Indonesia terkenal dengan sambalnya dan berbagai kuliner lain yang kaya akan rasa pedas. Mulai dari sekedar makanan ringan seperti keripik sampai bubur-pun ada versi pedasnya!

Namun kenyataannya menjadi penikmat makanan pedas nggak segampang itu, loh. Siap-siap deh resiko kepedasan hingga sakit perut karena nggak kuat menahan rasa pedas. Pokoknya kepedasan bisa buat kamu kelihatan “nggak” banget deh.

Tapi jangan takut, ada rahasia gimana caranya kamu bisa tetap terlihat cool meski makanan yang masuk kedalam mulut hot minta ampun.

1. Susu dan air es

susu-dan-air
Via MetroTVNews

Ada ritual khusus sebelum kamu mulai makan makanan pedas. Siapkanlah susu dan air es. Susu memiliki sifat yang mampu menetralkan rasa pedas yang disebabkan zat kapsaisin yang dimiliki cabai.

Susu juga bisa mencegah diare yang kerap disebabkan oleh makanan yang terlalu pedas. Sedangkan air es atau air dingin  bisa memberikan efek brain freeze bahkan mati rasa sesaat pada lidah.

Hal ini mengurangi dampak rasa pedas yang nantinya kamu makan loh. Pokoknya saat orang tengah kepedasan, kamu bisa tetap tenang. Jadi, soda gembira merupakan minuman yang paling cocok ketika makan-makanan pedas!

2. Makanlah perlahan

makanlah-perlahanVia Warta Kesehatan

Ketika merasa kepedasan, kita cenderung meningkatkan kecepatan makan kita. Kelihatannya sih seperti bersemangat, padahal lidahmu sedang kebakaran. Hati-hati! Hal ini justru akan memperparah rasa pedas yang ada di mulut, loh.

Pelankan tempo makanmu, berilah jeda dalam setiap suapan. Ini akan membantu membuat efek dari zat kapsaisin pada lidah akan menurun sebelum suapan makanan pedas selanjutnya masuk ke dalam mulut.

Selain itu, kamu juga seakan terlihat lebih menikmati makanan tersebut. Kalau orang melihat, bakal mengira makanan pedas yang sedang dilahap nggak ada apa-apanya bagi kamu!

3. Sedia tisu sebelum hujan

sedia-tisuVia Genius

Ketika kita mengonsumsi makanan pedas, kita bisa mengeluarkan keringat yang berlebih bahkan bisa-bisa ingus yang ada dalam hidung kita itu meleleh keluar. Tentu hal ini membuat penampilan kamu jadi “nggak” banget!

Selalu siap sedia tissue untuk mengelap semua keringat dan ingus yang ada sebelum kamu kebanjiran air keringatmu sendiri. Dengan begitu, kamu akan tetap terlihat keren meski tengah kepedasan.

Lebih ampuh lagi jika kamu menggunakan handuk hangat untuk mengelap wajahmu, karena hal ini akan merelaksasi saraf-saraf yang menegang karena kamu sedang kepedasan.

4. Siapkan kipas di depan muka

siapkan-kipasVia MyConfinedSpace
 

Kipas angin bisa menjadi sahabat kamu di kala pedas melanda. Pastikan kamu mendapatkan cukup hembusan angin terutama di bagian wajah.

Selain mengurangi rasa terbakar, angin juga mengurangi produksi keringat berlebih yang diakibatkan oleh rasa pedas. Jadi, seakan ada efek tiupan angin yang keren ketika kamu tengah menyantap suap demi suap makanan pedas favoritmu.

Apalagi ketika rambutmu terhembus angin seperti iklan shampo di TV. Nggak jamin kalau yang melihat kamu makan pedas dengan gaya seperti itu nggak terpesona denganmu!


BACA JUGA 7 Ramen Instan dari Berbagai Negara di Asia ini WAJIB Kamu Coba!


5. Sikat gigi

sikat-gigi
Via WajibBaca.com

Setelah mengonsumsi makanan pedas, kadang rasa pedas itu masih melekat pada lidah dan rasanya begitu menyiksa. Tapi jangan pasrah dulu! Ambil sikat gigimu dan pergi ke kamar mandi dan sikat sampai bersih mulutmu.

Tidak hanya menghilangkan rasa pedas di mulut, sisa-sisa cabai yang nyangkut di gigi-pun ikut terangkat. Lagi-lagi penampilan keren-mu terselamatkan.

Atau, jika tahu ingin memakan makanan pedas, sikat gigi terlebih dahulu. Rasa mint dan manisnya pasta gigi bisa menetralkan beberapa suapan di awal.

6. Kacamata hitam

kacamata-hitam

Ingat nggak, sebelumnya kita pernah membicarakan bahwa para pemberantas alien di MIB keren karena mereka memakai kacamata hitam.

Ketika makan suatu hal yang pedas banget, air mata cenderung nggak bisa dikontrol dan lepas sendiri. Alhasil, pandangan kabur dan air matanya netes ke makanan kamu. Apalagi kalau dilihat orang!

Buat kamu yang nggak mau dikira nangis, wajib mencoba memakai kacamata hitam ketika makan pedas. Kacamata hitam yang misterius akan menyembunyikan fakta bahwa kamu sedang berkaca-kaca. Kamu juga bakal tampak nggak acuh dengan kepedasannya, semua berkat kacamata hitam.

7. Plan B = Kabur!

plan-b-kamar-mandiVia Fedsmith

Jika semua cara tersebut tidak bisa menyelamatkanmu dari rasa pedas atau bahkan membuatmu sakit perut, tetap tenang. Kuncinya, selalu pastikan kamu berada dekat dengan toilet. Jaga sikap tenangmu dan pergilah ke toilet.

Di sini nggak akan ada orang yang melihatmu, maka lampiaskanlah rasa pedas dan sakit perutmu sampai rasa tersebut hilang. Yang penting kan teman-temanmu tetap melihat sosok cool kamu ketika makan makanan pedas.

Bagaimana? Kamu pasti jadi langsung ngiler makan makanan pedas setelah mengetahui rahasia ampuh tetap keren meski kepedasan ini bukan? Jika iya, kamu bisa coba santap mi Samyang asal Korea Selatan yang terkenal pedes banget! Jangan lupa makan bersama teman-teman biar makin asyik!

Pastinya kamu nggak perlu takut terlihat jelek, karena kini makan pedas-pun bisa buat kamu kelihatan keren!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY