Ngembangin Kemampuan Anak Down Syndrome Biar Skill-nya Keasah

Photo via id.pinterest.com

Buat orang tua yang punya anak berkebutuhan khusus, kudu ekstra sabar soalnya gak mudah buat ngejagain dan ngajarinnya. Mulainya juga pelan-pelan banget supaya si anak cerna kata-katanya juga gampang. Emang cara ngasuh anak down syndrome itu susah-susah gampang. Nih, saya kasih tau tips ngasuhnya.

1. Peka sama bakat anak

Orang tua kudu peka sama bakat anak. Kalo anak seneng ngelakuin sesuatu bisa tuh daftarin anak les privat khusus. Cara ini bisa ngembangin dan ngasah skill anak. Udah banyak banget kok anak down syndrome yang pinter ngelakuin sesuatu, malah sampe dapet penghargaan.

2. Diajarin mandiri

Buibuk dan bapak2 bisa ngajarin anak buat mandiri. Dari hal kecil dulu deh, kayak pake sepatu atau baju, mandi, atau makan sendiri. Cara ini bikin anak kebiasa ngelakuin kegiatan sehari-hari. Eits, tapi tetep kudu dipantau biar tetep aman.

3. Ngajak anak sosialisasi di luar
Ini penting dilakuin supaya anak jadi tau gimana dunia luar. Caranya simpel aja kayak nyapa tetangga, ngobrol sama temen, atau ajak jalan ke luar. Pokoknya biar anak gak di rumah mulu supaya makin nambah pengetahuannya.

4. Pake Kalimat Pendek Pas Ngobrol sama Anak

Kalo mau ngobrol sama anak, pake kalimat pendek aja dulu, misalnya kayak ngucapin “Selamat pagi” atau “Mau makan apa?” biar anak jawabnya juga pendek. Soalnya kalo kepanjangan ngobrolnya malah bikin anak susah nangkep.

Anak itu titipan Tuhan, jadi kudu banget disayang sama dijagain. Biarpun prakteknya gak segampang yang dibayangin, yang penting lakuin semuanya dengan sabar. Kudu yakin sama perkembangan anak dan pastiin buat mantau setiap saat.

Children see magic, because they look for it. – Christopher Moore.

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY