Momen usia awal si kecil memang terlalu sayang untuk dilewatkan begitu saja. Nggak heran jika saat ini, banyak banget moms yang melakukan newborn photography, mengabadikan momen si kecil sejak awal kelahirannya. Moms sudah pernah melakukan newborn photography, belum?

Kalau belum dan ingin mencobanya sendiri, pastinya moms memerlukan keterampilan dan tips khusus. Soalnya, memotret bayi itu nggak segampang memotret orang dewasa atau objek lainnya. Nah, untuk membantu moms dalam melakukan newborn photography, Margaret Han, founder dari Bambini Babies bakalan bagi-bagi tips khusus.

Margaret ini sudah sangat mahir dan punya sertifikasi internasional untuk memotret bayi, lho. Jadi, semua tipsnya dijamin aman untuk dilakukan. Penasaran apa aja tipsnya? Simak selengkapnya, ya!

DAPATKAN HARGA KHUSUS UNTUK KAMERA IDAMANMU HANYA DI SINI!

1. Lakukan pemotretan di rentang hari tertentu

newborn photography
Via – @bambinibabies

Tips pertama dari Margaret adalah menentukan hari pemotretan. Margaret mengatakan bahwa idealnya newborn photography dilakukan saat bayi berusia antara 5 hingga 14 hari. Pemilihan hari ini bukannya tanpa sebab, ada alasan logis yang melatarbelakanginya.

Di hari kelima hingga empat belas hari bayi lahir, biasanya kegiatan menyusu sudah cukup stabil, bayi sudah merasa kenyang dan tali pusarnya sudah lepas. Selain itu, di usia ini lah bayi banyak menghabiskan waktunya dengan tidur sehingga sangat fleksibel untuk melakukan berbagai pose.

ABADIKAN MOMEN PERTAMA SI KECIL DENGAN PILIHAN KAMERA BERIKUT INI

2. Tentukan kamera yang akan digunakan

newborn photography
Via – @anabrandt

Dari versi Margaret, nggak ada kamera yang pasti bagusnya. Penentu hasil newborn photography bukanlah kameranya, melainkan orang yang ada di balik lensa kamera. Akan tetapi, terlepas dari siapa fotografernya, pemilihan kamera sedikit banyak akan mempengaruhi hasil foto. Untuk saat ini, Margaret merasa bahwa full-frame DSLR dengan fixed lens 50 mm f1.4 lah yang paling cocok untuk memotret bayi.

Ngomongin soal kamera, tentu nggak bisa lepas dari flash. Apa boleh menggunakan flash saat memotret bayi yang baru lahir? Margaret mengatakan bahwa flash masih jadi pro kontra di dunia newborn photography.

Buat dirinya sendiri, flash terbilang cukup aman digunakan asalkan dalam intensitas yang rendah. Untuk memastikan keamanannya, moms bisa meniru cara yang biasa dilakukan Margaret, yaitu dengan memanfaatkan cahaya alami, sinar matahari. Jika cahaya dinilai kurang memadai, moms bisa menggunakan continuous lights dengan intensitas rendah.

CARI KAMERA YANG PAS BUAT NEWBORN PHOTOGRAPHY? DI SINI AJA!!!

3. Mengatur posisi bayi yang aman

newborn photography
Via – @anabrandt

Apabila moms perhatikan, posisi bayi dalam newborn photography selalu menggemaskan dan variatif. Nah, untuk mengatur posisi itu, tentu nggak boleh sembarangan. Soalnya kenyamanan bayi dan estetika fotonya harus imbang.

Margaret menyebutkan bahwa bayi selalu punya posisi uniknya sendiri. Tugas fotografer adalah untuk memahami pose tersebut dan membuat bayi merasa nyaman.

Mulai dari posisi tangan dan anggota tubuh lainnya. Trik yang digunakan nggak pernah sama, tergantung dari cara si fotografer. Namun, yang jelas, tips dalam mengatur posisi bayi ini adalah terus mencoba, lagi dan lagi.

KAMERA YANG BIKIN SI KECIL SELALU NYAMAN ADA SI SINI, LHO!!!

4. Pose bayi yang menggemaskan ketika difoto

newborn photography
Via – @bambinibabies

Untuk mengatur gaya atau pose bayi, ada beberapa safety standards yang penting untuk diikuti. Apabila pose yang diinginkan terlalu berbahaya, maka sebaiknya nggak dilakukan langsung pada bayi. Untuk mendapatkan pose yang terkesan berbahaya itu, moms bisa menerapkan metode yang biasa dilakukan Margaret, yaitu composite editing atau menggabungkan beberapa hasil foto sekaligus.

Untuk mendukung pose bayi, moms tentu membutuhkan properti atau objek tambahan. Nah, pemilihan objek ini harus memenuhi 2 hal, yaitu clean dan safe. Objek haruslah bersih karena sistem imunitas bayi belum sempurna. Kemudian, objek haruslah aman agar bayi nggak terluka selama dan setelah sesi foto dilangsungkan.

KAMERA TERBAIK YANG PAS BUAT BAYI BISA KAMU TEMUKAN DI SINI!!!

5. Bagaimana jika bayi menangis?

newborn photography
Via – @bambinibabies

Jika bayi menangis selama sesi foto dilakukan, moms harus cari tahu dulu apa penyebabnya. Beberapa penyebab bayi menangis antara lain lapar, buang air, gangguan pencernaan, perut kembung, kepanasan atau kedinginan, dan merasa nggak nyaman.

Dalam memotret, Margaret selalu memperhatikan kebutuhan bayi. Menurutnya, kunci dari newborn photography itu terletak pada kemampuan handle bayi. Sebelum memulai mencobanya sendiri, ada baiknya moms mempelajari si kecil beserta kebutuhannya, teknik handling, dan teknik mengatur pose bayi dari berbagai kelas dan workshop.

ABADIKAN TANGISAN PERTAMA SI KECIL DENGAN PILIHAN KAMERA BERIKUT INI


Itu dia 5 tips khusus newborn photography dari Margaret Han. Apakah moms sudah siap mencoba newborn photography? Kalau belum, tenang saja. Moms bisa menggunakan jasa Bambini Babies untuk melakukan pemotretan sesi foto newborn selama bayi masih berusia kurang dari 1 bulan. Untuk info lebih lanjut, moms bisa langsung menghubungi mereka di Instagram mereka @bambinibabies.

Kalau moms mau coba berlatih sendiri, jangan lupa untuk selalu memperhatikan kenyamanan si kecil. Pose yang lucu adalah bonus, yang terpenting adalah kehadiran si kecil di hidup moms.

Nah, moms sudah punya kamera untuk mulai latihan belum? Kalau belum, moms bisa temukan semua kamera yang moms mau di Blibli.com. Lagi ada diskon hingga 61% untuk kamera pilihan, lho! Jangan sampai kehabisan, segera #BlibliSekarang!

DAPATKAN KAMERA IDAMANMU DENGAN HARGA TERBAIK SEKARANG JUGA!!!

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY