Moms, Hari Natal sudah di depan mata. Sudah punya hadiah apa untuk si kecil? Memberi kado Natal untuk sang buah hati memang gampang-gampang susah. Apalagi harus menentukan kado apa yang diberikan sesuai usianya biar cocok.

Namanya juga ana-anak, banyak banget fase pertumbuhan yang terjadi dalam sekejap. Berbeda dengan orang dewasa. Bagi moms yang tengah kebingungan untuk mencari kado Natal tahun ini, berikut beberapa ide hadiah yang mungkin bisa menginspirasi.

 1. Untuk buah hati usia 7-9 tahun

Pada usia ini, anak sudah mulai memasuki masa sekolah tingkat dasar. Meski sudah hampir tumbuh dewasa dan mengenal teman, perkembangan anak masih sangat dipengaruhi oleh lingkungan keluarga.

Pada masa usia ini, sang anak biasanya sudah memliki keinginan dan mengerti apa yang dia mau. Selain memanjakan dia dengan memberikannya kado Natal kesukaannya, ide hadiah berikut ini bisa menjadi solusi moms.

a) Makin dekat dengan peralatan masak dan membuat kuekue

Sudah bisa mengenal lingkungan dan membuat teman baru, membuat anak pada usia 7-9 tahun ini menghabiskan banyak waktu dengan lingkungan sosial barunya.

Setiap hari sepulang sekolah, nggak jarang sang buah hati pamit untuk mengerjakan tugas kelompok di rumah teman atau pergi bermain.

Kesempatan moms untuk selalu berada disampingnya pun semakin berkurang. Namun dengan hadiah peralatan masak/membuat kue, moms bisa mengajaknya bersenang-senang di dapur.

Misalnya moms bisa mengajaknya membuat hidangan makan malam bersama atau membuat kue unik untuk Hari Natal dan Tahun Baru nanti. Sungguh quality time yang sulit diwujudkan saat dia sibuk sekolah pasti bisa dilakukan dengan hadiah ini.

b) Ceriakan sang buah hati dengan tiket liburan ke tempat baru

Anak pada usia 7-9 tahun mungkin cepat bosan dengan lingkungannya yang itu-itu aja. Memberikan kesempatan untuk liburan ke tempat yang belum pernah ia datangi sebelumnya bisa menjadi kado yang membahagiakan.

Mungkin akan lebih menarik, jika moms membawanya ke tempat atau negara yang bersalju pada hari Natal nanti.  Agar sang anak bisa menikmati hari liburnya seperti yang sering ia lihat di film-film.

Memakai coat musim dingin, bermain ice skating, dan berkumpul bersama keluarga di depan perapian. Dengan liburan, selain bisa membuat sang anak lebih dekat dengan keluarga, juga bisa menjadi bahan obrolan si dia dan teman-temannya saat masuk sekolah nanti.

2. Usia 5-7 tahun

Anak pada usia ini biasanya sudah mulai mengenal lingkungan sekitar rumahnya sendiri. Karena ia baru masuk usia sekolah, ia akan beradaptasi dengan hal-hal baru hingga memiliki hobi yang dia lakukan sepanjang waktu. Jadi, kado natal yang cocok bisa:

a) Ajarkan si kecil akan pentingnya berbagi sejak dini dengan mengunjungi panti asuhan

panti-asuhanVia The Free Press

Kado Natal tak selamanya harus berupa material dan bersifat mahal. Agar sang anak bisa lebih bersyukur dengan apa yang dia punya, ajaklah si dia ke tempat yang jauh berbeda dengan lingkungan sekitarnya, misalnya panti asuhan.

Di tempat ini, sang anak akan melihat dan belajar bahwa kehidupan semua orang tidaklah sama. Jika saat ini anak moms selalu berkecukupan, maka di sini dia akan melihat bahwa anak-anak panti asuhan tak memiliki kasih sayang penuh dari orang tua seperti dirinya.

Ajarkan si kecil akan pentingnya berbagi pada sesamanya yang membutuhkan pertolongan. Moms bisa mengajak sang anak untuk berbelanja hadiah untuk disumbangkan dan diberikan pada anak-anak yatim piatu tersebut nanti.

Menanamkan hal ini sejak dini tentunya akan memberikan perngaruh besar pada perkembangan sang buah hati nanti untuk menjadi lebih peka terhadap orang-orang d isekitarnya dewasa nanti.

b) Tunjukkan kecintaan moms dengan memberikan perlengkapan sesuai hobinyaperlengkapan-hobi

Anak pada usia  5-7 tahun biasanya sudah memiliki hobi atau kegemaran terhadap sesuatu. Misalnya berenang, melukis, bermain sepatu roda dan lain-lain. Untuk menunjukkan perhatian terhadapnya, moms bisa memberikannya hadiah sesuai hobi yang diminatinya.

Jika sang anak memiliki hobi menggambar, maka sekotak alat lukis akan menggembirakan hari Natalnya. Musik? Gitar atau Biola. Komputer? Mainan programming!

Namun jangan hanya sampai di situ saja, moms juga harus menyempatkan diri untuk berada disampingnya saat sang buah hati mengerjakan hobi dengan kado spesial yang moms berikan tadi.

3. Usia 3-5 tahun

Saat anak memasuki usia balita adalah momen yang paling sulit dilupakan. Si kecil yang tengah lucu-lunya ini sudah mampu mengembangkanya daya motoriknya dengan baik. Seperti meniru hal-hal atau pembicaraan orang lain, berlari tanpa terjatuh, melompat-lompat aktif.

Intinya, sang anak sudah mulai pintar dan terlatih terhadap aktivitas-aktivitas baru. Oleh karena itu, untuk menyenangkan hatinya, moms bisa memberikan kado berikut ini:

a). Jadikan hidupnya semakin manis dengan permen Natal

permen-natalVia gambarwallpaper

Sederhana saja, semua anak-anak menyukai permen. Namun di perayaan yang spesial nanti, berikanlah permen bertema Natal yang khas. Moms bisa membuatnya sendiri atau juga membelinya di toko permen terbaik.

Rasanya yang manis tentunya akan membuat sang buah hati menyukainya, ditambah lagi dengan bentuk dan warna permen yang khas. Pastinya akan membuat hari spesial Natal bagi si anak akan semakin berkesan.

Jangan lupa, setelah memakan permen, ajak si kecil untuk menggosok giginya ya, moms!

b) Ceriakan kegembiraannya di penghujung tahun dengan jas hujan lucu

payungVia Takeitfrom-me

Memasuki penghujung tahun, biasanya Indonesia dilanda musim penghujan yang kedatangannya tak bisa diprediksi. Berbeda dengan orang dewasa yang terkadang sebal saat hujan tiba, si kecil justru akan kegirangan dibuatnya.

Tak jarang jika sang buah hati malah akan mengajak moms untuk menemaninya bermain hujan-hujanan. Oleh karena itu, memberikannya jas hujan lucu bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menceriakan hari Natal si kecil.

Moms bisa memilih jas hujan anak dengan warna cerah serta gambar dan bentuk yang lucu-lucu. Selain jas hujan, moms bisa juga memberikannya payung dan boots musim hujan dengan warna dan karakter yang serupa.


BACA JUGA 8 Inspirasi Kostum Gemesh Untuk Natal Si Kecil


4. Usia 1-3 tahun

Anak moms sudah memasuki usia balita? Pasti sangat menggemaskan ya, bisa melihatnya meniru tingkah laku orang dewasa di sekitarnya. Ajaibnya ia bisa memahami kata-kata dengan lebih baik, sering bertanya-tanya, serta melakukan eksperimen dengan benda-benda di sekitarnya. Untuk itu, moms bisa memberikan hadiah berikut ini:

a) Latih kemampuannya dalam berinteraksi dengan boneka yang bisa bicaraboneka

Anak pada usia ini biasanya mulai belajar melakukan permainan interaktif, mengeksplorasi daya khayalnya serta tengah mengembangkan keterampilan bahasanya. Untuk mendukung itu semua, boneka yang dapat berbicara dapat menyenangkan hatinya di hari Natal nanti.

Moms bisa pilih boneka teddy bear dengan bulu-bulu halus yang dapat merekam suara moms saat mengatakan sesuatu. Dengan begitu biasanya sang anak akan meniru perkataan tersebut dengan mudah. Mengetahui sang boneka bisa berbicara, si kecil pun akan merasa bahwa boneka tersebut adalah temannya yang bisa diajak berbicara dan berkhayal.

b) Meningkatkan kreativitas sang anak dengan permainan slime


slem
Via funathomwithkids

Permainan anak yang satu ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2015 lalu. Namun kepopulerannya masih terasa hingga sekarang. Slime cukup disukai oleh anak- anak karena bentuknya yang kenyal dan menggemaskan serta berbagai macam aneka warnanya yang ceria.

Untuk kado Natal nanti, sang buah hati tentunya akan sangat senang jika dibelikan alat-alat untuk membuat slime. Dengan bermain slime, si kecil dapat belajar sambil bermain yang akan melatih perkembangan kognitif dan motoriknya.
Slime sendiri punya banyak jenisnya loh, moms. Mulai dari slime yang bisa menyala dalam gelap hingga yang aman atau bisa dimakan. Namun apapun jenisnya, pastikan moms berada disamping sang buah hati saat membuat dan memainkannya ya!

5. Usia 0-1 tahun

Selamat untuk para moms yang baru saja melahirkan buah hati. Walaupun si kecil masih tergolong bayi dan belum paham tentang kado Natal, tak ada salahnya untuk mulai memberikan hadiah Natal pertamanya. Apa saja yang bisa moms berikan?

a) Pajangan replika kaki dan tangan bayi tiga dimensi

replika-kakiVia preciousmemories

Benda yang satu ini merupakan cara lain dalam mengabadikan momen berharga bagi tumbuh kembang si kecil selain foto. Untuk membuatnya, moms bisa mendatangi jasa pembuatan [replika]. Untuk membuat replika ini, biasanya tangan dan kaki bayi akan dicetak dalam sebuah larutan semacam jelly.

Serunya lagi, replika kaki dan bayi ini bisa di pajang menjadi hiasan dinding di rumah. Jadi, selain bisa menjadi hadiah untuk si kecil, kado Natal yang satu ini bisa menjadi hadiah untuk moms dan keluarga!

b) Buat si kecil semakin menggemaskan dengan kostum lucu Natalkostum-natal

Via Huffingtonpost

Seperti perayaan besar lainnya, Hari Natal juga identik dengan acara kumpul-kumpul keluarga. Tak hanya mendandani diri sendiri agar tampil cantik saat menyambut para tamu yang datang ke rumah, moms juga perlu memastikan bahwa si kecil juga tampil maksimal.

Cara menyiasatinya adalah dengan kostum yang lucu. Moms bisa memilih kostum khas Natal apa yang cocok untuk si kecil. Misalnya kostum santa, elf, atau menyulapnya menjadi pohon natal. Pasti jadi pusat perhatian!

Merayakan hari Natal bersama sang buah hati dan keluarga merupakan momen berharga yang tak ternilai harganya. Untuk itu, pastikan setiap hadiah yang moms berikan mampu memberikan kesan yang mendalam bagi si kecil.

Dari daftar ide hadiah Natal di atas, mana yang sekiranya moms suka? Atau moms punya ide kado sendiri yang bisa diceritakan dan dibagikan disini?

Untuk merayakan hari Natal nanti, Blibli.com juga tak mau ketinggalan untuk memberikan yang terbaik bagi si kecil. Moms bisa intip berbagai parcel dan hadiah yang bisa menjadi ide kado lain di hari spesial nanti dengan tawaran harga yang menarik dan sayang jika harus dilewatkan.

Selamat berbelanja, dan selamat Hari Natal!

Ruth

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.
Ruth

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY