Mitos-Mitos Olahraga di Bulan Ramadan

Friends, mungkin sebagian besar dari kamu udah tahu kalau puasa di bulan Ramadan bukan alasan untuk tidak olahraga, betul? Tapi, kadang ada aja alasan untuk gak olahraga, termasuk dari berbagai mitos olahraga di bulan Ramadan yang banyak beredar.

Blog Blibli Friends mau patahin mitos olahraga di bulan Ramadan berikut tips agar kamu selalu semangat rutin menjaga kesehatan selama berpuasa lewat artikel satu ini! Abis baca, jangan lupa buat siap-siap rutin olahraga lagi walau puasa kali ini harus dihabiskan #DiRumahAja.

  1. MITOS 1: Olahraga di Bulan Ramadan Gak Aman
Photo via The Globe & Mail

Belum ada bukti yang menunjukkan bahwa olahraga di bulan Ramadan itu gak aman, apalagi bagi kamu yang dianugerahi fisik lengkap dan bugar. Memilih waktu olahraga yang tepat adalah salah satu cara yang tepat untuk mematahkan mitos ini.

Olahraga di bulan Ramadan bisa kamu lakukan menjelang berbuka atau setelah berbuka karena suhu udara sudah tidak terlalu panas dan kalau kamu haus, kamu bisa segera minum dan terhindar dari dehidrasi.

  1. MITOS 2: Olahraga di Bulan Ramadan Buang Waktu
Photo via Runner’s World

Olahraga adalah salah satu kegiatan yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Justru, olahraga di bulan Ramadan bisa memberikan keseimbangan bagi diri karena fisik dan mental kita kuat sehingga lebih fokus dalam beribadah.

Kalau kamu tetap bisa bekerja, membaca, dan scrolling feeds di media sosial setiap saat, kenapa olahraga tidak bisa terus dilakukan?

BIAR MAKIN SEMANGAT, INTIP KOLEKSI UNDER ARMOUR DISKON HINGGA RP300 RIBU DI BLIBLI.COM

  1. MITOS 3: Badan Perlu Istirahat di Bulan Ramadan
Photo via Well+Good

Pola hidup yang sedikit berubah di bulan Ramadan adalah kebiasaan makan, minum, dan sedikit waktu istirahat. Jadi, sebetulnya kamu tetap bisa menjaga rutinitas olahraga di bulan puasa seperti biasa, mungkin dengan sedikit perubahan di pilihan olahraga dan intensitasnya sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan kamu.

Percaya deh, tubuh yang sehat itu bisa membawa kebaikan ke banyak hal dalam hidup kita. Bisa jadi setelah olahraga rutin di bulan Ramadan justru kamu bisa lebih produktif, lebih bugar dan tidak lemas atau mengantuk di siang hari, dan bisa mengerjakan lebih banyak hal yang membuat pikiran bahagia.

Ada yang bilang kalau olahraga bisa lebih semangat kalau kamu punya gear dan aksesoris yang tepat! Hmm, Blog Blibli Friends cuma mau kasih tau nih, kalau di Blibli.com lagi ada promo diskon hingga Rp300 ribu untuk deretan brand terbaik mulai dari adidas, Asics, New Balance, Nike, NBAStore.co.id, Puma, Reebok, Skechers, dan masih banyak lagi brand lainnya!

Mungkin kalau kamu punya sepatu baru, latihan kardio-nya jadi makin semangat!

KLIK DI SINI UNTUK CEK PROMO DISKON HINGGA RP300 RIBU UNTUK GEAR DAN AKSESORIS OLAHRAGA DI BLIBLI.COM

Udah tau mitos dan penjelasannya, tapi masih terselip rasa malas olahraga? Hmm, kalau gitu berikut ini ada beberapa tips yang mungkin bisa bikin kamu lebih semangat olahraga di bulan Ramadan.

  • Pilih Olahraga dengan Intensitas Rendah atau Sedang

Selama bulan Ramadan, kamu tidak perlu melakukan olahraga yang berintensitas berat. Pilihan olahraga yang bisa kamu coba adalah jalan keliling komplek, bersepeda, dan treadmill. Semua olahraga ini bisa membantu kamu membakar kalori, meningkatkan stamina, meningkatkan fleksibilitas, dan melatih otot.

Kalau kamu emang lagi kepikiran cari perlengkapan olahraga #DiRumahAja, bisa intip berbagai perlengkapan gym yang ada di Blibli.com. Kamu bisa beli sepeda statis, dumbell, alat bantu sit up, hingga treadmill yang bisa dicicil 0% dan gratis ongkir!

KLIK DI SINI UNTUK BELI PERLENGKAPAN GYM BUAT OLAHRAGA #DIRUMAHAJA

  • Perbanyak Cairan Saat Berbuka dan Sahur

Ini merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan, apalagi kini kita lebih banyak abisin waktu di rumah dan gak jauh-jauh dari minuman. Usahakan juga buat minum air kelapa untuk naikkin kadar elektrolit dalam tubuh, membuat fungsi jantung lebih optimal, dan mengauatkan saraf otot ya, Friends!

  • Cukup Luangkan Waktu 30-60 Menit untuk Olahraga 

Jangan bayangin olahraga di bulan Ramadan itu perlu waktu yang lama. Justru waktu maksimal yang dianjurkan hanya 60 menit. Hal yang perlu diingat dari aktivitas olahraga adalah konsistensi, jadi bukan berapa lama kamu melakukannya, tapi sesering apa kamu berolahraga.

  • Perhatikan Pola Makan dan Nutrisi yang Dikonsumsi

Hal ini penting banget! Pada hari biasa aja kita harus bisa menjaga nutrisi dari asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh, apalagi saat Ramadan, harus lebih ketat!

Satu hal yang susah dihindari selama bulan Ramadan adalah konsumsi gula saat berbuka dari berbagai minuman manis dan makanan tinggi lemak seperti…gorengan. Sebisa mungkin hindari gula (terutama gula buatan) berlebih, gorengan, dan santan dulu ya karena saat puasa tubuh kamu membutuhkan asupan nutrisi yang terbaik.

Selain hal-hal di atas, kamu juga harus cukup tidur (cukup ya, bukan berlebihan) sehingga tubuh akan punya pasokan energi yang baik juga untuk beraktivitas dan berolahraga dengan penuh semangat!

Blibli.com tentunya selalu punya cara biar kamu bisa punya #RamadanLebihBaik dengan deretan pilihan sepatu, baju, dan perlengkapan olahraga yang akan bikin kamu selalu semangat! Jangan lupa buat cek promo-nya lewat link di bawah ini ya, Friends!

KLIK DI SINI DAN TEMUIN PERLENGKAPAN OLAHRAGA YANG PASTI BIKIN SEMANGAT DI BLIBLI.COM

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY