“Saya pernah menjalani bekerja di kantor. Ketika saya bandingkan dengan pekerjaan saya sekarang yang terus-menerus di sekitar rumah (alias ibu rumah tangga saja), nampaknya lebih menyenangkan saat-saat di kantor dulu”

Itu merupakan komentar salah seorang Ibu dalam wawancara Mommies Daily tentang stres dalam rumah tangga.

Saat moms memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga seratus persen, kebayang nggak moms bagaimana bosannya rutinitas di rumah? Satu dua bulan itu memang nggak kerasa.

Namun, dari anak SD sampai SMA nanti, bisa bayangkan berapa persen hidup moms habiskan berada di rumah?

Apalagi bagi moms yang sebelumnya bekerja dan aktif dalam kegiatan, tentunya perubahan tersebut bukan menjadi hal yang mudah bagi moms.

Daripada pasrah menerima kesuntukkan atau terus menyimpan stres yang pada akhirnya meledak, moms bisa loh mencoba beberapa aktivitas berikut untuk mengusir kebosanan kala titik jenuh melanda. Yuk, simak moms!

1. Bagaimana kalau ikut workshop atau pelatihan topik favorit?

workshop

Menyandan ‘status’ ibu rumah tangga, nggak berarti moms nggak boleh ikut kegiatan yang menunjang hobi dan pengembangan pribadi kan?

Memang tugas menjaga anak dan mengurus rumah tangga tetap nomor satu. Namun jika moms masih bisa membagi waktu, kenapa nggak?

Cobalah minta pendapat si papa. Lihat bagaimana tanggapannya. Jelaskan kalau mengambil kursus atau workshop banyak manfaatnya.

Apalagi workshop cenderung memakan waktu singkat. Jika moms happy dan terhindar dari stres, tentu si papa juga akan senang kan?

Jika sudah setuju, tinggal lanjut deh pilih kursus atau workshop yang tepat. Untuk memudahkan, moms juga bisa memilih berbagai rekomendasi kelas dari Blibli.com!

Banyak sekali pilihan: mulai dari kerajinan, memasak, olahraga ringan, merajut, beladiri, kesenian, dan berbagai kelas akademik lainnya!

2. Kunjungi tempat baru, ajak serta si kecil kalau memungkinkantempat-baru

Setelah kerja keras dengan rutinitas monoton yang menjemukan setiap hari di rumah, nggak salah kalau moms menyempatkan diri untuk berliburan sejenak.

Selain membawa nuansa baru yang menjadi obat utama untuk mengusir kejenuhan, travelling juga akan membawa sejuta manfaat lain seperti relaksasi, perspektif baru, dan teman-teman baru.

Saat travelling, sempatkanlah menelusuri tempat-tempat baru untuk membawa suasana baru. Misalnya ketika moms bepergian ke Bali, jangan melulu hanya ke Pantai Kuta atau Taman Budaya Wisnu Kencana. Coba juga tempat anti-mainstream seperti Arma Museum Resort di wilayah Ubud.

Nggak hanya menyuguhkan lukisan, museum Arma juga menyediakan spa, pelajaran memasak, dan tempat menginap. Moms, juga bisa relaksasi dengan bentang pemandangan taman air indah.

3. Buatlah jadwal untuk kegiatan sehari-harijadwal


Via Code Name Mama

Sabrina Beasley McDonald, seorang penulis senior di situs Family Life mengatakan bahwa menyusun jadwal bukan hanya penting untuk menyusun kegiatan anak, tapi juga bagi diri para moms.

Dengan lebih mengatur aktivitas sehari-hari, moms dapat menjadwalkan waktu luang untuk menikmati aktivitas lainnya yang tidak melulu soal pekerjaan rumah tangga.

Tentunya, jadwal ini akan sangat berguna terlebih ketika tidak ada pembantu di rumah. Sehingga anggaran waktu untuk mencuci baju, merapikan dapur, membereskan ruangan-ruangan, menguras kamar mandi, dan lain sebagainya dapat teratur.

Namun di lain sisi, tetap ada jatah akhir pekan untuk relaksasi dengan hobi lama atau rekreasi yang sempat terkubur.

4. Jangan lupa sempatkan “Me Time” ya momsme-time

Via  Karolina

Ketika kejenuhan melanda seorang wanita, nggak jarang mood naik turun dan perasaan emosional pun terbawa. Pada saat itu terjadi, tentu menjadi hal yang kurang sehat bagi keluarga terutama si kecil dan suami si belahan jiwa.

Untuk menyiasati perasaan-perasaan itu, “me time” adalah salah satu obat termujarab bagi moms. Ingat ya moms, jangan paksakan untuk terus mengerjakan semua hal dan membantu orang lain jika moms sedang butuh bantuan.

Me time, akan memberikan ruang relaksasi sejenak untuk memperbaiki mood dan ruang berdamai dengan diri sendiri.

Banyak sekali aktivitas me time yang bisa moms lakukan. Belanja sendiri, mengendarai motor/mobil keliling kota. Nonton konser, pentas seni, okestra, dan pergi ke museum.


BACA JUGA Inilah 8 Alasan Ibu Rumah Tangga Perlu Memanjakan Diri di Spa Secara Rutin!


5. Olahraga bukanlah ide yang buruk lho momsolaraga

Moms, masih ingat nggak kapan terakhir benar-benar berolahraga? Berkeringat ngepel, nyapu, nyuci, dan masak nggak hitung ya!

Anak aja diajarkan untuk menjaga kesehatan, jangan sampai mamanya malah lupa menjaga kesehatannya ya.

Kalau menurut Universitas Harvard, selain dapat menjernihkan pikiran, olahraga teratur terbukti juga membawa perubahan signifikan pada metobolisme tubuh dan jantung, serta semangat dan mood!

6. Bosan? Pacaran lagi sama papapacaran

Via Etuket

Penulis Marianne Kavanagh menyarankan kalau pasangan suami istri tetap harus pergi berkencan.

Ia menulis bahwa tragedi ketika menikah adalah, dua sejoli yang hidup bersama namun menjadi jarang mempunyai waktu untuk berbicara. Fokus mereka berubah dan intensitas pembicaraan romantis bersama pun berkurang.

Nah, moms kalau bosan dipendam sendiri, atau ngobrol sama sang suami? Daripada merenungi, ajak aja sang suami kencan romantis!

Jangan malu untuk bernostalgia masa-masa pacaran. Siapa tahu hal ini bisa mengembalikan mood dalam berumahtangga kan?

Lagi pula, berkencan bersama akan mempererat hubungan untuk berkolaborasi lebih kompak dalam mengarungi biduk rumah tangga. Yuk, get it on bersama papa!

Bagaimana? Sebenarnya nggak sulit loh mengikuti beberapa tips di atas. Moms cukup perlu berpikir kalau jiwa dan raga moms itu merupakan prioritas yang sama pentingnya dengan keluarga.

Di luar keenam tips tersebut, kunci untuk mengusir kebosanan dan terhindar dari stres adalah dengan menghindari perilaku menggerutu dan selalu bersyukur. Sehingga apapun yang kita lakukan tetap dengan perasaan ikhlas dan senang. Selamat mencoba, moms!

Ruth

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.
Ruth

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY