Liburan berdua itu menyenangkan. Namun, mungkin moms dan dads bakal merasakan banyaknya tantangan untuk liburan ketika si kecil lahir. Liburan berdua pun menjadi liburan keluarga bersama si kecil.

Memang merepotkan. Terutama jika destinasi yang dituju lumayan jauh, sehingga butuh waktu, biaya, dan perlengkapan si kecil yang banyak! Andra Alodita, beauty dan lifestyle blogger yang kini juga jadi ibu untuk Aura Suri bercerita, aktivitas liburan bisa sesederhana jalan-jalan ke luar kota dan melihat binatang, karena Aura suka sekali dengan binatang.

Namun moms dan dads nggak perlu panik dulu. Liburan keluarga bersama si kecil akan tetap menjadi pengalaman yang nggak terlupakan kok, jika dipersiapkan dengan baik. Pilih produk untuk anak untuk liburan bisa pakai formula Andra Alodita nih, yaitu efektif, praktis, dan juga aman!

“Yang aman harus cari yang terpercaya, kualitasnya bagus, biasanya aku juga memperhatikan customer service itu nomor satu buat aku,” katanya.

Yuk simak tips ini untuk liburan yang lebih seru bersama si kecil!

1. Pilih destinasi wisata yang tepat

liburan-keluarga-bersama-si-kecil
Via – MiniTime

Hal pertama yang harus moms persiapkan adalah pemilihan destinasi wisata. Pastikan moms memilih destinasi wisata yang bisa dinikmati anak kecil dan keluarga. Ingat, ini liburan keluarga bersama si kecil!

Misalnya theme park seperti Dunia Fantasi di Jakarta karena moms dan dads bisa menemani si kecil bermain berbagai wahana permainan. Moms juga bisa pilih destinasi wisata alam atau pantai. Selain bisa mengenalkan si kecil dengan alam bebas, moms dan dads juga bisa santai.

2. Hindari liburan jenis road trip

liburan-keluarga-bersama-si-kecil
Via – Pinterest

Salah besar jika moms berekspektasi bahwa si kecil bakal menikmati road trip yang panjang, melewati perbukitan, hutan, dan sawah yang berulang-ulang. Kebanyakan anak-anak justru nggak peduli tentang pemandangan yang dilaluinya. Si kecil bakal nggak sabaran.

Liburan keluarga bersama si kecil kuncinya satu: yaitu stimuli yang terus menerus. Nah, bila perjalanan panjang, si kecil jangan dibiarkan bosan. Lebih baik seru-seruan di awal, dan biarkan si kecil istirahat kemudian. Pilih rute yang banyak rest area-nya ya!

3. Jangan pergi saat high season!

liburan-keluarga-bersama-si-kecil
Via – Lake George

Bukan lagi soal harga, namun soal macetnya! Suasana high season cenderung lebih ramai dan padat. Ini sama sekali nggak baik buat si kecil.

Pertama, ia bakal mudah bosan. Kedua, ia kan mudah lelah. Ketiga, bila ia umurnya masih kecil, maka liburan akan lebih diisi mengganti popok, memberi makan, dan menenangkan dirinya ketimbang having fun bersama.

Untuk menyiasatinya, moms sebaiknya pilih pilih waktu berlibur pada musim biasa. Selain moms bisa berhemat karena harganya yang lebih murah, si kecil pun bisa lebih menikmati liburannya.

4. Jika pakai pesawat terbang, perhatikan saat landing dan take off

 

liburan-keluarga-bersama-si-kecil
Via – Planetfem

Memilih pesawat sebagai transportasi untuk berlibur bersama si kecil tentunya lebih nyaman dibanding naik bus atau mobil. Hanya saja naik turunnya tekanan udara yang cepat ketika berada di dalam pesawat dapat membuat telinga si kecil terasa nyeri.

Untuk mencegah hal tersebut, moms bisa memijat telinga si kecil dari belakang. Jika si kecil sudah cukup besar, moms bisa membantunya dengan memberikan permen atau minum saat take-off dan landing. Siapkan selalu selimut yang akan membuatnya senantiasa nyaman.

5. Kereta dorong, barang wajib liburan keluarga bersama si kecil

 

liburan-keluarga-bersama-si-kecil
Via – Hint Mama

Baju ganti dan mainan si kecil sudah disiapkan untuk liburan keluarga kali ini? Ada satu lagi barang wajib yang perlu moms bawa, yaitu stroller atau kereta dorong.

Si kecil bisa bebas tidur di kereta dorongnya dengan nyaman selama jalan-jalan. Selain itu, kereta dorong juga bisa life saver bagi moms dan dads yang kelelahan. Jadi nggak harus menggendong si kecil.

6. Bawa snack favorit si kecil

liburan-keluarga-bersama-si-kecil
Via – Tiny Stars Nursery Canterbury

Satu hal lagi yang nggak boleh ketinggalan saat berlibur dengan si kecil, cemilan kesukaannya! Apalagi jika liburan kali ini memakan waktu yang cukup lama.

Cemilan ini berguna saat si kecil merasa lapar, sementara moms belum bisa menemukan tempat pemberhentian atau restoran saat perjalanan. Agar lebih sehat, selain membawa beberapa kue kering, moms bisa juga menyematkan sayuran rebus, buah-buahan, hingga susu untuk menemani perjalanannya.

7. Sering-seringlah memeriksa popok si kecil saat liburan

liburan-keluarga-bersama-si-kecil
Moms, ketika berlibur, sering-seringlah mengecek popok si kecil, ya! Ini penting, namun sering terlupakan ketika liburan keluarga bersama si kecil. Karena nggak jarang kita lupa dan membiarkan popok si kecil bocor. Selain si kecil menjadi kurang nyaman, popok yang terlambat diganti juga bisa memicu timbulnya ruam.

Biar nggak rewel, selalu bawa juga persiapan popok dengan bahan yang lembut. Jika si kecil sudah bisa merangkak dan berjalan, popok dengan model celana bisa menjadi pilihan yang praktis. Jangan lupa juga membawa krim ruam popok dan tissue basah di dalam tas moms, ya!

8. Jangan lupa bawa perlengkapan medis

 

liburan-keluarga-bersama-si-kecil
Via – eBay

Terakhir, yang harus moms perhatikan saat liburan keluarga bersama si kecil adalah keamanan dan kesehatan! Beberapa perlengkapan medis yang perlu moms bawa selama liburan misalnya parasetamol untuk penurun panas, obat merah, plester, antiseptik untuk membersihkan luka dari infeksi, salep anti-serangga, tabung oksigen untuk asma, dan obat-obatan lainnya yang sudah diresepkan dokter untuk penyakit tertentu.

Bagaimana, moms? Merencanakan liburan bersama si kecil nggak selamanya sulit dan merepotkan, bukan? Jika dipersiapkan dengan baik, segala macam kendala selama liburan bisa diatasi dengan mudah, kok.

Agar liburan keluarga bersama si kecil makin menyenangkan, Blibli.com siap membantu! Blibli.com sedang mengadakan promosi Family Fun Trip nih. Semua perlengkapan jalan-jalan ibu dan anak lagi diskon besar-besaran!

Moms bisa mendapatkan segala macam produk yang akan menjamin kenyamanan si kecil selama liburan. Mulai dari pakaian, susu, cemilan untuk si kecil hingga popok yang nyaman. Tunggu apa lagi, yuk langsung pesan sekarang juga! Liburan keluarga bersama si kecil pasti lebih menyenangkan!

Ruth

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.
Ruth

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY