Mobil Kamu Terendam Banjir? Yuk Simak Tipsnya!

Jakarta kembali dilanda banjir pada hari Sabtu 20 Februari 2021, sejumlah daerah titik ruas jalan di ibu kota tegenang air cukup tinggi tak hanya itu beberapa mobil dan sepeda motor pun ikut terendam. Nah untuk blibli friends yang mengalami hal ini kami akan memberikan tipsnya, yuk langsung saja kita simak.

1. Segera lepaskan kabel Aki negatif.
Langkah ini dilakukan karena air adalah penghantar listrik sehingga dapat menyebabkan arus pendek atau terjadi konsleting pada kelistrikan mobil. pastikan juga tidak ada genangan di sekitar box fuse dan aki. Cek disini untuk memilih aki mobil.

2. Jangan Menyalakan Mesin Mobilmu
Saat terjadi banjir dan menggenangi mobilmu jangan menyalakan mesin ini dapat menjadi konsleting pada kelistrikan dan air masuk kedalam mesin mobil dan bercampur dengan oli mobil sehingga dapat menyebabkan rusaknya mesin mobil, apabila ingin memindahkan dorong mobilnya.

Via libreshot.com

3. Cek Kondisi Oli dan Bahan Bakar
Meski banjir saat ini sudah surut, jangan menyalakan mesin saat itu, kamu cek kondisi mesin dengan cek oli mesinnya apakah sudah tercampur dengan air atau tidak, apabila sudah tercampur alangkah lebih baik oli langsung diganti. Sedangkan bahan bakar apabila bercampur air juga, lebih baik dikuras dan diisi yang baru. Cek disini untuk berbagai macam pilihan oli.

sumber: pixabay.com

4. Kalau Mobil Sudah Terendam Banjir, Cek Bagian ECU
Kemungkinan bagian ECU harus dicek karena akan berdampak atau rusak bagian ECU, lebih baik bisa dicek di bengkel resmi atau di bengkel yang kamu percaya. Cek Disini untuk bengkel – bengkel mobil.

5. Bersihkan Interior
Sembari menunggu kering, bersihkan dahulu lumpur yang masuk pada karpet bawah dan jok.

6. Cek Filter dan Busi
Pastikan sudah tidak basah dan apabila masih basah segera ganti yang baru.

7. Towing
Saat kondisi mobil setelah terkena banjir / terendam banjir, jangan dinyalakan mesinnya, kamu dapat membawanya kebengkel dengan towing, untuk jasa towing daerah Jakarta dan sekitarnya bisa menggunakan jasa ini, jasa towing jakarta.

Cek disini untuk melihat berbagai macam kebutuhan menyelamatkan mobilmu agar kembali prima setelah terkena banjir.

Fransiskus Prakoso

internet, camera & automotive enthusiast, sometimes sunday morning ride. 🙂

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY