Mobil Kebanjiran, Mesti Gimana Dong?

Mobil kamu terendam banjir? Waduh, turut prihatin ya. Jakarta dan sekitarnya termasuk sejumlah wilayah lain di Jawa Barat memang sedang mengalami kondisi semacam ini.

Urusan mobil kebanjiran memang bikin garuk-garuk kepala. Soalnya kamu juga tahu, kondisi ini artinya lumpur sama kotoran lainnya merendam seisi mobil, mulai dari knalpot sampai mesin, dan juga interiornya.

Banyak yang mesti dilakukan buat menyingkirkan sisa efek banjir di mobil. Pekerjaan Rumah pertama adalah tahu tentang urusan mesin soalnya air itu jadi musuh mesin yang paling jahat.

Kalau sampai masuk ke ruang bakar, waduh, jangan berani-berani menyalakan mesin karena udah lazim dikenal yang namanya “water hammer“.

Di sini, tekanan air bisa bikin setang piston bengkok. Belum lagi kalau air sudah bercampur sama oli di mesin, transmisi, dan lainnnya.

Makanya, kamu perlu banget membuang air dan sisa-sisanya dari sistem kerja mesin, ganti oli-oli, sampai cek-cek dan servis kelistrikannya. Serius, ini penting!

Giliran interior, ini juga hadeuh-hadeuh, bikin pusing. Lepek di sana-sini, dan interior, lapisan jok, semuanya bukan cuma dekil, tapi kotornya minta ampun.

Mau dijemur supaya kering, jelas enggak akan jadi solusi total buat mengatasi sisa banjir di interior. Mau membersihkan sendiri, entah mulai dari mana. Susunan interior mobil banyak banget. Jadi, mesti gimana yah kalau kondisinya seperti ini?

1. Servis Mesin Sana-Sini

Auto Repair, Oil Change, Oil, Auto, Shop, Repair, Work
Photo via Pixabay

Bongkar mesin bisa dibilang bukan kegiatan yang umum dilakukan, selain sama mekanik. Apalagi mesin dibuat berbeda-beda oleh tiap brand. Pembedaan general nan uniknya adalah mobil Jepang dan mobil Eropa, lalu lain lagi mobil Cina dan Amerika.

Mesin juga punya desain alur kerja yang beda-beda. Jadi ini jelas bikin orang yang enggak biasa sama permesinan jadi puyeng.

Memastikan alur kerja mesin enggak terganggu adalah kuncinya. Setelah itu, kamu perlu tune up mobil kamu. Kamu bisa cari paket kerja servis dan tune up supaya mobil kamu bisa dipakai lagi.

PAKET SERVIS MESIN YANG BISA DIPILIH PASCA-BANJIR

2. Kabin Mobil Kotor Minta Ampun, Mana Dulu yang Mau Dikerjakan?

Automobile, Automotive, Benz, Car, Dashboard, Design
Photo via Pixabay

Bekas lumpur dan kotoran lainnya membekas di kabin mobil. Area interior ini udah enggak sedap lagi dilihat, dicium, apalagi dimasuki.

Kotoran di kabin ini tidak bisa cuma disikat-sikat loh. Soalnya kotorannya bersifat ekstrim, dan mau enggak mau sekujur interior mesti dibongkar.

Bagian interior mobil sendiri memang banyak banget. Di kursi saja ada busa dan pelapis jok. Ini juga mesti dilepas semua. Terus ada karpet mobil per bidang, dan karpet dasar yang bahannya pasti menyerap air.

Teknik-teknik membersihkan interior khusus banjir biasanya udah dimiliki sama mereka yang pro. Tinggal cek paketnya dan terima beres, mana yang pas buat mobil kamu.

BIAYA PERAWATAN KABIN MOBIL KORBAN BANJIR

3. Kolong Mobil Jangan Sampai Jadi Karatan

Auto, Under Floor, Underbody Protection, Underbody Wax
Photo via Pixabay

Kolong mobil kan adalah fondasi mobil. Kalau dia jadi karatan, bukan cuma harga jual mobil jadi ambruk, tapi efeknya bisa ke kesalamatan. Soalnya, karat di mana-mana bisa bikin fondasi mobil jadi enggak kokoh.

Siapa yang sangka bisa begitu kan, apalagi kolong mobil bisa aja terabaikan karena letaknya di bawah dan luput dari mata.

Karena posisinya ini pula, kadang malah terabaikan. Mungkin kamu pikir ah nanti dulu. Tahu-tahu pas kamu intip bagian bawah, karat sudah telanjur menjalar. Sayang banget, kan.

Penanganan karat sendiri bisa kamu mulai dari mencuci kolong mobil. Cuci bersih semuanya. Tapi kalau urusah detailing, banyak jasa yang menawarakan perawatan ini.

Biasanya perawatan untuk area kolong supaya tidak terjangkit karat akan disertai obat khusus.

CEK JASA PERAWATAN KOLONG MOBIL UNTUK HINDARI KARAT

Kira-kira, semua hal ini yang bisa kamu lakukan pasca-kebanjiran. Semoga mobil kamu bisa berfungsi seperti biasanya lagi ya. Semua perawatan ini tersedia di Blibli.com. Jadi, pastikan kamu belanja kebutuhan otomotif di Blibli.com.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY