Mudik Lebaran dan Adap yang Harus Dipatuhi saat Pandemi

mudik lebaran

Mudik Lebaran – Di Indonesia, budaya mudik atau pulang kampung mencapai puncaknya saat Lebaran. Ini dilakukan bagi para perantau yang sehari-hari bekerja di kota lain. Beberapa hari sebelum Lebaran hingga saat hari H tiba, banyak orang melakukan perjalanan pulang ke kota asal mereka. Perjalanan ini bisa dilakukan dengan berbagai alat transportasi. 

Ada yang suka menggunakan perjalanan darat dengan mobil pribadi maupun sewaan, hingga sepeda motor pribadi, naik bus, atau kereta api. Ada yang lebih suka perjalanan cepat lewat udara. Dan ada juga yang lebih memilih transportasi laut. Menjelang dan setelah hari raya Idul Fitri, semua alat transportasi publik akan dipenuhi dengan masyarakat yang pulang dan kembali dari kampungnya.


Baca juga: Ngasih Mainan Ke Anak buat Dijadiin THR Pas Lebaran

Manfaat Mudik

mudik lebaranMudik adalah aktivitas yang punya banyak dampak positif. Yang pertama adalah menjaga tali silaturahmi dengan orang tua dan keluarga di tempat asal. Dalam 1 tahun, belum tentu bisa bertemu dengan anggota keluarga, terutama jika jarak kota asal sangat jauh. Di saat mudik, ini jadi kesempatan untuk mempererat hubungan. Saat mudik juga jadi waktu yang tepat untuk menciptakan dan menjaga kebersamaan dan persatuan bagi warga yang berasal dari daerah yang sama. Selain itu, mudik membawa dampak yang baik bagi kondisi perekonomian masyarakat di tempat asal. 

Terutama jika tempat asal adalah kota kecil yang sehari-harinya jarang tersentuh dengan perkembangan ekonomi. Para perantau akan pulang membawa uang dan belanja di tempat asalnya, sehingga terjadi perputaran ekonomi yang tinggi selama masa mudik di kampung halaman. Ini bisa berasal dari menyewa penginapan, makan di rumah makan atau tempat makan lainnya, membeli oleh-oleh, dan lain-lain. Pemudik juga bisa menyalurkan zakat fitrah dan zakat mal di tempat asal mereka, alih-alih di tempat tinggal mereka sekarang. 

Mengapa Mudik Lebaran 2021 Dilarang?

Image Source: Merdeka.com/aksara bebey

Mudik di saat Lebaran menjadi salah satu hal yang dinanti banyak orang dalam setahun. Sayangnya tahun 2021 mudik masih sangat dibatasi. Kenapa? Pemerintah melarang kegiatan mudik sejak tanggal 6 Mei hingga 17 Mei 2021 guna menekan penularan virus COVID-19. 

Di Indonesia, virus ini masih berkembang dengan luas. Jika mudik Lebaran nggak dibatasi, dikhawatirkan akan terjadi ledakan penularan besar-besaran. Pemerintah membuat keputusan ini pada dasarnya untuk melindungi masyarakat Indonesia agar nggak tertular virus COVID-19. Lindungi diri dan keluarga dulu ya, Blibli Friends! 

Syarat yang Harus Dipenuhi di Masa Pengetatan Mudik

Aturan larangan mudik Lebaran 2021 yang dibuat pemerintah sangat ketat. Untuk perjalanan darat, kendaraan yang dilarang adalah kendaraan bermotor umum dengan jenis mobil bus dan mobil penumpang. Kendaraan motor untuk perorangan dengan jenis mobil berpenumpang, bus, dan sepeda motor, kapal angkutan baik sungai maupun danau serta penyeberangan lainnya pun juga dilarang. Tapi ada pengecualian bagi siapa saja yang memiliki keperluan mendesak, yaitu:

  1. Orang yang sedang dalam perjalanan dinas termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai BUMN, BUMD, TNI, POLRI, dan pegawai swasta yang dilengkapi surat tugas serta tanda tangan dan cap asli dari atasannya
  2. Pelayanan kesehatan dalam kondisi darurat
  3. Kunjungan ke keluarga yang sedang sakit
  4. Kunjungan duka ke anggota keluarga yang meninggal dunia
  5. Ibu hamil dengan 1 orang pendamping
  6. Ibu yang akan melahirkan dengan maksimal 2 orang pendamping.

Kendaraan masih boleh melakukan perjalanan selama masa larangan mudik Lebaran 2021 dengan syarat:

  1. Kendaraan pimpinan lembaga tinggi negara RI
  2. Kendaraan dinas operasional dengan pelat dinas TNI/POLRI
  3. Kendaraan dinas operasional petugas jalan tol
  4. Kendaraan pemadam kebakaran, ambulans, dan mobil jenazah
  5. Mobil barang yang nggak membawa penumpang
  6. Kendaraan yang membawa pasien dalam kondisi kesehatan darurat, misalnya ibu hamil dan keluarga inti yang mendampingi
  7. Kendaraan yang mengangkut repatriasi pekerja imigran Indonesia, WNI, pelajar/mahasiswa yang berada di luar negeri, serta pemulangan orang dengan alasan khusus dari pemerintah ke daerah asal, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Di wilayah perkotaan ada beberapa wilayah yang masih diperbolehkan melakukan kegiatan di masa larangan Mudik Lebaran 2021, seperti aglomerasi Medan, Binjai, Deli Serdang, dan Karo, aglomerasi Jabodetabek, Bandung Raya, Semarang – Kendal – Demak – Ungaran – Purwodadi, Yogyakarta, Solo, Gresik – Bangkalan – Mojokerto – Surabaya – Sidoarjo, dan Makassar – Takalar – Maros. 

10 Alat-alat Kesehatan yang Harus Selalu Ada Selama Bepergian

Mudik Lebaran kali ini, tentunya tetap harus membawa beberapa alat kesehatan. Ini dia 10 alat kesehatan yang harus disiapkan saat bepergian:

  1. Masker

Sensi Masker Duckbill Face Mask 6 Masker
Sensi Masker Duckbill Face Mask 6 Masker

Saat ini, menggunakan masker adalah kewajiban. Jangan lupa gunakan masker dan kalau perlu bawa cadangan di dalam tas.

  1. Hand Sanitizer

SMG JOG SOLO SMILE Hand Sanitizer 500 mL Pump Bottle
SMG JOG SOLO SMILE Hand Sanitizer 500 mL Pump Bottle

Sering mencuci dan membersihkan tangan juga jadi kebiasaan baik yang harus dilakukan. Di tengah perjalanan mungkin sulit untuk mendapat akses ke air terus-menerus. Karena itu, siapkan hand sanitizer agar tangan tetap higienis.

  1. Sabun Cuci Tangan

Lifebuoy Liquid Red Pouch Hand Wash 180 mL Twin Pack
Lifebuoy Liquid Red Pouch Hand Wash 180 mL Twin Pack

Saat sedang berhenti, sangat dianjurkan untuk mencuci tangan dengan air agar tangan bersih selama melanjutkan perjalanan. 

  1. Hair & Body Sanitizer

Paket Sanitizer Saniter B
Paket Sanitizer Saniter B

Untuk perjalanan dalam jangka waktu cukup lama, misalnya perjalanan darat dan laut, sebaiknya yak lupa membawa hair & body sanitizer. Berbentuk spray, sanitizer untuk rambut dan badan ini bisa disemprotkan dari waktu ke waktu agar tetap bersih dan terhindar dari kuman dan bakteri selama perjalanan.

  1. Kacamata Pelindung

Face Shield Kacamata Kacamata Pelindung Wajah APD
Face Shield Kacamata Kacamata Pelindung Wajah APD

Alat ini terutama penting saat bepergian menggunakan alat transportasi publik saat ini. virus, kuman, dan bakteri bisa dengan mudah menular melalui mata. Jadi, menggunakan kacamata pelindung sangat dianjurkan agar tetap sehat selama perjalanan hingga di tempat tujuan.

  1. Obat Anti Mabuk

Antimo Dewasa 1strip 10tablet
Antimo Dewasa 1strip 10tablet

Banyak orang yang nggak tahan dengan perjalanan panjang, tapi terpaksa harus melakukannya selama mudik. Untuk menghindari kondisi mabuk yang buruk, sebaiknya sedia obat anti mabuk.

  1. Obat Sakit Perut

Caplang Minyak Kayu Putih 60 mL
Caplang Minyak Kayu Putih 60 mL

Di tengah perjalanan, mungkin saja ada makanan atau minuman yang nggak sesuai dengan kondisi perut kamu Untuk menghindari sakit perut yang sangat nggak nyaman, siapkan obatnya untuk perjalanan.

  1. Obat Sakit Kepala

BODREX Extra Obat Sakit Kepala 4 Tablet
BODREX Extra Obat Sakit Kepala 4 Tablet

Ada orang yang mudah tidur di tengah perjalanan. Tapi banyak juga yang kesulitan. Ini bisa menyebabkan kepala pusing. Karena itu, siapkan obat sakit kepala selama di perjalanan.

  1. Plester

Hansaplast Special Protection Bundle
Hansaplast Special Protection Bundle

Di perjalanan, mungkin saja tangan atau bagian tubuh lain tergores. Setelah dibersihkan dengan air, untuk menghindari luka terkena debu dan kotoran lain, sebaiknya ditutup dengan plester.

  1. Petroleum Jelly

Vaseline Petroleum Jelly 50 mL
Vaseline Petroleum Jelly 50 mL

Petroleum jelly punya banyak kegunaan. Selain bisa untuk meredakan goresan, bisa juga untuk mengatasi kulit yang kering. 


Baca juga: Kebutuhan Lebaran Apapun Ada Promo & Cashbacknya di Blibli

Pastikan membawa berbagai perangkat kesehatan yang penting saat harus bepergian. Nah, salah satu yang penting dan simple untuk kamu bawa adalah Hand Sanitizer. Di Blibli, tersedia hand sanitizer dari berbagai merek dalam beragam ukuran. Selain itu, masih ada berbagai alat kesehatan lainnya. Yuk, tetap jaga kesehatan di tengah perjalanan. 

Dapatkan Hand Sanitizer Terbaikmu Hanya di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY