me

Rekomendasi Mobil Nyaman Untuk Mudik

Apr 01, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

image source: www.shutterstock.com

Blibli Friends punya rencana untuk mudik lebaran menggunakan mobil pribadi? Tentunya hal tersebut merupakan pilihan yang tepat karena mobil nyaman untuk mudik dibandingkan menggunakan kendaraan umum. Apalagi jika kamu punya rencana untuk membawa cukup banyak barang atau anggota keluarga untuk pulang kampung. 

Baca juga: Pilihan Tempat Bukber yang Bernuansa Islami di Jakarta


Kriteria Mobil yang Nyaman untuk Mudik/Perjalanan Jauh

Bingung untuk mendapatkan kenyamanan maksimal saat melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil? Jangan khawatir karena kamu bisa memperhatikan beberapa kriteria penting di bawah ini:

  • Ketangguhan dari mobilnya

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan untuk memilih mobil yang digunakan mudik adalah mengenai sisi ketangguhan yang diberikan. Kamu harus tahu kalau mudik itu lekat hubungannya dengan kemacetan apalagi kalau perginya mendekati hari raya dan pasti banyak banget jalan yang ditutup. 

Kamu perlu memperkirakan jalan yang bakalan ditempuh apakah mulus, terjal atau ada beberapa alternatif jalan tikus yang bisa digunakan. Mobil yang memiliki sisi ketangguhan yang baik tentu lebih bisa diajak kompromi dibandingkan dengan yang kurang tangguh. Kamu direkomendasikan menggunakan mobil yang sudah SUV. 

  • Bahan bakar yang irit

Hal kedua yang menjadi kriteria mobil untuk mudik perjalanan jauh adalah harus irit bahan bakar. Tentunya bakalan merepotkan banget ketika harus sering mengisi ulang bahan bakar selain membuang waktu juga bakalan membuatmu lebih boros untuk membeli bahan bakarnya. Masalah ini masih erat hubungannya dengan kemacetan yang terjadi.

Kamu direkomendasikan untuk menggunakan tipe mobil yang sudah eco driving. Tipe ini mampu mendukung penyerapan atau penggunaan bahan bakar yang lebih bagus sampai 10 persen dibandingkan dengan tipe yang biasanya. Kamu bisa memperhatikan masing-masing tipe mesin yang dimiliki oleh mobilnya sebelum membeli. 

  • Kenyamanan

Hal ketiga yang menjadi kriteria mobil untuk mudik atau perjalanan jauh adalah dari sisi kenyamanan yang diberikan. Ketika berbicara soal kenyamanan tentu bakalan banyak aspek yang perlu diperhatikan dalam penggunaannya. Seperti halnya untuk keleluasaan kabin, bentuk kursi penumpang sampai dengan fitur penunjang lain di dalam mobilnya. 

Kamu bisa mempertimbangkan penggunaan tipe mobil MPV untuk kenyamanan yang lebih baik. Begitu juga dengan beberapa pilihan spesifikasi sebagai penunjangnya terutama dalam hal suspensi depan dan belakangnya. Sisi kenyamanan lain yang perlu dipertimbangkan adalah kemudahan koneksi dan akses fitur hiburan di dalamnya. 

Beberapa koneksi dan akses yang dimaksud adalah CD/DVD, USB port, Bluetooth. HDMI hingga kemampuan penghubung dengan ponsel yang dibutuhkan. Dengan adanya komponen ini tentu bakalan membuatmu merasa lebih nyaman untuk berkendara sampai ke tujuan. 

  • Kemudi

Hal keempat yang menjadi kriteria mobil untuk mudik atau perjalanan jauh adalah dari sisi kemudi. Dalam perjalanan menggunakan mobil ini tentu menjadi kriteria penting dalam memperhatikan kenyamanan dari pengendaranya. Kamu bisa memperhatikan luasnya kabin dan beberapa fitur untuk proses pengendaranya. 

Kamu juga harus mempertimbangkan dengan baik mengenai isi dari kapasitas mobilnya jika lebih banyak orang di dalamnya maka kamu perlu memilih mobil yang menampung lebih banyak orang di dalamnya. Ruang yang lebih lapang ini bakalan memberikan kenyamanan yang lebih baik untukmu. 

Kamu bisa memilih bangku dengan tiga baris meskipun nggak memenuhinya dengan penumpang. Untuk barisan belakang bisa menambah kebutuhan barang bawaan yang lebih banyak untuk dibawa mudik nantinya. 

Rekomendasi 5 Mobil yang Nyaman Untuk Mudik

Kamu sedang mencari mobil yang nyaman untuk mudik? Jangan khawatir karena kamu bisa memperhatikan beberapa rekomendasinya di bawah ini:

1. Honda CR-V 1.5L Prestige Turbo

New Honda CRV 1.5L Turbo Prestige Mobil

Rekomendasi mobil pertama yang bisa kamu beli adalah Honda CR-V 1.5L Prestige Turbo. Mobil ini termasuk ke dalam tipe SUV yang bagus dengan desain kekinian. Dibekali dengan beberapa fitur kenyamanan yang memberikan nilai penunjang dari mobilnya seperti Head Unit Touch Screen layar 9 inci, Audio Steering Switch dan A/V System.

Begitu juga dari sisi mesin yang bertipe 1.5 L VTEC Turbo dengan Earth Dream Technology-Direct Injection. Mesin ini mampu menghasilkan 190 PS pada 5.600 rpm, serta torsi maksimal 240 Nm pada 2.000-5.000 rpm. Mobil ini bisa dibeli dengan harga yang lumayan tinggi sekitar Rp456 jutaan. 

2. Pajero Sport Dakar Ultimate AT 4×4

Mitsubishi New Pajero Sport Dakar Ultimate 4x4 Mobil

Rekomendasi mobil kedua yang cocok untuk mudik adalah Pajero Sport Dakar Ultimate AT 4×4. Selain terkenal karena kemewahannya, mobil ini juga dibekali dengan 1GD-FTV dengan kapasitas 2.755 cc dan menghasilkan tenaga 203,9 dk/3.000-4.000 rpm, serta bertorsi 500 Nm/1.600-2.800 rpm.

Cocok banget untukmu yang mudik bersama keluarga besar. Di dalamnya juga ada sekitar 7 aspek keamanan yang menunjang kebutuhanmu selama perjalanan. Untuk mendapatkan mobil ini kamu bisa membelinya dengan harga Rp530 jutaan. 

3. Suzuki Ertiga GX – MT

Suzuki Ertiga GX MT 2019 Abu-abu

Mobil ketiga yang nggak kalah bagus untuk dibeli adalah Suzuki Ertiga GX – MT. Mobil ketiga ini cocok banget direkomendasikan untuk mobil keluarga. Dibekali dengan performa yang tinggi membuat mobilnya terasa nyaman ketika digunakan. Nggak cuma itu karena mobilnya juga cenderung lebih hemat energi bahan bakar. 

Kamu bakalan suka banget dengan mobil ini karena komponen mesin, suspensi, transmisi dan fitur keamanan di dalamnya juga cukup menunjang. Mobil ini cocok banget untuk membawa penumpang dengan kondisi yang lebih stabil di dalamnya. Kamu yang berminat untuk membeli mobilnya bisa mendapatkannya dengan harga Rp225 jutaan. 

4. Toyota New Alphard G 2.5 Mobil

Toyota New Alphard G 2.5 Mobil

Rekomendasi mobil keempat yang bisa kamu coba adalah Toyota New Alphard G 2.5 Mobil. Mobil ini cocok banget untukmu yang mencari desain unggulan dengan performa yang mumpuni. Mobilnya dibekali dengan 3456 cc dan mampu menghasilkan tenaga 296 hp, dengan torsi puncak 360 Nm.

Selain itu, juga ada beberapa sisi keamanan yang menjadi nilai tambah dari mobilnya, seperti Anti Theft Device & Engine Immobilizer. Harganya adalah sekitar Rp1 miliar. 

5. Toyota Avanza 1.5 G CVT TSS

Toyota All New Avanza 1.5 G TSS Mobil (Karawang)

Mobil kelima yang bisa kamu beli adalah Toyota Avanza 1.5 G CVT TSS. Mobil ini cocok banget digunakan untuk mobil keluarga karena daya tampung yang diberikannya cukup mumpuni. Mobil ini mampu menopang sampai dengan 7 orang penumpang di dalamnya. Kamu bakalan dimanjakan dengan adanya sistem pengaman dari sensor mobilnya. 

Mobilnya memiliki ukuran ruang yang cukup longgar jadi bisa membantumu ketika butuh ruang untuk istirahat selama di perjalanan. Kamu bisa memanfaatkan ruang ini untuk menata barang bawaan menjadi lebih rapi. Untuk membelinya kamu perlu mengeluarkan uang sekitar Rp294 jutaan. 


Baca juga: Rekomendasi Road Trip Jogja Bali

Bagaimana, Blibli Friends? Sudah siap mudik dengan mobil untuk perjalanan jauh? Biar kebutuhanmu tercukupi dengan hemat jangan lupa cek Promo Ramadhan di Blibli saja tentunya di tanggal 18-27 April 2022. Ada banyak penawaran menarik menunggu seperti gratis ongkir dan potongan harga setiap harinya. Jangan sampai ketinggalan promonya!

Tag: