Saat ini aktivitas sudah digandrungi banyak kalangan. Bak seperti zat adiktif, saat ini banyak orang menjadikan aktivitas hiking menjadi aktivitas seru untuk dinikmati.

Ketika mendaki gunung kebanyakan dari mereka mendapatkan kedamaian dan ketenangan ketika berada di gunung dan di puncak gunung. Dalam perjalanan pun mereka biasanya tidak merasakan lelah, bahkan mereka sangat bersemangat dan menikmati perjalanannya.

Selain itu, hiking atau mendaki gunung juga banyak sekali manfaat didapatkannya. Berikut ini beberapa manfaat tak terduga dari mendaki gunung atau hiking.

1. Sehat dan Punya Stamina Oke
punya-stamina-oke                                                     Via Getty

Selain menyenangkan dan bisa menantang adrenalin, naik gunung punya banyak manfaat yang berguna untuk kesehatan. Seperti, menguatkan kaki, menguatkan jantung dan paru-paru, bebas dari kegemukan, dan bikin stamina jadi kuat. Sudah nggak perlu lagi daftar fitness dengan harga mahal.

2. Menambah Kreatifitas

menambah-kreatifitas

Via Getty Images

Seperti dilansir Huffington post, banyak penelitan banyak menghabiskan waktu di luar rumah meningkatkan tingkat kepekaan dan kreativitas sebanyak 50 persen dalam memecahkan masalah. Hiking di alam bebas salah satunya. Dengan berinteraksi dengan alam dan udara segarlah dapat berkontribusi terhadap peningkatan kreativitas tersebut.

3. Menjauhkanmu Dari Stress

menjuhkanmu-dari-stres

Via AFP

Bergerak sampai mengeluarkan keringat dapat memberikan efek relaks kepada tubuh, oleh sebab itulah saat kamu mulai berjalan menyusuri track dan mengeluarkan keringat, kamu akan merasa bahwa mendaki mampu menghilangkan stres dan membuatmu merasa bahagia.

Tidak sampai di situ, Selain itu, pemandangan hijau yang ada pada dedaunan mampu menjaga kesehatan mata, menghilangkan stres dan membuat pikiran menjadi tenang.


BACA JUGA Merasa Hidupmu Datar? Tantang Dirimu dengan Mendaki 4 Gunung Ini!


4. Menjaga kepadatan tulang

kepadatan-tulangVia 100reasonstohire

Memanjat tebing dan melakukan aktivitas menantang seperti hiking juga dapat menjaga kepadatan tulang kamu sehingga mencegah penyakit seperti osteoporosis.

5. Menurunkan berat badan

menurunkan-berat-badan

Via Metrotvnews

Mendaki gunung biasanya mau tidak mau membuat kamu berjalan menanjak, menurun, dan di medan yang bervariasi. Hiking pada kecepatan yang nyaman masih bisa membakar 240 hingga 370 kalori per jam.

Saat liburan nanti, kegiatan mendaki gunung menjadi salah satu kegiatan yang wajib kamu lakukan nih Friends. Tapi, sebelum itu kamu harus miliki perlengkapan mendakimu dulu. Kamu bisa cek di Blibli.com, manfaatkan cicilan 0% dan bebas biaya kirim!

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY