Moms, Ini Dia 5 Mitos Parenting yang Perlu Dihindari

mitos parenting

Sebagai ibu, tentu moms selalu ingin mengasuh si kecil dengan cara terbaik dan yang paling ideal. Tapi, nggak bisa disangkal, banyak banget do’s and don’ts tentang parenting yang kadang malah jadi membingungkan. Karena itulah, moms harus pintar-pintar memilih mitos parenting yang sudah terbukti kebenarannya. Sebaliknya, hindari menjalani tips pengasuhan yang tidak didukung data terpercaya.

Nah, apa saja ya mitos parenting yang udah nggak cocok dan harus moms hindari? Lihat langsung di sini, yuk!

CEK PROMO MONDAY MOMS DAY MINGGU INI

Mitos 1: Nggak boleh “menyogok” anak dengan hadiah?

mitos parenting
Via – latinamoms

Mitos parenting yang satu ini pasti udah sering moms dengar: nggak boleh “menyogok” si kecil dengan iming-iming hadiah. Tapi, mitos parenting ini nggak sepenuhnya benar, lho! Sama seperti orang dewasa, anak kecil juga membutuhkan insentif dan motivasi untuk melakukan sesuatu. Tentunya, moms juga nggak boleh terlalu sering melakukan hal ini karena akan membuat mereka mengharapkan pamrih.

Salah satu cara seru supaya moms bisa membatasi pemberian reward ini adalah dengan membuat permainan atau tantangan buat si kecil. Buatlah tabel reward dengan stiker bintang untuk mengisi kotak-kotaknya. Misalnya, jika dalam minggu ini si kecil bisa mengerjakan PR tanpa bantuan, maka ia akan dapat dua bintang. Jika dia bisa mandi sendiri, berikan satu bintang. Di akhir minggu, dia pun bisa menukar bintang tersebut dengan tas atau boneka kesukaannya. Fun sekaligus edukatif, bukan?

SIAPKAN REWARD SPESIAL BUAT SI KECIL DI SINI

Mitos 2: Hindari si kecil dari gula yang bikin hiperaktif

mitos parenting
Via – twothirdsoftheplanet

“Nggak boleh makan permen karena bikin anak hiperaktif!” Pernah mendengar mitos parenting ini kan, moms? Walaupun jadi salah satu mitos yang paling banyak dipercaya orang tua zaman sekarang, mitos ini sebenarnya nggak memiliki bukti yang akurat!

Sebaliknya, anak-anak maupun orang dewasa membutuhkan kandungan gula yang cukup sebagai sumber energi setiap harinya. Jadi, jangan takut untuk memberikan mereka permen, coklat, ataupun pudding yang mereka sukai, asalkan dikonsumsi dalam batas wajar dan diimbangi dengan makanan bergizi lain seperti sayur dan buah yang mengandung fiber tinggi.

PENUHI KEBUTUHAN GULA SI KECIL DENGAN BERAGAM CAMILAN INI

Mitos 3: Mengajarkan disiplin dengan peraturan sejak kecil

mitos parenting
Via – Todaysparent

Mitos parenting selanjutnya yang harus moms hindari adalah membuat batasan yang terlalu ketat untuk si kecil. Nggak boleh ini dan itu, si kecil malah akan merasa tertekan dan nggak bahagia lho, moms! Walaupun peraturan dasar memang diperlukan, tapi moms harus punya cara kreatif untuk mengajarkannya pada si kecil.

Salah satu caranya adalah dengan membuat peraturan yang cukup fleksibel. Misalnya, ketika berbelanja, berikan si kecil kebebasan untuk memilih maksimal 3 snack yang mereka inginkan. Jadi, dari awal mereka telah mengetahui batasan dan nggak akan nangis atau marah ketika nggak diperbolehkan beli item yang lain. Ini akan mengajarkan mereka skill decision-making yang oke banget, moms!

BELANJA SEMUA KEBUTUHAN SI KECIL DI BLIBLI.COM

Mitos 4: Dilarang bernegosiasi karena orang tua jadi terlihat lemah

mitos parenting
Via – Todaysparent

Banyak moms dan dads yang percaya mitos parenting bahwa orangtua nggak boleh bernegosiasi dengan anak karena bisa terlihat lemah atau tidak punya otoritas. Akibatnya, si kecil bisa bersikap semena-mena dan jadi egois.

Nah, ini adalah salah satu mitos yang harus banget dihindari! Kalau moms bernegosiasi dengan anak, itu akan membuat si kecil merasa dihargai dan didengarkan. Bukan berarti moms harus mengabulkan semua permintaannya, tapi cobalah berbicara dua arah sehingga moms bisa memahami kemauan dan kebutuhan si kecil untuk mencari solusi yang win-win.

TEMUKAN BERBAGAI ALAT TULIS YANG DIBUTUHKAN SI KECIL DI SINI

Mitos 5: Beri perlakuan yang sama pada semua anak

mitos parenting
Via – mcyf

Kalau moms memiliki dua atau tiga anak, pasti moms berusaha untuk memberikan perlakuan yang sama untuk mereka. Apalagi kalau mereka kembar! Sebisa mungkin mereka tidur di kamar yang sama, sekolah di tempat yang sama, dan bahkan pakai baju kembar ke mana-mana.

Tapi, ini justru bisa jadi bumerang lho, moms! Semua anak terlahir dengan kepribadian, minat, bakat, dan hobi yang berbeda-beda. Ada yang suka bermain musik, berolahraga, balet, melukis, atau membaca buku. Lebih dari itu, mereka juga perlu diperlakukan secara berbeda. Ada anak kecil yang penurut dan lembut, tapi ada juga yang sangat ekspresif dan keras kepala. Karena itulah, moms harus pintar mengenali perbedaan mereka dan memberikan perlakuan yang pas! Kalau nggak, si kecil bisa merasa terkucilkan dan selalu merasa kalah dengan saudaranya.

BELIKAN AKSESORIS YANG SESUAI DENGAN KEPRIBADIAN SI KECIL


Moms, itu dia 5 mitos parenting yang harus moms hindari! Namanya juga mitos, tentu ada yang percaya dan nggak percaya. Tapi, moms adalah orang yang paling mengerti kebutuhan dan kepribadian si kecil, sehingga dapat memilih metode pengasuhan mana yang paling tepat untuknya.

Bicara soal yang terbaik, Blibli.com juga menyediakan berbagai produk terbaik buat moms dan si kecil, lho! Ada banyak promosi potongan harga seru yang bisa bikin anggaran belanja moms lebih hemat! Apalagi, Blibli.com juga menyediakan fasilitas cicilan 0%, bahkan tanpa perlu kartu kredit, moms!

Jadi, daripada nunggu kelamaan, yuk ke #BlibliSekarang dan beli semua kebutuhan moms dan si kecil!

KLIK DI SINI UNTUK MULAI BELANJA

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY