Bagi sebagian orang, solo traveling atau jalan-jalan sendirian adalah hal yang nggak banget. Mereka berpikir kalau traveling sendirian itu banyak resikonya. Mulai dari takut nyasar, takut kesepian, dibilang jomblo, hingga nggak aman, terlebih untuk solo traveler cewek.

Tapi, nggak sedikit juga yang berpikir bahwa solo traveling itu menyenangkan. Kamu bisa mengatur rencana perjalanan sesuka hati tanpa minta persetujuan dari orang lain dan nggak perlu repot berkoordinasi dengan banyak orang yang biasanya mengganggu rencana perjalanan kamu.

Nah, jika kamu merasa siap dan berani untuk jalan-jalan sendirian, berikut tips penting yang wajib banget kamu lakukan sebelum dan selama traveling.

1. Tentukan tempat yang dituju dan akomodasi selama perjalanan

kendaraan

Namanya jalan-jalan sendirian, kamu dituntut untuk serba mandiri. Sebelum memutuskan jadi solo traveler, tentukan terlebih dahulu destinasi mana yang ingin kamu tuju. Kemudian, gali informasi sebanyak mungkin mengenai tempat tersebut.

Mulailah dengan melakukan riset mengenai harga tiket menuju tempat tujuan, penginapan selama di sana, rute menuju tempat wisata, tiket masuk, dan jam operasional transportasi umum di tempat tersebut.

Jika kebetulan kamu punya teman yang sudah pernah mengunjungi tempat tersebut, kamu bisa meminta rekomendasi mereka tentang apa saja yang bisa dilakukan di sana.

2. Buat catatan perjalanan dan anggaran selengkap mungkin

catatan-perjalanan

Untuk yang satu ini sih nggak hanya berlaku saat kamu traveling sendirian. Saat kamu jalan-jalan bersama teman pun membuat catatan perjalanan dan anggaran adalah hal yang penting.

Buatlah catatan sedetil mungkin dari mulai kamu bangun pagi hingga malam hari. Tulis rencana kamu mengenai tempat-tempat wisata apa saja yang ingin kamu kunjungi.

Jangan lupa untuk menambahkan perkiraan anggaran atau dana yang akan kamu butuhkan di setiap kegiatan. Misalnya berapa biaya transportasi, tiket masuk tempat wisata, hingga biaya untuk makan selama seharian.

3. Bawa barang yang penting-penting saja

barang-penting

Karena traveling sendirian, mau nggak mau kamu harus menenteng semua barang bawaanmu sendirian juga. Hal ini akan merepotkan ketika kamu harus berpindah-pindah tempat. Untuk itu, pastikan tas bawaanmu seringan mungkin.

Untuk menyiasatinya, kamu harus pintar-pintar memilih barang apa saja yang sekiranya penting dan akan kamu butuhkan selama perjalanan. Misalnya untuk pakaian, kamu bisa memilih kaos dengan bahan yang lebih tipis.

Untuk perlengkapan lainnya, pilihlah barang yang dapat dilipat dan bersifat multi-fungsi. Misalnya sikat gigi yang bisa dilipat sehingga bawaan lebih praktis. Dijamin pengalaman traveling-mu bakal berubah total!

4. Simpan uang, kartu finansial, dan dokumen penting di tempat terpisah.

uang

Kita nggak akan pernah tahu kapan akan mengalami nasib sial. Misalnya kehilangan uang, kecopetan, dan hal-hal naas lainnya. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya pisahkan uang dan ATM di beberapa bagian dalam dompet kamu. Kamu bisa juga menyimpannya di dua tempat yang berbeda.

Sementara itu, untuk dokumen penting lainnya seperti passport dan KTP, simpan di tempat-tempat yang dapat kamu jangkau dengan mudah. Untuk berjaga-jaga sebaiknya scan atau foto dokumen-dokumen tersebut. Sehingga bila sewaktu-waktu tas kamu hilang, kamu masih punya bukti dokumentasi mengenai dokumen pentingmu.

5. Catat nomor-nomor penting sebagai kontak darurat

nomor-penting

Sebelum melakukan solo traveling, sebaiknya simpanlah kontak-kontak yang menurut kamu penting dari kota yang akan kamu kunjungi. Misalnya nomor telepon penginapan yang kamu singgahi, nomor telepon rumah sakit, dan nomor telepon polisi.

Tambahkan juga nomor telepon teman atau kerabat di daerah tersebut jika kamu punya. Belum cukup, kamu juga perlu menyimpan nomor telepon orang-orang terdekatmu agar bisa terus memberi kabar.

Untuk antisipasi ponsel kamu hilang atau diambil orang, tulis juga nomor-nomor penting tersebut di secarik kertas dan simpan dalam dompet atau sakumu selama bepergian. Kalau bisa dihafal, lebih bagus lagi.


BACA JUGA Packing Like a Pro: Benda WAJIB Bawa Saat Liburan!


6. Bawa perlengkapan dokumentasi, kenapa nggak?

dokumentasi

Kata siapa mengabadikan momen saat jalan-jalan itu nggak penting. Nah, karena kamu melakukan perjalanan sendirian, kamu nggak punya orang untuk dimintain foto-foto. Solusinya kamu bisa membawa kamera dan tripod

Atau bagi kamu yang hanya mengandalkan ponsel bisa membawa tongsis untuk mengabadikan setiap momen perjalananmu.

Meng-update hasil fotomu di media sosial selama perjalanan juga bisa memberikan manfaat. Secara nggak langsung, kamu bisa memberitahu teman atau keluargamu kalau kamu dalam keadaan baik-baik saja. Atau siapa tahu kan ada teman lamamu yang ternyata sedang berlibur di tempat yang sama. Jadi kamu bisa sekaligus reunian deh.

7. Jangan memakai perhiasan dan pakaian yang mencolok

perhiasan

Saat kamu traveling sendirian, sebaiknya hindari pemakaian perhiasan dan pakaian yang mengundang perhatian orang-orang jahat. Untuk pakaian usahakan memakai pakaian yang wajar, sopan, dan nggak terlalu terbuka.

Sementara untuk aksesoris, hindari perhiasan <yang mencolok. Jika kamu masih mau memakai perhiasan, jam tangan saja sudah cukup kok untuk menjaga tampilanmu tetap kece selama perjalanan.

Traveling sendirian nggak selamanya buruk kok. Malahan dengan hal tersebut dapat membuat kamu untuk lebih mandiri, meningkatkan kemampuan beradaptasi, hingga yang paling kece adalah dapat kenalan baru. Siapa tahu kan kamu bakalan ketemu jodoh kamu dalam perjalanan?

Bagi kamu yang ingin melakukan solo traveling, Blibli.com menyediakan beragam jenis barang dan perlengkapan yang mendukung traveling kamu menjadi lebih seru. Salah satunya, lihat saja Formula Flip GO yang memang dirancang untuk traveling di Blibli.com!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY