Apakah kamu pecinta budaya Korea? Selatan ya, bukan yang Utara! Buat para Blibli Friends yang Korean Geek, tentu selain dengan drama dan musiknya, juga merupakan fans dari makanannya. Mungkin makan pagi-siang-malamnya selalu ke resto Korea mulu?

Tapi kalau ke resto mulu (apalagi di Jakarta) pasti ngeluarin biaya yang nggak sedikit. Makanan luar negeri gitu loh, pasti mahal! Namun, tahu nggak kalau sebenarnya nggak sulit membuat makanan Korea di rumah sendiri. Apalagi, rasanya bisa dibikin lebih enak!

Pasalnya, makanan Korea yang terkenal memang merupakan masakan khas rumah. Sehingga, ketika dibuat sendiri, kekentalan rasa ‘rumah’ bakal keluar. Tunggu apa lagi? Yuk ikuti guide simpel ini!

1. Kimbab

kimbab anak jajanVia Anakjajan

Walaupun mirip, ini bukan sushi kok. Kimbap adalah nasi putih (Bap) yang digulung dengan lembaran rumput laut kering (Gim) bersama berbagai isian seperti wortel, telur, zucchini (timun jepang), acar, potongan daging, atau ikan. Selain makanan berat, Kimbab juga bisa dijadikan snack yang sehat loh!

Cara membuatnya sangat sederhana, cukup bentangkan lembaran rumput laut, ratakan nasi pada permukaannya, susun isian memanjang dan gulung dengan rapi. Cukup potong gulungan kimbap ini untuk penyajiannya. Kamu juga bisa kreasikan isi kimbab ini dengan daging kepiting atau kimchi. Nggak susah, kan?

2. Bibimbap

bibimbap

Via flickr.com

Sederhananya, Bibimbap adalah nasi campurnya Korea. Di atas nasi yang sangat panas, kamu cukup meletakkan lebih dari lima lauk pilihan kamu yang ingin kamu campurkan ke dalam. Pilihannya mulai dari wortel rebus, toge, jamur-jamuran, bayam rebus, potongan daging (bisa ayam ataupun sapi) dan sebutir telur mata sapi. Tergantung apa yang kamu letakkan di atas, nama bibimbapnya bisa berbeda-beda.

Kamu cukup susun berbagai lauk diatas nasi, kemudian siram saus sambal khas Korea. Aduk-aduk hingga semua bahan bercampur menjadi satu. Terakhir, tarik nafas dalam-dalam untuk menghirup aroma menggugah yang dikeluarkan dari Bibimbap kamu!

3. Kimchi

kimchi

Via platingsandpairings.com

Siapa sih yang nggak pernah denger nama Kimchi? Makanan satu ini terkenal dengan kecocokannya untuk menjadi pelengkap atau bahan dasar berbagai makanan khas Korea lainnya. Terbuat dari sayuran (biasanya lobak) yang difermentasi dengan berbagai macam bumbu tradisional, kimchi biasanya memiliki rasa pedas dan asam.

Kamu bisa menggunakan sayuran seperti sawi, timun dan lobak untuk membuat Kimchi. Sayur-sayuran ini kemudian dicampur dengan bumbu yang terdiri dari jahe, bawang putih, bawang bombay, pasta udang, maupun saus ikan.

Kimchi terkenal sebagai side dish untuk menemani setiap hidangan Korea. Jika kamu berlibur ke Korea, maka makanan ini nggak akan pernah absen di setiap hidangan yang ada di sana. Nggak heran jika makanan ini menjadi makanan nasional Korea..

4. Sup Rumput

sup rumput

Via recipeshubs

Miyeok Guk atau sup rumput laut memiliki tempat spesial di dalam setiap hati Korea. Soalnya, makanan ini merupakan makanan khas yang diberikan ketika seseorang sedang berulang tahun. Sudah merupakan tradisi ibu yang melahirkan untuk memulihkan energinya dengan minum sup ini. Biasanya, diucapkan ‘terimakasih telah lahir di dunia ini’ waktu merayakan ulang tahun seseorang.

Untuk membuatnya, kamu hanya memerlukan rumput laut yang masih berbentuk lembaran belum diolah, kemudian direbus bersama racikan kaldu daging sapi. Kamu bisa menambahkan sedikit bawang merah, kecap asin, dan beberapa penyedap rasa lainnya sesuai selera. Semangkuk sup rumput laut pun sudah siap mengingatkan kita kepada sang Bunda tercinta!


BACA JUGA Jangan Gengsi, Penggemar Budaya Korea Keren Kok! Ini Alasannya


5. Ramyunramyun

 Via happiebb.com

Mie. Instan. Korea. Jika di dalam drama Korea, biasanya para aktor memakan ramyun langsung dari panci setelah di masak. Apalagi ketika nggak ada makanan Korea lainnya untuk disantap, seperti drama tentara/dokter yang syuting di Timur Tengah awal tahun lalu.

Kini di Indonesia, kamu bisa mendapatkan Ramyun dengan mudah. Untuk membuat rasanya lebih mantap, campurkan telur rebus dan aneka sayuran kedalam Ramyun kamu. Lebih sedap lagi kalau kamu ditemani semangkuk kecil Kimchi. Aduh, jadi kepengen!

Jika kamu kesulitan mencari ramyun atau bahan pelengkapnya, kamu bisa coba menemukannya di Blibli.com.

6. Kimchi Pancake (Kimchijeon)

Kimchijeon_2

Via 4.bp.blogspot.com

Kalau di Jakarta ada bakwan dan di Surabaya ada bala-bala, di Korea ada yang namanya Kimchijeon (Kimchi Pancake). Bahan dasarnya serupa, yaitu berupa terigu yang dicampur dengan air dan telur. Namun sebagai pengganti sayur-sayuran yang biasa ada di dalam bakwan, digunakan irisan kimchi.

Kimchi kemudian diaduk menjadi adonan bersama terigu telur dan air dan digoreng. Rasanya nggak kalah gurih dibandingkan bakwan, loh!

7. Mul Kimchi

maxresdefault

Via i.ytimg.com

Mul dalam bahasa Korea berarti air. Mul Kimchi adalah kimchi yang dibuat berair. Bahan untuk membuatnya hampir serupa dengan Kimchi biasa, namun sayuran utama yang digunakan adalah lobak dan zucchini. Bahan-bahan ini kemudian diberikan berbagai bumbu dan air hingga seluruh bahan terpadu menjadi satu.

Mul Kimchi ini memiliki rasa yang sangat menyegarkan loh! Cocok menjadi pendamping berbagai hidangan Korea lainnya.

8. Sundubu JiggaeDSC_0607

Via cdn1.koreanbapsang.com

Sundubu jiggae bisa diartikan sebagai sup tahu (dubu). Berbahan dasar tahu dan seafood yang direbus bersama racikan kuah pedas, makanan ini biasanya disajikan diatas mangkuk hotpot. Biasanya untuk menambah kenikmatan ketika kuah sup ini masih panas dimasukkan sebutir telur yang kemudian diaduk sehingga kuahnya menjadi lebih kental. Cocok sekali disantap saat cuaca sedang dingin.

Selain lezat, semua makanan Korea ini bisa kamu coba masak di rumah dengan mudah. Bahan-bahannya pun sangat mudah kamu dapatkan di pasar. Jika kamu kesulitan menemukan bahan-bahan makanan terbaik, kamu bisa mencoba mencarinya di Blibli.com loh!

Juga, agar pengalaman memasakmu lebih maksimal, nggak ada salahnya lengkapi juga peralatan masak kamu. Kini, kamu tak perlu lagi ke restoran Korea mahal untuk mencicipi masakan Korea.

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY