Mudah Berkebun di Rumah dengan 7 Alat Fungsional Berikut

Sering kali kita beranggapan bahwa berkebun hanya cocok dilakukan oleh orang tua, yakni sebagai aktivitas yang identik dengan kegiatan pascapensiun. Faktanya, banyak penelitian ilmiah membuktikan bahwa berkebun bisa mendatangkan manfaat sebagai penghilang stres dan sebenarnya cocok dilakukan oleh segala usia

Menurut Gillian Aldrich, editor majalah Gardener yang terbit di Amerika Serikat (AS), aktivitas berkebun juga bisa meningkatkan suasana hati, sekaligus memberikan perspektif baru tentang relasi antara manusia dan alam.

“Setelah kamu duduk sepanjang hari di balik meja, lalu memutuskan untuk turun tangan mengurus tanaman, kamu akan dengan sendirinya menemukan perasaan bahagia yang sulit digambarkan. Apalagi ketika melihat tanaman tersebut tumbuh dengan sempurna,” kata Aldrich.

Ditambahkan olehnya, bahwa salah satu keunggulan berkebun adalah media tanamnya yang berperan layaknya medium seni. Kamu bebas berkreasi sekreatif mungkin dalam menentukan jenis tanaman yang akan ditanam, mengatur pertumbuhannya, dan mengendalikan segala aspek untuk mendapatkan hasil akhir yang diinginkan.

Via miraclegro.com

Tidak perlu bingung tentang langkah memulai kegiatan berkebun karena di era modern ini kamu bisa menjelajah Google untuk menemukan tips dan trik andal dalam bercocok tanam, atau mencari tahu berbagai akun inspirasi sejenis di Instagram dan Pinterest.

Berkebun juga tidak selamanya harus mengandalkan lahan yang luas, karena kini muncul berbagai solusi cerdas untuk bisa menumbuhkan tanaman di media sempt, seperti hidroponik misalnya. Mencari bibit dan perlengkapan kebun juga tidak sesulit dulu, ketika toko pertanian dan pasar adalah dua opsi yang paling diandalkan. Kini, seiring dengan berkembang pesatnya era digital, berbagai kebutuhan cocok tanam juga bisa diheli dengan mudah di internet.

Tidak terkecuali di Blibli.com, segala kebutuhan sehari-hari dan perlengkapan hobi bisa ditemukan dalam beragam varian, harga bersaing, serta proses pengiriman yang terpercaya. Seluruh kualitas produk yang ditawarkannya juga dipastikan terjamin, dan tentunya selalu up to date.

Tidak sabar memulai berkebun? Yuk, simak dulu daftar rekomendasi produk andalan untuk bercocok tanam di bawah ini, yang semuanya dapat ditemukan dengan harga terbaik di Blibli.com.

TEMUKAN BERBAGAI AKSESORI UNTUK HALAMAN RUMAHMU DI SINI

1. Kebun Bibit Melati Kampung Bibit Tanaman

Kebun Bibit Melati Kampung Bibit Tanaman
Kebun Bibit Melati Kampung Bibit Tanaman

Ini merupakan bibit tanaman hasil rekayasa genetika oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), yang cocok ditanam di dataran tinggi dan rendah. Asalkan dipupuk dan disiram secara teratur sesuai kondisi lahan tanamnya, bunga melati berpotensi tumbuh optimal, menghasilkan deretan kelopak putihnya yang harum.

Berasal dari pengembangan bibit via teknik cangkok, tanaman ini hanya memerlukan media tanam berupa campuran tanah dan humus. Sangat disarankan untuk menanamnya di sela-sela tumbuhan rindang, atau di area yang tidak terpapar langsung sinar Matahari.

CARI BIBIT TANAMAN YANG NGGAK BIKIN RIBET? CEK AJA DI SINI

2. Flextreme Pacul Garut Mini Alat Berkebun Multifungsi

Flextreme Pacul Garut Mini Alat Berkebun Multifungsi
Flextreme Pacul Garut Mini Alat Berkebun Multifungsi

Dua fungsi dalam satu alat adalah konsep utama pada produk ini. Kamu bisa menggunakannya sebagai pacul dan juga alat pengeruk. Bentuknya yang ergonomis sangat cocok digunakan untuk bercocok tanam yang ringan, seperti mengurus tumbuhan hias atau berkebun hidroponik.

Alat ini juga bisa digunakan untuk mengeruk tanah dalam kegiatan membuat kompos, atau sekadar membuat lubang resapan biopori di halaman rumah. Materialnya Terbuat dari material 100 persen besi, sehingga kekuatan dan durabilitasnya lebih terjamin.

ADA BANYAK PERALATAN BERKEBUN DENGAN KUALITAS JEMPOLAN DI SINI

3. Universal Masker Samping Topi Pancing Multifungsi

Universal Masker Samping Topi Pancing Multifungsi
Universal Masker Samping Topi Pancing Multifungsi

Jika punya lahan yang cukup untuk berkebun luar ruang, kamu dituntut untuk sering mengurus tanaman di bawah sinar Matahari. Agar wajah senantiasa terlindung dari dampak buruk paparan sinar ultra violet, perawatan rutin saja tidak cukup. Diperlukan pula pelindung andalan seperti topi dengan masker samping ini.

Ya, ini adalah sebuah produk inovatif yang menggabungkan fungsi topi sebagai pelindung kepala dan masker wajah. Jadi, ketika kamu sibuk mengurus tanaman di bawah sinar Matahari, maka tidak perlu lagi khawatir tentang risiko kulut belang atau luka karena sensitif.

Terbuat dari material kain yang punya rongga mikro, membuat penggunaannya terasa nyaman di kepala. Bahan tersebut juga membuat keringat mudah terserap, sehingga kita pun tidak mudah gerah dan gatal-gatal saat berkebun.

TEMUKAN ANEKA AKSESORI BERKEBUN YANG APIK DI SINI

4. Custom Magic Hose Selang Air (15 meter)

Custom Magic Hose Selang Air 15 m
Custom Magic Hose Selang Air 15 m

Apa sih kelebihan selang air ini dibandingkan produk sejenisnya? Terbuat dari bahan baku berkualitas, selang ini tidak hanya berfungsi mengalirkan air, namun juga memiliki fitur pengendalian air di bagian ujungnya yang terdiri dari tujuh mode.

Masing-masing mode menunjukkan berapa besar dan kuat semburan air yang diinginkan, mulai dari kebutuhan menyemprot tanaman pot hingga area taman yang lebih luas. Didesain secara ergonomis, membuat selang ini nyaman digunakan di dalam berbagai konfisi. Material plastik karetnya juga fleksibel, dapat digunakan di berbagai kebutuhan tanpa khawatir terbelit-belit. Bahan baku berkualitas juga membuat proses penggulungan menjadi mudah diatur.

ADA BANYAK PERLENGKAPAN BERKEBUN ANDALAN YANG BISA KAMU TEMUKAN DI SINI

5. Garden Genie Gloves – Quick and Easy Way to Garden

Garden Genie Gloves Quick and Easy Way to Garden Sarung Tangan Berkebun
Garden Genie Gloves Quick and Easy Way to Garden Sarung Tangan Berkebun

Sebagai pemula, kegiatan berkebun bisa memicu risiko kecelakaan yang tidak bisa dianggap remeh. Untuk itu, sangat disarankan untuk mengenakan sarung khusus dari bahan berkualitas guna menghindari tangan dari ancaman luka luar ruang saat bercocok tanam.

Sarung tangan ini didesain secara khusus dari material karet berkualitas, yang mampu menjaga keseimbangan dalam memegang benda-benda bercocok tanam. Terdapat pula fungsi cakar khusus di seluruh bagian jari yang difungsikan sebagai alat garuk tanah pengganti sekop.

TEMUKAN BERBAGAI PERALATAN PERTANIAN TERBAIK DI BLIBLI.COM

6. Noinbrand Alat Pengusir Hewan Ultrasonic Tenaga Surya

Noinbrand Alat Pengusir Hewan Ultrasonic Tenaga Surya untuk Kebun Taman
Noinbrand Alat Pengusir Hewan Ultrasonic Tenaga Surya untuk Kebun Taman

Sebagai bagian dari siklus kehidupan, tanaman juga memiliki risiko diserang oleh predator, yang dalam hal ini adalah beberapa hewan kecil seperti misalnya tikus dan serangga. Nah, untuk mencegahnya, kamu perlu menggunakan produk ini, yang dirancang dengan teknologi ultrasonik sehingga mampu mengusir hewan pengganggu secara efektif tanpa berisik ataupun bau, serta bebas dari risiko bahan kimia.

Sumber tenaga produk ini berasal dari sinar Matahari, sehingga ramah terhadap lingkungan. Jangkauan lindungnya juga cukup luas, yakni antara 4 hingga 6 meter atau sekitar lebar rata-rata taman rumah ukuran medium.

CARI PRORDUK PERAWATAN TUMBUHAN? TEMUKAN DENGAN LENGKAP DI SINI

7. Jirifarm Paket Starterkit Akuaponik

Jirifarm Paket Starterkit Akuaponik Simpel 2 Termasuk Bibit Ikan Nila dan Sayur
Jirifarm Paket Starterkit Akuaponik Simpel 2 Termasuk Bibit Ikan Nila dan Sayur

Pernah mendengar istilah akuaponik? Ini adalah teknik tanam hidroponik yang dipadukan dengan fungsi pengembangbiakan ikan di dalam kolam. Beberapa tanaman yang bisa dibudidayakan di sini adlaah kangkung, bayam, sawi, selada dan beberapa jenis sayuran air lainnya.

Uniknya lagi, paket ini sudah termasuk dengan perlengkapan kolam ikan, lengkap dengan bibit nila berukuran 8-10 sentimeter. Terdapat pula paket pakan untuk masa guna satu hingga dua bulan, serta buku panduan yang mudah dipahami.

CARI PERLENGKAPAN BERKEBUN TANPA HARUS KELUAR RUMAH? cEK SELENGKAPNYA DI SINI

Lebih dari itu, siapa sangka jika berkebun juga memiliki manfaat kesehatan yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Sebagaimana dikutip dari AARP, sebuah organisasi medis swasta asal Inggris, berikut adalah empat manfaat utamanya.

1. Mendapat paparan vitamin D, yang bermanfaat bagi tulang dan sistem kekebalan tubuh manusia. Sebuah studi ilmiah pada 2014, yang diterbitkan di situs National Institutes of Health,menemukan bahwa paparan sinar Matahari membantu orang dewasa mencapai kadar vitamin D yang memadai.

2. Berkurangnya risiko demensia. Sebuah studi tahun 2006 menemukan bahwa ktivitas fisik, terutama berkebunb, dapat menurunkan risiko hilang ingatan hingga 36 persen.

3. Meningkatkan mood. Sebuah penelitian di Belanda, yang dikutip oleh CNN, menunjukkan bahwa perkelahian berkebun membuat stres lebih baik daripada hobi lain.

4. Latihan aerobik yang menyenangkan, di mana ketika asyik mengulik tanaman, seringkali orang-orang tidak sadar telah berkeringat yang memperlancar metabolisme tubuh.

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY