Kita nggak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang, nggak terkecuali saat traveling sendirian. Bayangkan jika kamu sedang asyik mengendarai mobil untuk mengunjungi suatu tempat dan tiba-tiba mobil kamu mogok di tempat yang benar-benar asing dan jauh dari keramaian. Serem, kan?

Untuk itu saat kamu merencanakan untuk bepergian, pastikan terlebih dahulu menyiapkan segala sesuatu yang akan dibutuhkan selama perjalanan dan untuk jaga-jaga jika kamu mengalami nasib sial di tengah jalan, kamu perlu membawa barang-barang berikut ini. Ada apa saja?

1. Pisau lipat multi fungsi, berguna di segala situasipisau-lipat

Barang yang satu ini menjadi salah satu barang yang sangat penting untuk kamu bawa ke mana saja, nggak  terkecuali saat bepergian. Alat serbaguna ini dapat kamu gunakan untuk memotong tali temali, mengaitkan barang, atau membuka kemasan.

Memiliki sifat yang multi fungsi, pisau lipat juga bisa kamu gunakan sebagai pengganti obeng untuk membuka baut atau sekrup.

Apalagi, kamu juga perlu mengantisipasi marabahaya. Bisa hewan liar, atau orang asing yang berniat jahat. Nah, di saat genting begini, pisau lipat ini bisa kamu gunakan sebagai alat beladiri.

2. Korek api, sumber kehangatan di saat kesepiankorek-apiKamu nggak akan pernah tahu kapan pertolongan akan datang saat terdampar di tengah jalan. Apalagi jika daerah tersebut berada di tengah hutan dan dalam keadaan gelap. Korek api tentunya akan menjadi barang penting yang harus kamu bawa saat bepergian.

Membuat api bisa berguna untuk menghalau hewan liar, menerangi jalan, memasak, membuat api unggun untuk menghangatkan diri yang kedinginan (dan kesepian).

Nggak cuma itu saja, api juga bisa berguna untuk membuat tanda SOS. Kamu bisa membakar ranting-ranting pohon lalu buatlah asap setebal mungkin. Dengan begitu, kemungkinan kamu ditemukan oleh orang lain menjadi lebih tinggi.

3. Kompas dan peta, penunjuk jalan pulangkompas-petaKita nggak akan pernah tahu kapan dan di mana kamu bakal mengalami nasib sial dan terdampar saat bepergian. Meski saat ini cukup banyak yang mengandalkan Google Maps, kamu tetap perlu membawa peta berikut kompasnya untuk jaga-jaga. Bisa saja ponsel kamu dalam keadaan low-bat atau miskin sinyal.

Dengan kompas dan peta yang kamu bawa, kamu bisa menentukan arah dan nggak akan tersesat serta dapat dengan mudah menemukan tempat keramaian sehingga kamu bisa meminta bantuan. Eits, pelajari dulu cara membaca dan memakainya sebelum berangkat ya!

4. Perkakas mobil, asisten kamu di kala mogokperkakas-mobil

Buat kamu yang nggak suka menunggu bantuan, kamu setidaknya perlu mempersiapkan dua hal untuk berhadapan dengan kendaraan mogok.

Nah, alat yang pertama ini pasti nggak akan ketinggalan bahkan menjadi barang wajib saat kamu bepergian dengan mobil.

Untuk memanfaatkannya, kamu perlu tahu beberapa tips sederhana dalam menghadapi mobil mogok. Memang nggak perlu sehebat montir-montir di bengkel, tapi setidaknya kamu perlu tahu cara mengganti ban yang bocor atau memeriksa bagian-bagian mobil yang bermasalah.

Dengan begitu kamu nggak perlu menunggu montir atau mobil derek untuk membantu mobil kamu yang mogok. Dengan wrench set kamu bisa melakukannya sendiri!

obeng

Selain kunci-kunci bengkel, kamu juga perlu lho membawa obeng saat kamu bepergian. Memang nggak akan selalu terpakai, tapi akan berguna banget saat kamu terdampar di tengah jalan dengan mobil atau motormu yang mogok.

Jangan salah, selain bisa kamu gunakan untuk membuka baut atau sekrup, obeng bisa menjadi benda tajam untuk melindungi diri.

5. Tali tambang untuk keselamatan

tali

Terdampar kok butuh tali tambang? Jangan salah, tali tambang itu banyak banget lho fungsinya. Nggak harus pintar dalam membuat simpul, tali tambang bisa kamu gunakan untuk membantu kamu melewati medan-medan sulit saat kamu mencari bantuan, misalnya kamu harus berjalan melalui tebing atau dataran tinggi.

Buat kamu yang takut tersesat, kamu bisa mengikat simpul penanda jalur di pohon atau batu terdekat. Di saat inilah kamu nggak bakal menyesal membawa item nomor satu di atas.

Nggak hanya itu saja, tali tambang juga bakal berguna banget saat kamu mendapatkan pertolongan dari seseorang yang bersedia menderek mobil kamu.


BACA JUGA Akhirnya Terjawab: Inilah 4 Kriteria Ban Mobil yang Baik!


6. Senter, teman sejati di saat duniamu sedang gelap

senter

Barang selanjutnya yang harus banget kamu bawa saat bepergian adalah senter! Well, kamu nggak akan tahu, kan kapan kamu akan terdampar di tengah jalan? Bisa saja kamu mengalaminya pada malam hari.

Mau di kepala atau dipegang, senter sudah pasti berguna untuk menerangi jalan. Memeriksa mobil, mencari jalur, sampai memberi sinyal dari kejauhan!

Tapi jangan lupa ya, senter nggak berarti apa-apa kalau baterainya mau habis. Jadi siapkan baterai, atau charge dulu sampai penuh!

7. Bawa flare gun biar mudah ditemukan

flare-gunVia Reddit

Jika api dan senter nggak berhasil mendatangkan bala bantuan saat kamu terdampar di tengah jalan. Alternatif selanjutnya adalah menembakkan flare gun ke udara.

Jarak pandang flare gun dapat dilihat dalam 10 kilometer di malam hari dalam cuaca yang cerah. Sementara cahaya yang dikeluarkan dapat bertahan selama 60 detik. Dengan bantuan alat ini, tentunya kamu akan ditemukan dengan mudah.

Di samping itu, indahnya cahaya yang ditembakkan juga bakal mengalihkan kamu dari perasaan kesepian terdampar entah di mana.

Pepatah mengatakan “sedia payung sebelum hujan”, jadi nggak ada salahnya dong untuk membawa barang-barang di atas untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu kamu terdampar di tengah jalan.

Ada juga beberapa tips keamanan sebelum kamu berangkat, misalnya mengecek kondisi mobil, isi bensin, atau menggunakan cairan anti ban bocor.

Jika kamu kebingungan mencarinya, Blibli.com menyediakan beragam jenis peralatan darurat dengan mudah dan sesuai dengan yang kamu mau! Tunggu apa lagi, yuk diintip!

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY