Bahagianya jadi ibu akan terasa lengkap saat mendekap si kecil setiap harinya. Rasa lelah saat si kecil terbangun dan menangis tengah malam rasanya hilang saat si kecil tidur tenang, bahkan tersenyum dalam tidurnya.

Buat ibu baru, setiap hari artinya penemuan. Pelan-pelan, kita berusaha mengerti apa yang diinginkan si kecil. Tapi kadang, ada saja kebingungan untuk menerjemahkan tangisan atau cara memperlakukan mereka. Belum lagi ada pandangan-pandangan di masyarakat yang membuat kita sebagai ibu makin kesulitan menentukan apa yang paling pas buat si kecil. Nah, biar gak kebingungan lagi, ada beberapa mitos vs fakta yang sepertinya harus diketahui para Moms agar makin yakin saat mendampingi si kecil di masa tumbuh kembangnya. Simak yuk!

1. Mitos: Makanan yang ibu makan dapat memengaruhi rasa ASI

Fakta: Makanan yang ibu makan tidak memengaruhi rasa ASI sehingga tidak perlu terlalu pilah-pilih makanan.

IMG_7476

Tapi tetap makan makanan bergizi untuk kebutuhan Moms dan si kecil yaa. Pastikan gizi seimbang agar Moms senantiasa sehat.

2. Mitos: Bayi demam karena ingin tambah pintar

Fakta: Bayi yang sedang bergerak aktif butuh asupan gizi banyak, jika tidak dipenuhi, suhu tubuh bisa naik.

comotomo baby

Kenaikan suhu itu bisa menyebabkan dehidrasi, hal itulah yang membuat si kecil akhirnya demam.

3. Mitos: Ketika bayi menangis, biarkan saja karena itu dapat melatih paru-parunya

103

Jika bayi terus dibiarkan saat menangis, hal itu berbahaya karena bisa membuatnya kelelahan atau merasa tak diperhatikan orangtuanya.

Fakta: Ketika bayi menangis, harus segera direspon dan ditenangkan serta dicari tahu kebutuhannya apa

Ketika orangtua menghabiskan waktu lebih banyak dengan si kecil, orangtua akan tahu sendiri penyebab menangisnya. Tapi, ada beberapa penyebab umum yang menyebabkan si kecil menangis yaitu mengantuk, sakit, tumbuh gigi, ingin buang air, terlalu banyak stimulasi, kepanasan, kedinginan, ingin diperhatikan, atau lapar.

4. Mitos: Bayi menangis tengah malam karena melihat hantu

baby-cry

via practicingparents.com

Fakta: Bayi menangis terus menerus di tengah malam harus segera dicari tahu penyebabnya, siapa tahu ia terserang kolik.

Kolik adalah hal yang wajar terjadi pada bayi usia 0-4 bulan. Bayi yang mengalami kolik bisa menangis terus-menerus selama 3 jam dan berlangsung lama, pada beberapa kasus bisa menyebabkan si kecil demam. Nah Moms, penyebab kolik ini beragam, salah satunya adalah udara yang masuk dari botol susu yang desainnya tidak bagus. Udara ini masuk dalam pencernaan si kecil sehingga perutnya terisi udara. Karena ia belum bisa berkata saat kesakitan, menangis jadi salah satu cara yang dipilih bayi untuk memberitahu kalau ia kesakitan.

IMG_7258

Kriteria botol susu yang bagus adalah mengikuti bentuk puting ibu secara general sehingga bisa dipastikan tidak ada udara luar yang mengganggu masuk dalam tubuh si kecil. Moms bisa memilih rangkaian produk botol dari Comotomo yang memang didesain khusus mengikuti bentuk puting natural ibu. Kebahagiaan si kecil jadi kebahagiaan Moms juga, bukan?

5. Mitos: Bayi harus dibungkus dan dihangatkan di bawah lampu selama dua jam setelah lahir

comotomo11

Fakta: Bayi bukan anak ayam, kehangatan terbaik datang dari kehangatan tubuh sang ibu. Kehangatan tubuh ibu dapat langsung sesuai ke suhu tubuh bayi.

Jadi, pastikan si kecil yang baru lahir mendapat dekapan cukup dari Moms. Rasakan perpindahan hangat tubuh yang membuat pipinya memerah dan tidurnya lelap. Hmm, kebahagiaan tiada tara!

Sumber: Buku Anti Panik dan beberapa sumber lain.

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY