Buat kamu yang sedang merencanakan wisata, mungkin merasa nggak mau mengikuti ide mainstream seperti wisata kuliner, wisata pantai, wisata budaya, atau wisata gunung. Kali ini, ada ide wisata yang wajib dicoba para pemberani, yaitu:

Ide Wisata Adu Nyali!

Ide wisata ini mendorong orang untuk berkunjung ke tempat angker nan mistis untuk memompa adrenalin (sekaligus mengukir momen memorable dalam hidup).

Berbicara hal-hal berbau mistis, Indonesia adalah gudangnya. Nggak hanya terkenal dengan mitos-mitos yang beredar di kehidupan masyarakatnya saja, negara kita tercinta ini juga rupanya menyimpan banyak tempat angker. Jadi, cocok banget buat wisata adu nyali!

Gak hanya menguji adrenalin, tempat-tempat wisata ini juga menyimpan kisah sejarah yang bisa kamu gali. Cocok banget buat kamu yang suka sama hal-hal berbau sejarah dan budaya suatu tempat di masa lalu.

1. Goa Jepang dan Goa Belanda, Bandung

goa-jepang-dan-belanda

Via – Untold Story

Bandung nggak hanya menyimpan beragam keindahan alamnya sebagai tempat wisata untuk menghilangkan penat dari kesibukan masyarakat ibukota. Namun juga memiliki banyak tempat-tempat seram yang sayang jika kamu lewatkan.

Salah satu tempat mistis yang terkenal adalah Goa Jepang dan Goa Belanda di kawasan Dago, Bandung Utara.

Pada masa penjajahan dahulu, sebuah terowongan dibangun di kawasan Dago, sebagai pusat kendali pembangkit listrik. Namun terowongan tersebut beralih fungsi menjadi markas komunikasi militer pada tahun 1940-an.

Pada masa perang, tentara Indonesia sempat menjadikan terowongan ini sebagai gudang mesiu dan senjata.

Mengapa terkesan angker? Konon pembuatan terowongan ini dilakukan oleh para rakyat yang didorong untuk kerja paksa. Selain itu beredar cerita tentang penyiksaan tawanan pada masa perang dahulu.

2. Lubang Buaya, Pondok Gede

lubang-buaya

Via – Dimensi Lain

Berbicara tentang destinasi wisata seram, rasanya nggak akan lengkap tanpa menyebutkan tempat yang satu ini. Yup, Lubang Buaya yang terletak di kawasan Pondok Gede, Jakarta Timur ini memiliki sejarah kelam pada masanya.

Tempat ini menjadi saksi bisu pembantaian para pejuang Indonesia yang dilakukan ketika kejadian G-30S PKI. Saat kejadian tersebut, para personel PKI disiksa dan dibuang secara biadab ke dalam sebuah lubang kecil yang kini disebut Lubang Buaya.

Berani untuk jajal keberanianmu di sini?

3. Gunung Merapi, Jawa Tengah

gunung-merapi

Via – Uny Community

Selain sebagai tujuan para pendaki gunung, Gunung Merapi terkenal sebagai gunung api teraktif di Indonesia. Konon, gunung ini merupakan tempat wisata yang memiliki daya ‘magis’ cukup besar dan terkenal di nusantara.

Banyak pendaki yang tiba-tiba menghilang, tersasar bahkan meninggal di gunung yang juga termasuk dalam wilayah Sleman ini. Gunung yang juga sangat disakralkan oleh masyarakat sekitar ini sering pula dijadikan tempat untuk mengadakan ritual-ritual adat setempat.

Gunung Merapi memiliki beberapa titik lokasi yang dikenal angker, salah satunya yang disebut Pasar Bubrah. Tempat ini  merupakan punggung bukit di bawah kawah Merapi dan menjadi tempat para pendaki untuk mendirikan tenda.

Setidaknya, kamu jadi bisa menikmati keindahan alam, bukan?

4. Pantai Kenjeran dan Benteng Gudang Peluru, Surabaya

pantai-kenjeran

Via – Wisata Tiga

Pantai Kenjeran merupakan bagian dari objek wisata pantai di kota Surabaya bagian timur. Siapa sangka, di balik keindahan pantainya, Kenjeran ternyata juga dikenal sebagai tempat angker yang erat kaitannya dengan kekuatan mistis.

Masyarakat sekitar percaya bahwa di pantai ini terdapat kerajaan ular. Konon sebuah tikungan dari pantai lama menuju arah Nambangan sering terjadi kecelakaan yang menelan jumlah korban jiwa.
Di kawasan yang sama, terdapat Benteng Gudang Peluru besar yang nggak jauh dari Jembatan Suramadu dan Pantai Kenjeran. Bangunan ini dulu dijadikan pelindung untuk menghalau serangan pasukan Inggris yang ingin membombardir Surabaya.

Main ke pantai yang indah? Siapa takut?!

5. Keraton Yogyakarta

keraton-yogyakarta

Yogyakarta sering kali dijadikan kota untuk menghabiskan liburan. Selain dikenal sebagai kota pelajar, Yogyakarta memang memiliki pilihan tempat wisata yang beragam dan nggak kalah indah, salah satunya adalah Keraton Yogyakarta.

Keraton ini merupakan ikon kota yang terkenal. Bangunannya yang megah dengan suasana yang nyaman dan tenang, membuat banyak wisatawan betah berlama-lama di sini.

Namun siapa sangka, bahwa tempatnya para royal Yogyakarta tersebut memiliki aura mistis yang membuat para pecinta uji nyali penasaran.

Konon lokasi yang dianggap memiliki aura mistis sangat kuat adalah di sekitar bangsal Proboyeksa, di belakang bangsal Kencana yang merupakan lokasi penyimpanan peninggalan pusaka keraton Yogyakarta.

Serunya, kamu bisa mempelajari sejarah Yogyakarta dan berfoto di tempat ikonik ini!

6. Taman Festival Sanur, Bali

taman-festival-sanur-bali

Via – Raptor Blood

Saat mendengar kata “Bali”, kamu pastinya akan membayangkan keindahan pantai-pantainya yang eksotis. Namun ternyata di balik pulau indah ini tersimpan lokasi yang lama nggak terjamah (dan seram).

Tempat wisata seram yang bisa kamu kunjungi di Pulau Dewata ini adalah sebuah taman hiburan terbesar yang berlokasi di Sanur. Meski namanya taman hiburan, jangan berharap bahwa kamu akan menemukan keceriaan di tempat ini.

Selain itu, menurut banyak orang, Taman Festival Sanur ini dipercaya sebagai persinggahan para buaya untuk membuat sarang. Nggak heran jika bulu kuduk kamu akan berdiri begitu memijakkan kaki di tempat ini.

7. Goa Kontilola, Papua

goa-kontilola

Via – jwyamazed27

Bagi kamu yang penasaran dengan kawasan angker Indonesia Timur, singgahlah ke goa alam bernama Kontilola di kawasan Lembah Baliem, Wamena.

Bagi masyarakat sekitar, Goa Kontilola dikenal sebagai kerajaan kelelawar. Karena banyak sekali kelelawar yang tinggal di aula raksasa dalam goa ini. Selain ruang-ruang besar, Kontilola juga mempunyai bagian yang mirip hutan dengan langit-langit beratapkan dedaunan.

Kesan mistis tempat ini datang dari lukisan-lukisan purba aneh di dinding dan langit-langit goa setinggi tiga meter yang nggak diketahui siapa pembuatnya.

Bahkan banyak ahli sejarah dan warga setempat percaya jika lukisan tersebut adalah gambar sosok alien. Menurutmu, siapa sih yang kira-kira iseng memanjat dinding goa dan melukis di atas langit-langit tersebut? Hanya bisa kamu cari tahu sendiri jawabannya.

8. To Wentira, Palu, Sulawesi Selatan

to-wentira-palu

Via – Lentera Sulawesi

Mendengar kata Uwentira atau Wentira, masyarakat Sulawesi akan merujuk pada cerita soal keberadaan komunitas atau kota misterius. Hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melihat dan berkomunikasi dengan warga Uwentira.

Letaknya berada di Kebun Kopi, jalan poros Taweli – Toboli. Jika dilihat oleh mata biasa, tempat ini hanyalah belokan tajam normal dengan jembatan, sebuah pondok peristirahatan, dan tugu di pinggir jalan.

Bagi mereka yang pernah memasuki wilayah Uwentira, kota gaib tersebut merupakan kota paling modern di dunia. Bahkan disebut-sebut sebagai bagian dari kerajaan Atlantis yang telah musnah!

Beragam kisah nggak masuk akal pun berhembus, salah satunya adalah cerita mengenai seorang pria tua yang memesan mobil BMW dan meminta untuk mengirimkannya ke Wentira. Namun ketika mobil tersebut diantarkan ke alamat yang dituju, lokasi tersebut hanyalah sebuah hutan lebat.

Warga sekitar juga percaya bahwa ketika melewati kawasan sekitar Wentira, pengendara diwajibkan untuk membunyikan klakson sebanyak tiga kali agar perjalanan mereka lancar sampai tujuan. Tertarik untuk berwisata ke alam lain?

9. Kilang Minyak Pertamina, Balikpapan

kilang-minyak-pertamina

Via – megemini

Destinasi mistis selanjutnya adalah sebuah kompleks kilang minyak Pertamina di Balikpapan, Kalimantan Timur. Area kilang minyak ini merupakan pusat pengolahan minyak mentah yang sudah ada sejak masa penjajahan dulu.

Karena dianggap sebagai aset yang sangat penting, kilang minyak ini dahulu sempat berpindahtangan dari pemerintah Belanda ke lnggris, kemudian Jepang, hingga akhirnya menjadi milik Pertamina. Konon saat penjajahan dahulum banyak rakyat yang dipenggal sadis di kawasan ini.

Sebagai pengunjung, mungkin kamu hanya bisa bertengger di area luarnya saja. Namun jika suatu saat kamu masuk, maka ceritakanlah kepada kami apa yang kamu temui.

Dari ulasan destinasi wisata angker di atas, mana yang menurutmu paling seram? Walau seram, ada kisah di balik sebuah tempat yang menarik untuk dicari tahu! Bagi kamu yang ingin mengunjungi tempat-tempat seram di atas, Blibli.com hadir untuk mewujudkan impian kamu dengan promo My Big Wish.

Dengan berbelana senilai 500.000 Rupiah, kamu bisa mendapatkan kesempatan memenangkan hadiah total milyaran rupiah, terbang gratis keliling Indonesia sepanjang tahun, menginap gratis di hotel berbintang sepanjang tahun, serta belanja gratis sepanjang tahun di Blibli.com. Tunggu apa lagi? Jadi ghostbusters Indonesia sungguhan sekarang juga dengan berbelanja!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY