat mudah bisa kamu dapatkan dari Blibli.com! Tunggu apa lagi, sudah siapkah kamu hidup sehat dari sekarang?

 

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY