me

MotoGP Jadwal Tayang 2021, Yuk Catet!

Jul 19, 2021.By Blibli Friends
Bagikan

MotoGP Jadwal Tayang – Kamu penggemar balapan motor tingkat dunia MotoGP? Sudah tahu dong, kalau tahun ini jadwal MotoGP sudah dijalankan sejak bulan Maret lalu. Berawal di MotoGP Qatar yang diadakan pada 28 Maret di Sirkuit Losail, kemudian berlanjut ke MotoGP Doha pada 4 April di Sirkuit Losail. 

Setelah itu, MotoGP berlangsung di Eropa tepatnya MotoGP Portugal pada 18 April dan berlanjut ke Spanyol di Sirkuit Jerez pada 2 Mei 2021. Di 16 Mei MotoGP diadakan di Sirkuit Le Mans, Prancis dan di Sirkuit Mugello, Italia pada 30 Mei. Lalu di mana dan kapan jadwal MotoGP selanjutnya?

_________________________________________

Baca juga: Tiket MotoGP Mandalika & Fakta Sirkuit Mandalika

MotoGP Jadwal Tayang

Paruh kedua MotoGP tahun 2021 sebenarnya akan digelar di Finlandia pada 11 Juli, tapi sayangnya gagal diselenggarakan. Jadwal selanjutnya adalah MotoGP Syria pada tanggal 8 Agustus di sirkuit Red Bull King. Kamu bisa nonton MotoGP di Trans7 atau live streaming di vidio.com dan aplikasi Usee TV.

Dari Syria, MotoGP akan bertolak lagi ke Eropa, tepatnya ke sirkuit Red Bull Ring, Austria, pada tanggal 15 Agustus 2021. Selanjutnya di akhir Agustus MotoGP akan menuju sirkuit Silverstone Inggris pada tanggal 29 Agustus 2021. Lalu, pada 12 September MotoGP akan diadakan di sirkuit Motorland Aragon.

Tujuh hari setelah Aragon, MotoGP San Marino akan diadakan di Misano World Circuit pada 19 September 2021. Selanjutnya dilanjutkan di bulan Oktober pada 3 Oktober di Twin Ring Motegi, Jepang. Sehari setelahnya, pada 4 Oktober akan dilangsungkan MotoGP Amerika di Sirkuit of the Americas.

Di pertengahan Oktober, tepatnya 17 Oktober 2021, MotoGP Thailand akan diselenggarakan di sirkuit Chang International. Kemudian di 24 Oktober akan dilaksanakan di sirkuit Phillip Island, Australia. Kemudian pada 31 Oktober akan dilaksanakan di sirkuit Sepang Internasional, Malaysia.

Final MotoGP rencananya akan diselenggarakan di sirkuit Comunitat Valenciana pada 14 November 2021. Jam tayang MotoGP berbeda-beda karena diselenggarakan di berbagai negara yang punya waktu berbeda. 

Kabar baiknya, Trans7 juga bakal menayangkan babak kualifikasi. Khusus untuk babak kualifikasi ditayangkan melalui siaran tunda di malam hari sebelum esoknya balapan yang utama akan dilangsungkan dan ditayangkan. Jangan sampai ketinggalan, ya!

Fakta MotoGP 2021

Ada beberapa hal menarik seputar MotoGP 2021. Di antaranya adalah:

  1. Tim Monster Energy Yamaha Mendominasi 2 Seri

Di MotoGP Qatar dan Doha, tim Monster Energy Doha berhasil menempati podium pertama. Di Qatar dipegang oleh pembalap Maverick Vinales, berhasil mengalahkan Francesco Bagnaia dari Ducati. Sementara di Doha, pemenangnya adalah Fabio Quartararo. 

Penampilan Quartararo patut diacungi jempol, karena awalnya ia bahkan dilewati oleh beberapa pembalap lainnya. Ketika tinggal tersisa 9 lap lagi, Quartararo mulai menunjukkan bahwa ia bisa bersaing dengan gahar di sirkuit dan ini dibuktikan dengan mencapai garis finish pertama. 

  1. Dua Pembalap Prancis Ada di Podium Bersamaan

Di MotoGP Doha, tiga pembalap yang berhasil berdiri di podium adalah Fabio Quartararo, Johann Zarco, dan Jorge Martin. Ternyata ada yang menarik dari kemenangan Quartararo yang mewakili Monster Energy Yamaha dan Zarco yang mewakili Pramac Ducati. Apa yang menarik?

Keduanya adalah pembalap MotoGP yang mewakili Prancis. Jadi dua orang pembalap Prancis berdiri di podium yang sama menempati posisi pertama dan kedua. Hal ini terakhir kali terjadi 67 tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 1954! Sudah pasti ini jadi salah satu fakta menarik di MotoGP kali ini.

  1. Jorge Martin, Pembalap Rookie yang Tampil Menakjubkan

Selain peraih posisi pertama dan kedua di MotoGP Doha, ada Jorge Martin dari Pramac Ducati yang tak kalah menarik untuk disorot. Ia adalah pembalap rookie asal Spanyol yang pada awalnya memimpin balapan untuk waktu yang cukup lama di posisi paling depan.

Meski pada akhirnya gagal untuk mempertahankan posisinya, tapi martin tetap berhasil berdiri di podium urutan ketiga. Di akhir April 2021, Martin mengalami kecelakaan di MotoGP Portugal. Beruntung, operasinya sukses dan Martin bisa kembali balapan lagi di sirkuit pada bulan Juni. 

  1. Sebelas Pembalap Pernah Meraih Kemenangan di Kelas Tertinggi

Di MotoGP kali ini ada 22 orang pembalap yang turun. Menariknya, 11 orang di antaranya pernah meraih posisi kemenangan di kelas balapan yang paling tinggi. Ini tentu membuat para penggemar MotoGP jadi makin bersemangat karena banyaknya pembalap unggulan yang bergabung.

Total kemenangan yang diraih ke-11 pembalap itu adalah 169 kemenangan. Mereka adalah Marc Marquez, Valentino Rossi, Jack Miller, Maverick Vinales, Joan Mir, Brad Binder, Danilo Petrucci, Franco Morbidelli, Miguel Oliveira, Fabio Quartararo, dan Alex Rins. 

  1. Rekor Menarik Pembalap Muda Joan Mir

Joan Mir adalah pembalap muda luar biasa yang lahir pada 1 September 1997. Di usianya yang ke-23 tahun lalu, Mir berhasil memenangkan MotoGP 2020 dengan Suzuki Ecstar. Dia adalah orang Spanyol keempat yang memenangkan gelar bergengsi tersebut. 

Menariknya, Joan Mir berhasil menempati urutan pembalap paling muda ketujuh di sejarah dunia yang berhasil memenangkan MotoGP. Mir di usia 23 tahun 76 hari berhasil mengalahkan rekor Jorge Lorenzo yang menjuarai MotoGP 2010 di usia 23 tahun 159 hari. 

  1. Keikutsertaan Jack Miller di MotoGP

Jack Miller adalah pembalap asal Australia yang pertama kali debut di MotoGP pada tahun 2015. Jadi di MotoGP 2021 ini, Miller akan melakukan start yang ke-100. Miller juga mencatat sejarah karena berhasil melompat dari Moto3 langsung ke kelas yang paling bergengsi, MotoGP. 

Jack Miller akan menjadi perwakilan dari tim Ducati. Miller menjadi pembalap Australia yang mewakili Ducati sejak Casey Stoner mewakilinya di tahun 2010. Sebelumnya, pembalap Australia legendaris lainnya, Troy bayliss, juga pernah mewakili Ducati.

  1. Sirkuit Losail

Tahun lalu, sirkuit Losail, Qatar, jarang dijadikan tempat berlangsungnya MotoGP. Meski Moto2 dan Moto3 tetap dijalankan. Di MotoGP 2021, sirkuit Losail berhasil menyelenggarakan 2 pekan balap, yaitu MotoGP Qatar dan MotoGP Doha. Tentu menjadi kebanggaan tersendiri setelah tahun lalu tertunda. 

_______________________________________

Baca juga: Lima Alasan Kamu Tidak Boleh Melewatkan MotoGP Thailand 2020

Nonton MotoGP pasti salah satu yang menarik perhatianmu adalah helm pembalapnya yang super keren. Ya, selain sebagai pelindung kepala saat mengendarai sepeda motor, helm juga bisa dijadikan aksesori yang seru. Di Blibli, kamu bisa menemukan berbagai macam jenis helm dari berbagai merek. 

Mulai dari helm full face, half face, hingga open face. Varian warna yang bisa dipilih juga nggak kalah banyak. Nggak hanya itu, kamu juga bisa menemukan berbagai aksesoris helm seperti visor hingga ke penghilang bau dan desinfektan khusus helm. Jadi di Blibli kamu bisa mendapatkan helm baru dan perlengkapan untuk menjaga helm tetap higienis. Yuk, cek sekarang juga. 

Dapatkan Helm Berkualitas Hanya di Sini!

Tag: