Moms pernah melihat dan benar-benar memperhatikan bagaimana anak memperlakukan mainannya? Tiba-tiba, si kecil merasa terbang bersama superhero. Atau, dia teriak karena kebun binatangnya dirusak monster jahat. Sesekali si kecil juga main-main ke angkasa dengan si robot jagoan. Tak lama kemudian, ia juga bercocok tanam dan membangun rumahnya sendiri. Imajinasi yang sangat heboh ya?

Itulah dunia anak-anak. Tapi ternyata, masa-masa bermain seperti itulah yang justru jadi masa pembelajaran untuk bekal hidupnya kelak. Permainan yang dia miliki membuatnya bisa berinteraksi dengan dunianya, belajar berbagi mainan dengan sesamanya, hingga membuatnya mampu menciptakan dunia kreatif di pikirannya.

Anak-anak memang identik dengan permainan. Tapi apa benar sedemikian hebatnya dampak mainan pada anak? Berikut beberapa hasil penelitian tentang manfaat mainan untuk anak-anak:

1. Anak-anak bisa belajar memahami orang lain lebih baik

Dengan dunia mainannya, anak-anak bisa menyadari bahwa ada orang lain di sekitarnya. Ada banyak tokoh yang berperan, dan itu membuatnya kelak lebih mudah berinteraksi. Menurut penelitian yang dimuat di the Early Childhood Education Journal, disebutkan bahwa dunia permainan akan membantu si kecil lebih mudah bersosialisasi. Misalnya dari kartun di mainan ini , ia jadi paham bahwa ada banyak tokoh selain dirinya di sekitar.

Mainan Anak_Kartu

2. Membuat anak lebih sehat

Permainan membuat anak bisa lebih aktif dan terhindar dari risiko obesitas. Bahkan The American Heart Association, semacam asosiasi kesehatan di sini, merekomendasikan anak main-main—utamanya ke luar—minimal dua jam sehari. Itu akan membuatnya lebih aktif dan di masa depan pun lebih sehat.

3. Anak bisa menyerap pelajaran lebih baik

Main Anak_Serap Ilmu

Permainan akan mengajarkan banyak hal dengan cara yang lebih menyenangkan. Dan hal ini menurut studi yang dimuat di the Journal of School Health bisa membantu anak menyerap pelajaran lebih baik.

Ternyata luar biasa ya, manfaat permainan untuk anak? Lalu, jenis mainan seperti apa yang sebaiknya diberikan pada si kecil?

  • Yang bisa melibatkan beberapa pihak untuk main bersama-sama

Mainan Anak_Main Bersama

Mainan yang bisa dimainkan bersama akan membuat si kecil senang dan membantunya lebih mudah berinteraksi. Moms bisa mengajarinya banyak hal misalnya dengan permainan kartu seperti ini. Ada banyak model dan jenis permainan yang bisa Moms pilih di Blibli. Dapatkan juga harga istimewa yang bisa dibayar dengan fasilitas multipayment.

  • Mainan yang aman

Mainan Anak_Aman

Kategori aman ini perlu diutamakan karena tidak setiap anak paham dengan mainan yang baru dimilikinya. Patuhi aturan yang sering disebutkan dalam mainan, misalnya mainan dengan kode untuk anak tiga tahun ke atas. Dengan memilih mainan sesuai usia si kecil, selain lebih aman, Moms juga lebih nyaman karena tidak mudah cemas ketika harus meninggalkan si kecil main sendirian.

  • Mainan yang membuatnya lebih banyak gerak

Mainan Anak_Membuat Bergerak

Anak bergerak akan lebih sehat. Karena itu, coba berikan mainan yang bisa membuatnya lebih aktif. Misalnya mobil-mobilan yang akan membuat si kecil berfantasi sedang menyetir mobil dan tanpa sadar jalan ke sana kemari. Atau bisa juga mainan bola yang kemudian akan membuatnya lari mengejar bola itu.

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY