me

6 Rekomendasi Model Baju Orang Tua untuk Acara Wisuda

Nov 22, 2022.By Nadine
Bagikan

instagram maudy ayunda

Hari wisuda jadi saat penting yang layak dirayakan. Setelah menuntut ilmu selama beberapa tahun, akhirnya berbuah pada kesuksesan dan berhasil lulus. Biasanya orang tua juga diundang ke acara penting ini. Sama dengan yang diwisuda, biasanya orang tua juga mempersiapkan model baju orang tua untuk acara wisuda.

Biasanya pas acara wisuda, kita akan mengenakan pakaian formal. Ada yang menggunakan busana khas tradisional, ada juga yang busana resmi biasa. Jadi apa saja sih model yang cocok untuk busana orang tua menghadiri acara penting ini? Temukan idenya di sini, yuk.

Baca juga: 8 Inspirasi OOTD Gamis Hitam, Bikin Kamu Semakin Elegan


Model Baju Orang Tua untuk Acara Wisuda

1. Kebaya Kutu Baru dan Rok Batik

herworld.co.id

Untuk para ibu wisudawan dan wisudawati, bisa pilih kebaya kutu baru yang Indonesia banget. Ini adalah kebaya yang di bagian tengahnya seperti ada kemben atau tambahan kain untuk menghubungkan sisi kiri dan kanan. Identik banget dengan wanita Indonesia yang anggun, kebaya ini cocok dipilih untuk acara wisuda.

Idealnya sih pakai kebaya ini pakai kain batik yang dililit dan direkatkan dengan stagen. Tapi sekarang sudah banyak yang pakai rok dari kain batik saja. Lebih praktis dan gampang dipakainya. Jadi para ibu tetap nyaman meskipun harus menghadiri acara wisuda hingga berjam-jam. Jangan lupa padukan dengan selop atau sandal berhak kitten heels supaya nggak terlalu lelah kakinya.

Pilihan kebayanya ada Batik Keris Kebaya Lengan Panjang Kutu Baru Renda 007D7KY2VSC yang bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 408 ribuan. Kebaya cantik dari bahan katun voil ini cocok buat acara semi formal dan formal. Bahannya nyaman banget, nggak bikin kita cepat berkeringat. Detail rendanya juga manis banget.

Batik Keris Kebaya Lengan Panjang Kutu Baru Renda 007D7KY2VSC

2. Blus Batik dan Kain Songket

Muda Padma Series Tunik Wanita - Soft Sage

Para ibu juga bisa pilih pakai blus batik dan kain songket yang cenderung polos, supaya nggak tabrakan motif. Mengenakan blus yang agak longgar pastinya terasa lebih nyaman dibandingkan kebaya yang ukurannya biasanya lebih pas badan. Misalnya seperti Muda Padma Series Tunik Wanita – Soft Sage yang harganya Rp 316 ribuan.

Blus batik warna hijau ini terbuat dari bahan Aprezo yang elegan tapi tetap nyaman. Padukan dengan songket warna senada, misalnya hijau atau coklat muda. Lalu kenakan juga alas kaki yang berwarna coklat, pasti anggun banget. Jangan lupa kenakan juga alas kaki yang warnanya coklat.

3. Gamis Batik

pinterest.com

Datang ke acara wisuda si buah hati nggak harus pakai bawahan kain batik atau songket, kok. Para ibu juga bisa mengenakan busana model lain. Selama modelnya formal, oke-oke saja. Supaya lebih praktis, boleh juga pakai gamis yang terbuat dari bahan batik. Lebih nyaman, apalagi kalau pilih yang bahannya adem dan nggak bikin cepat berkeringat.

Seperti Batik Arjunaweda Gamis Ayudia 27291101 Wanita – Pink yang dibanderol seharga Rp 399 ribuan. Gamis desain Arjuna Weda ini terbuat dari bahan Semi sutera Doby yang nyaman banget. Tampilannya yang flowy bikin penggunanya jadi anggun. Paduan warna pink, abu-abu dan coklat serasi banget dan cocok dikenakan untuk menghadiri wisuda.

Bagi para ibu yang berhijab, bisa pilih hijab polos warna coklat atau abu-abu. Jangan lupa kenakan alas kaki yang formal juga tapi tetap nyaman dipakai seharian. Oh ya, untuk tasnya juga harus tetap senada biar makin serasi.

Batik Arjunaweda Gamis Ayudia 27291101 Wanita - Pink

4. Kemeja Batik dan Celana Panjang Gelap

idntimes.com

Sementara untuk para ayah wisudawan dan wisudawati, sebenarnya pakaian yang digunakan ke acara wisuda lebih praktis dibanding para ibu. Salah satu busana yang sering dipilih adalah kemeja batik dan celana panjang warna gelap. Kenapa warna gelap? Karena memang lebih terkesan resmi. Untuk kemejanya juga lebih baik pilih yang lengan panjang. Kemeja batik lengan pendek kesannya santai.

Salah satu pilihan yang keren banget ada Batik Waskito Kemeja Batik Katun Pria Blue KB 211005 yang bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 100 ribuan. Kemeja batik warna biru tua ini terlihat elegan dengan motif yang indah, paduan warna abu-abu dan merah hati.

Jangan lupa kenakan sepatu yang tepat, seperti sepatu pantofel warna hitam kalau celananya berwarna hitam. Begitu juga kalau celananya pilih yang warna abu-abu. Sedangkan kalau memadukan dengan celana coklat, bisa pakai sepatu warna coklat.

Batik Waskito Kemeja Batik Katun Pria Blue KB 211005

5. Kemeja Koko dan Celana Panjang Gelap

Blibli.com

Kemeja koko yang resmi juga bisa jadi alternatif pakaian sang ayah untuk hadir ke acara wisuda, lho. Pastikan pilih kemeja koko yang modelnya resmi. Misalnya yang kerahnya tinggi dan panjang bajunya juga di mencapai hampir ke tengah paha. jadi kesannya bukan seperti baju koko yang bergaya kasual.

Contohnya seperti VM Polos Gamis Baju Koko Muslim Pria – Putih yang harganya Rp 121 ribuan. Terbuat dari bahan katun Oxford, bahannya nyaman dipakai seharian karena mampu menyerap keringat. Nggak gampang kusut pula. Jadi nggak masalah deh kalau harus berlama-lama duduk di acara wisuda.

Jangan lupa padukan dengan celana panjang resmi warna gelap. Karena baju kokonya warna putih, jadi celananya bisa lebih leluasa pilih warnanya. Mulai dari hitam, coklat tua, biru tua, sampai abu-abu. Bisa juga dicocokkan dengan outfit sang ibu. Untuk sepatunya, pasti pantofel yang resmi, dong.

VM Polos Gamis Baju Koko Muslim Pria - Putih

6. Setelan Jas

patyrns.com

Beberapa acara wisuda dilangsungkan di hotel bintang 5. Terkadang acara seperti ini mengharuskan sang ayah berpakaian lebih resmi, jadi setelan jas jadi pilihan yang paling tepat. Biasanya cukup pakai kemeja putih dan setelan jas saja, nggak perlu pakai tambahan aksesori dasi lagi

Ada Jobb Sapphire-T2 Jas Pria Regular Fit yang harganya Rp 1.55 jutaan yang keren banget buat si ayah. Terbuat dari bahan polyester 100%, modelnya regular fit, jadi pasti nyaman dipakai selama acara wisuda. Ukurannya tersedia mulai dari S – XXL.

Jobb Sapphire-T2 Jas Pria Regular Fit


Baca juga: Inspirasi 7 OOTD Cowok Bumi, Cek Disini Yuk! 

Jadi sudah pilih mana baju Ayah dan baju Ibu yang pas buat acara wisuda? Untuk keenam rekomendasi keren di atas, bisa langsung Blibli Friends dapatkan di Blibli. Pilihannya lengkap, mulai dari model, warna, dan kalau sekalian mau beli aksesorisnya pun ada. Yuk, langsung saja meluncur ke Blibli!

Tag:

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel