­­­1. Pastikan Asupan Air Secukupnyaair

Via pixabay.com

Segera minum sebelum merasa haus. Kamu tidak perlu mengikuti mitos delapan gelas air minum setiap hari. Cukup pastikan bahwa asupan air di dalam tubuh kamu terpenuhi. Kamu bisa melihat hal ini melalui urin. Semakin jernih urin, artinya kebutuhan air minum kamu telah terpenuhi.

Mengingat cuaca yang kerap berubah pada musim pancaroba, hindari juga minum minuman dingin dan terlalu panas. Jika kebutuhan air minum kamu terpenenuhi, sudah pasti daya tahan tubuh kamu juga meningkat. Simple, kok!

  1. Konsumsi Buah, Perkaya Nutrisibuah

Via pixabay.com

Mengonsumsi makanan yang bergizi juga sangat penting. Pada musim pancaroba, kamu harus mulai puasa makanan-makanan tidak higienis yang biasa kamu beli di pinggir jalan. Mulai konsumsi buah-buahan. Selain mengandung vitamin, glukosa di dalam buah bisa memberikanmu energi sehingga tubuh kamu tetap fit. Belum lagi dengan kandungan air yang tinggi, kamu semakin jauh dari kemungkinan mengalami dehidrasi.

Pastikan juga makanan yang kamu makan komponen lengkap, mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Jangan lupa perhatikan kebersihan makanan yang dikonsumsi juga ya.

  1. Sedia Payung Sebelum Hujanpayung

Via flickr.com

Musim pancaroba identik dengan cuaca yang bisa berubah dalam waktu singkat. Terkadang bisa hujan dan terkadang bisa terik sekali. Selalu sedia payung di dalam tas kamu. Jangan sampai kamu kehujanan atau terpapar langsung teriknya matahari karena tentu daya tahan tubuh akan sangat terganggu dengan perubahan cuaca ekstrim seperti itu.

Saat udara dingin, gunakanlah pakaian yang tebal agar tubuh terlindungi dari paparan udara dingin. Sebaliknya, jika cuaca panas, jangan lupa gunakan topi, syal, jaket, atau payung untuk melindungi kulit dan kepala anda dari teriknya paparan sinar matahari langsung.


BACA JUGA 5 Cara Bebaskan Pegal Badan


  1. Olahraga Yuk!olahraga

Via freestockphotos

Jika kamu biasanya tidak berolahraga, kali ini mulailah mencoba memasukkan olahraga ringan sebagai rutinitas kamu. Kegiatan ini memastikan tubuh kamu tetap berkeringat sehingga metabolisme di dalam tubuhmu menjadi lebih lancar.

Kamu bisa melakukan olahraga sederhana seperti bersepeda, sekedar berjalan kaki, atau senam. Cukup luangkan waktu sekitar 30 menit dan tubuhmu pasti akan jauh lebih fit. Jangan lupa stretching ya!

Luangkan waktu juga untuk melihat berbagai alat olahraga yang ada. Sehingga kamu bisa melihat kira-kira olahraga apa yang cocok dengan kamu.

  1. Tahan Dulu Ngopinya!kopi

 Via pexels

Buat kamu yang memiliki kebiasaan ngopi, kamu harus menguranginya di musim pancaroba ini. Di dalam kopi terdapat kafein yang merupakan kristal alkaloid xantin yang memberikan rasa pahit berasal dari sejumlah biji, daun, dan buah dari beberapa tanaman. Apakah hal tersebut bagus? Ini kata dokter!

Menurut Franz H. Messerli, MD, seorang profesor kedokteran klinis di Columbia University di New York City, kafein merupakan diuretik ringan. Sifat diuretik ini membuat kamu merasa harus buang air kecil. Semakin sering kamu buang air kecil, semakin kamu kehilangan cairan tubuh. Semakin banyak cairan tubuh kamu yang hilang, semakin sedikit nutrisi yang dapat diserap tubuh. Jadi, puasa dulu ya ngopi-nya.

  1. Jangan Malas Mandi!mandi

Via wikipedia

Cara paling sederhana dalam menjaga kebersihan tubuh adalah dengan rutin mandi. Dengan tetap menjaga kebersihan, kita semakin sulit tertular penyakit. Selain mandi, mulailah kebiasaan bersih lainnya seperti mencuci tangan sebelum makan dengan antiseptic atau sabun. Hal ini membnatu kamu terhindar dari berbagai sumber penyakit seperti virus dan bakteri.

Buat kamu yang biasanya malas mandi, maka di musim pancaroba ini kamu harus mulai meninggalkan kebiasaan lama itu. Jangan relakan tubuhmu menjadi sarang kuman!

  1. Vitamin Nggak Cukup Cuma dari Makanan Sajavitamin

Via wikipedia

Meski sudah mengonsumsi makanan bernutrisi, kamu bisa menambah asupan nutrisi  melalui suplemen dan vitamin. Namun, pilihlah suplemen dan vitamin yang tepat sesuai kebutuhan kamu. Kamu juga bisa mengonsumsi berbagai minuman yang bisa menambah stamina kamu selama musim pancaroba

Untuk menambah stamina di musim pancaroba, pilih minuman penambah stamina yang benar-benar mengandung  vitamin B yang lengkap yang diperlukan untuk menjaga stamina tubuh seperti vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B8 dan B12. Suplemen dan vitamin ini juga bisa kamu temukan dengan mudahnya secara online, loh.

  1. Lepaskan Beban Pikiranlepaskan beban pikiran

Via pexels.com

Salah satu hal yang bisa membuat daya tahan tubuh seseorang menurun adalah pikiran yang tidak tenang. Stress dan depresi kenyataannya bisa membuat kamu lebih rentan terkena penyakit loh. Apalagi di musim pancaroba, dimana cuaca tidak bisa ditebak. Sesehat apapun tubuh kamu, kalau kondisi psikologis sedang tidak nyaman, maka tubuhmu sudah menjadi target empuk buat penyakit!

Kelola stress dan depresi kamu sebaik mungkin. Bergaul dan bersosialiasi dengan para sahabat dan keluarga terdekat bisa membantumu menghilangkan stress. Bernyanyi, menari, nonto film, dna coba berpikir terbuka terhadap permasalahan yang dihadapi. Dengan mengelola stress dengan baik kamu bisa terhindar dari dampak negatif dari stress seperti susah tidur, hilangnya nafsu makan, dan pada akhirnya rentan terhadap berbagai penyakit.

  1. Jangan Bergadang Deh! Lanjut Esok Pagi!begadang

Via pixabay.com

Beristirahatlah yang cukup! Jangan begadang jika tidak diperlukan. Istirahat yang cukup diperlukan untuk mengembalikan energi yang telah dikeluarkan. Kurang istirahat sudah pasti bisa mengurangi daya tahan tubuh. Bergadang bisa menjadi pemicu stres juga loh!

Meski di musim pancaroba cuaca tidak menentu dan rawan terhadap berbagai penyakit, bukan berarti kamu tidak bisa tetap semangat dan produktif bukan. Ikuti berbagai tips untuk menjaga kesehatan tersebut dan bila perlu lengkapi dengan berbagai produk asupan kesehatan tambahan yang tentunya bisa kamu temukan dengan mudah di Blibli.com. Musim pancaroba? Siapa takut!

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY