Mukul-mukul Bedug Keliling Kampung Bikin Kangen Malem Takbiran

Photo via pexels.com

Gak kerasa udah mau 1 bulan ngejalanin puasa. Cuma ya sedihnya, ini jadi tahun kedua puasa pas pandemi. Banyak kebiasaan yang berubah, kaya misalnya bukber rame-rame, takbiran keliling, dan yang lainnya. Gara-gara kasus positif masih ningkat terus, pemerintah juga bikin larangan buat mudik. Makin sedih deh gak bisa ketemu keluarga besar di kampung huhuhu. 

Salah satu yang dikangenin itu ya pas momen-momen takbiran. Gak kayak pas lagi pandemi, takbiran dulu-dulu tuh seru banget. Keliling komplek sambil bawa obor, terus nabuh-nabuh bedug sampe pagi bareng temen-temen. Aduuuuh kangen banget! Saya malah sampe pagi di mesjid buat ngeramein tuh takbiran hehehe. 

Nah, kalo ngomongin soal takbiran, saya jadi inget gimana meriahnya takbiran di kampung saya. Dari yang muda sampe yang tua, rame-rame ngerayain takbiran. Pokoknya berasa banget deh kebersamaannya.

Yang paling saya inget pas takbiran keliling kampung itu desek-desekan di dalem mobil pick up yang diisi 6 sampe 10 orang. Terus masing-masing orang punya tugas. Ada yang mukul bedug, ada juga yang cuma keprok-keprok tangan gara-gara bisanya cuma itu hahaha. Ada yang pakaianya unik-unik tapi tetep keren. Tapi seruuu, semua ngerasain senengnya malem takbiran, malem kemenangan buat semua umat muslim abis puasa sebulan penuh. 

Kalo ada warga yang gak kebagian ikut takbiran keliling kampung, biasanya pada ngeramein takbiran di masjid. Mukul-mukulin bedug, nyuarain takbir pake toa yang suaranya bakalan kedengeran sampe ke pelosok kampung. Cuma biar gimanapun, tiap denger suara takbir, saya selalu merinding. Perasaan seneng sama sedih nyampur jadi satu. Seneng bisa ngelewatin puasa sebulan penuh, sedih kalo-kalo gak bisa ketemu puasa tahun depan huhuhu. 

Terus, tiap malem takbiran yang paling saya inget, yaaa pas pulangnya kemaleman banget. Di rumah pasti ibu sama bapak udah nunggu anaknya balik takbiran. Kalo besoknya saya bisa bangun dan ikut sholat Ied sih aman. Gak bakal ada peperangan di dalam rumah. Yang bahaya ini kalo saya bablaasss. Wadooohh bisa kacau dunia persilatan.

Gak kerasa ya, udah hampir 2 tahun kegiatan-kegiatan yang seringnya dilakuin pas bulan Ramadan beda banget sama yang dulu. Makanya, plis banget, pandemi cepetan selesai doonng. Selain saya kangen takbiran keliling kampung, saya juga kangen mukul-mukul bedug sama temen-temen komplek sampe pagi huhuhu…

TEMUKAN PROMO MENARIK SELAMA HIKMAH RAMADHAN BLIBLI DI SINI!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY