Siapa sih yang nggak pernah mendengar nama Valentino Rossi? Pembalap MotoGP asal Italia yang lebih akrab dengan julukan “The Doctor” ini pernah memenangkan lebih dari 80 piala kejuaraan MotoGP.

Nama Rossi pertama kali dikenal semenjak tahun 1997, dimana dia berhasil memenangkan 11 dari 15 kejuaraan dunia Grand Prix. Semenjak itu, nama Rossi semakin sering muncul sebagai juara pertama di berbagai perlombaan.

Walaupun namanya sudah sangat terkenal, ada beberapa fakta yang nggak banyak diketahui bahkan oleh fans-nya sendiri tentang Rossi. Yang ngaku fans, sudah tahu belum dengan 7 fakta si dokter ini?

1. Juri “Masterchef” Italiamasterchef-italia

Via Sorrisi

Siapa sangka Si Dokter ini juga ahli kuliner. Tampaknya, kuliner dan balap merupakan dua hal yang nggak terpisahkan dari hidup Rossi.

Bahkan, syuting episode Masterchef-nya dilakukan di race pribadi sang pembalap. Rossi bersama dengan geng bikers dari tim VR46-nya turut menjuri di acara memasak ini.

Sudah ganteng, jago naik motor, paham kuliner lagi. Cewe mana tuh yang nggak suka? Pantas saja kalau ia punya banyak (lihat fakta no.2):

2. Asmara dengan para wanita terkenalasmara-rossi

Via Formula 1

Kisah asmara pembalap ini sedikit mirip dengan kisah cinta penyanyi muda Taylor Swift, nggak ada ujungnya dan silih berganti. Mulai dari artis cantik Martina Stella, sampai ke model seksi Linda Morselli. Kabarnya paling tidak ada 8 wanita cantik yang pernah singgah di kehidupan Valentino Rossi.

Kalau Rossi pernah memutuskan untuk mempunyai hubungan serius, mungkin Marwa Klebi adalah wanita beruntung itu. Pasangan ini pernah menjalin hubungan selama tiga tahun sebelum kandas di tahun 2012.

Menurut gosip, sekarang pasangan ini pun sedang kembali lengket dengan berlibur di pantai Kroasia. Di sini letak bedanya Rossi dengan Swift yang “never ever getting back together” dengan mantannya.

Bagi kamu para wanita yang nge-fans berat sama Rossi, jangan sedih ya karena hal ini. Memang susah untuk nggak terpana oleh pembalap ganteng yang satu ini.

3. Selalu memakai nomor punggung 46. Mengapa?rossi-46

Via Motorcycle USA

Berbeda dengan pembalap juara yang lebih memilih nomor punggung 1. Rossi selalu menggunakan nomor punggung 46 sepanjang karirnya. Nggak ada hubungannya dengan Bank BNI kok. Tapi, apa alasannya?

Dahulu, Rossi pernah menyaksikan aksi pembalap wildcard Jepang bernomor 46 melalui TV dan begitu terkesan sehingga ia memutuskan untuk menggunakan nomor tersebut. Nggak hanya itu, nomor ini juga dikenakan oleh ayahnya, Graziano Rossi ketika memenangkan lomba pertama pada 1979.

4. Punya maskot unyu “kura-kura”rossi-turtle

Via Cycle World

Balap mobil atau motor memang olahraga yang macho. Namun, daripada memilih maskot yang garang seperti singa atau macan tutul, Rossi malah menentukan pilihannya pada kura-kura (ironis!) sebagai maskot andalannya. Helm kura-kura ini digunakannya pada tahun 2013 sebagai simbol dari motorsport Italia.


BACA JUGA Hanya Pembalap MotoGP yang Merasakan 5 Sensasi Ini


5. Guido si British Bulldog kesayanganrossi-bulldog

Via Loop

Namun, hewan kesayangannya jelas bukan kura-kura. Dalam hidupnya, Rossi memiliki seekor anjing British Bulldog yang dipeliharanya sejak tahun 2000. Anjing lucu tersebut ia beri nama Guido, yang terjemahan kasarnya berarti ‘agresif dan maskulin’.

Bahkan Guido sempat menjadi maskot sang pembalap sebelum kura-kura. Namun sayangnya, Guido telah meninggal pada tahun 2008. Beberapa atribut motor Rossi pun ditempelin stiker Guido untuk mengenangnya.

6. Matahari dan bulan selalu di kepalamatahari-dan-bulan

Via Rossi Helmets

Nggak lengkap penampilan seorang pembalap tanpa helm. Nggak hanya sebagai pengaman, helm Rossi ternyata punya arti khusus. Jika kamu perhatikan, hampir di setiap penampilannya, helm yang digunakan Rossi memiliki gambar atau tema matahari dan bulan.

Rossi sendiri mengatakan bahwa kedua benda langit ini merupakan simbol dari kepribadiannya. Menurut Rossi, ia memilliki dua sisi kepribadian. Ia seperti matahari yang berani dan agresif, namun sekaligus juga tenang dan menyejukkan seperti bulan di malam hari.

7. Punya julukan yang sama banyak dengan pencapaiannyarossi

Via Its a Wheel Thing

Mungkin julukan Rossi yang paling kamu kenal saat ini adalah The Doctor, tapi sebenarnya pembalap ini mempunyai beberapa julukan seperti Rossifumi, Valentinik, dan The Kind of Mugello.

Nama-nama ini pun ada asal usulnya, seperti Rossifumi, yang diciptakan pertama kali karena kekaguman Valentino Rossi dengan pembalap asal Jepang, Norifumi Abe.

Nama The Doctor yang dipakainya sekarang merupakan julukan ciptaannya sendiri karena pembalap ini merasa sudah saatnya dia berkembang di dunia balap motor. Ia juga sering bercanda kalau di Italia, banyak dokter yang marganya Rossi juga.

Bagaimana fans Rossi? Apakah kamu merasa telah menegnal Rossi lebih dalam? Buat kamu yang fans berat dengan Rossi, jangan ketinggalan merchandise ikonik dari si pembalap! Buat kamu yang ingin membalap seperti Rossi, jangan lupa selalu mengenakan maskot kura-kuranya di kepalamu. Nggak lengkap juga kalau motormu belum dilengkapi Velg khusus V-Rossi Rossi.

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY