Bikin Mobil Kamu Tetap Kinclong di Musim Hujan dengan Cara Ini

Kamu mungkin sering senewen gara-gara mobil jadi dekil waktu hujan. Soalnya, mobil kamu sebelumnya kelihatan bersih-bersih aja dan enak dilihat.

Sekalipun hujan adalah air yang terfilter dari kotoran dunia ini–dan patut disyukuri–kamu perlu tahu kalau kotor waktu hujan itu muncul karena cipratan kotoran di jalan, dan debu yang masih beterbangan waktu mobil kamu dipakai jalan.

Jadi, kotoran di mobil kamu ya sebenarnya lebih banyak karena hal-hal yang di luar air hujan. Belum lagi, partikel-partikel kecil yang masih terbawa di air hujan, yang karenanya bikin hujan dianggap dan disebut-sebut mengandung asam.

Nah, tapi yang perlu kamu tahu, mobil kamu sebenarnya masih bisa tetap kelihatan bersih, dan tetap kinclong di musim hujan. Caranya? Yuk, kita bahas di bawah ini.

1. Kalau Dicuci Pakai Sampo, Mobil Biasanya Tetap Bersih

Car Wash, Car Shampoo, Shampoo, Car Cleaning
Photo by Pixabay

Kalau dicuci pakai sampo, mobil kamu biasanya bisa tetap kinclong. Kok bisa? Sampo mobil itu ya dibuat khusus untuk bodi mobil. Misalnya sampo mobil Kit. Untuk tipe Wash & Glow, sampo ini punya campuran formula yang namanya Premium Polymer.

Buat informasi kamu, polimer sendiri zat yang dihasilkan dengan cara polimerisasi dari molekul yang sangat banyak dengan satuan struktur berantai panjang, baik lurus, bercabang, maupun menyilang yang berulang. Jadi, di sampo ini, ada zat yang sifatnya kayak selimut.

Lain lagi sama sampo mobil 3M. Salah satu produk sampo mereka yang namanya Car Wash Soap Gold Series bukan cuma punya zat campuran pembuat kinclong “High Gloss Formula”. Sampo ini juga punya “Anti Static Agent”.

Anti Static Agent? Jadi, salah satu yang bikin debu menempel adalah listrik statis di bodi mobil. Nah, sampo ini punya keunggulan supaya bikin debu enggak menempel. Jadi pas hujan, debu-debu yang biasanya lepek menetap menghitam di bodi udah disingkirin lebih dulu.

Formula di sampo-sampo mobil ini juga udah dihitung untuk urusan pH-nya. Karena banyak campuran zat, pH ini dibikin seimbang jadi sampo aman untuk dipakai dan enggak akan membuat cat mobil kamu terkelupas. PH netral juga non-korosif, jadinya mencegah mobil berkarat dan kusam.

PILIH SAMPO-SAMPO MOBIL DI SINI

2. Coating dan Poles, Kinclongnya Awet

Ford, Mustang, V8, 67, Ford Mustang, Automotive
Photo by Pixabay

Buat urusan perawatan bodi mobil, kamu pasti pernah dengar kan yang namanya coating dan poles. Jadi, kalau mobil sudah dicuci, kamu bisa aplikasikan produk coating atau poles. Soalnya, sekali pakai coating atau poles, mobil bisa berkilap lama banget, bisa berbulan-bulan.

Bedanya? Coating itu biasanya bikin cat yang ada terlindungi. Jadi, produk ini khusus untuk bikin semacam “selimut”. Sementara poles punya formula buat mengangkat hal-hal yang bikin cat kusam.

Jadi, kalau mobil kamu terhitung masih baru dan mulus, atau mungkin baru dicat dan mulus, cukup pakai coating. Tapi kalau agak-agak kusam atau ada baret sedikit, bisa pakai poles.

Coating ini bisa berupa semprotan kayak yang dibuat Kit atau Armor All Custom Shield New Black. Ambil contoh Armor All Custom Shield New Black, semprotan ini ngasih “custom shield coating” buat melindungi cat mobil dari goresan ataupun noda.

Jadi, cukup kamu semprotkan pada bagian permukaan bodi kendaraan supaya bisa terlindungi dari panas dan hujan lebih dari 3 bulan. Kalau mau mengangkat bagian-bagian kusam sekaligus kasih pelindung dari air hujan, ada Turtle Wax Carnauba Car Wax Paste.

Bentuknya kayak pasta yang nantinya digosokkan ke bodi mobil. Formula produk ini bisa menghilangkan oksidasi ataupun jamur cat pada permukaan cat.

Dia juga punya penolak atau penangkis air, makanya membantu mencegah timbulnya polutan oksidasi yang bisa ngerusak permukaan cat kendaraan. Begitu juga perlindungan dari sinar UV.

CARI PRODUK POLES MOBIL KAMU DI SINI

3. Coba Selimuti Mobil Kamu

Kalau mobil masih bersih habis dicuci, apalagi habis di-coating atau dipoles, tutup aja mobil pakai selimut alias cover mobil.

Selimut atau cover mobil ini juga macam-macam. Bentuknya dibikin sesuai jenis mobil, entah itu sedan, city car, atau SUV yang besar.

Bahannya juga macam-macam. Satu yang unik dan paling canggih adalah Impreza HD. Bukan cuma pakai bahan yang cenderung tahan air, selimut atau sarung mobil ini juga punya pori-pori supaya ada aliran udara, tetapi tetap tahan air.

Jadi, pas mobil kehujanan, dia enggak lepek. Aliran udara yang keluar masuk juga bikin bodi mobil tetap kering.

PILIHAN COVER MOBIL SUPAYA ENGGAK KEBASAHAN

Nah, tingggal pilih atau terapkan semua hal ini supaya mobil kamu tetap kinclong di musim hujan. Kamu bisa cari produk-produk perawatan supaya mobil tetap kinclong ini di Blibli.comSo, pastikan kamu belanja kebutuhan otomotif kamu di Blibli.com.

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY